Eksotisme Tanjung Bloam, Surga Tersembunyi di Lombok Timur

Lombok menyimpan beribu keindahan yang seolah takkan habis dijelajahi. Pulau Seribu Masjid memang punya sederet kepingan surga indah, menanti untuk ditemukan para pemburu lukisan elok karya Sang Pencipta. Salah satunya yang bisa Teman Traveler nikmati adalah Tanjung Bloam.

Pantai yang lumayan tersembunyi ini punya pesona begitu luar biasa. Seperti apa? Yuk, simak ulasannya.

Hanya Dua Jam dari Mataram  

Eksotisme batuan cadas Tanjung Bloam (sumber: rosita)
Eksotisme batuan cadas di Tanjung Bloam (c) Rosita/Travelingyuk

Tanjung Bloam merupakan pantai tersembunyi di kawasan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Lokasinya berdekatan dengan beberapa pantai indah lain, seperti Tanjung Ringgit. Hanya butuh waktu sekitar dua jam perjalanan dari pusat Mataram, untuk bisa sampai di pantai yang belum banyak terjamah wisatawan ini.

Teman Traveler akan menempuh perjalanan sekitar 77 km atau kurang lebih 1,5 jam dari Bandara Internasional Lombok. Akses menuju Tanjung Bloam dapat dilalui kendaraan roda dua, maupun empat. Namun mengingat kondisi jalan kurang baik, akan lebih baik jika kalian menumpang kendaraan roda dua.

Pantai Tersembunyi

Batuan cadas yang menjorok ke laut (sumber: rosita)

Tidak seperti pantai lain di Lombok, yang bisa langsung dinikmati begitu turun dari kendaraan, Tanjung Bloam termasuk keindahan alam tersembunyi. Destinasi ini bisa dibilang masih jarang dikunjungi wisatawan, karena lokasinya berada di balik hutan jati.

Teman Traveler harus terlebih dahulu melewati bukit yang cukup terjal, sebelum dapat menikmati keindahan Tanjung Bloam. Namun jangan khawatir, semua kerja keras tersebut bakal sepadan dengan keindahan yang menanti.

Tanjung Bloam sendiri tidak terlalu terkenal jika dibandingkan Pantai Senggigi, salah satu ikon wisata di Lombok. Namun justru ini yang menjadi daya tariknya. Apalagi kawasan ini tidak dijangkau jaringan seluler, cocok untuk kalian yang mencari suasana liburan tenang.

Butuh stamina lebih

Jernihnya air laut Tanjung Bloam (sumber: rosita)
Jernihnya air laut di Tanjung Bloam (c) Rosita/Travelingyuk

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tidak mudah untuk menuju Tanjung Bloam. Pengunjung wajib berjalan kaki melewati bukit yang cukup terjal, jelas membutuhkan stamina lebih. Perjalanan ini akan memakan waktu kurang lebih satu jam.

Durasi tersebut tentu disesuaikan dengan kemampuan fisik masing-masing. Melihat kondisi medan yang bakal dilewati, sebaiknya Teman Traveler memperhatikan betul jenis alas kaki yang akan kalian gunakan.

Batuan Cadas Menakjubkan

Batuan cadas di Tanjung Bloam (c) Rosita/Travelingyuk

Tanjung ini menyuguhkan panorama batuan cadas menakjubkan yang menjorok ke lautan, juga memiliki gugusan tebing indah. Warna kuning keemasannya menambah kesan ekostis, berpadu apik dengan corak hitam tidak beraturan. Perairan jernih di sekitar sini juga dijamin bakal memanjakan mata.

Beach Camp Ekslusif

Tak jauh dari tanjung, Teman Traveler akan menemukan sebuah akomodasi ekslusif. Cocok bagi kalian yang mencari liburan tenang dan jauh dari keramaian. Selain menawarkan tempat istirahat nyaman, tempat menginap ini juga memiliki ruangan dengan pemandangan langsung menghadap laut.

Beach Camp ini memiliki desain arsitektur unik. Bentuknya mirip Beruga atau sebuah bale-bale khas suku Sasak. Bisa dicoba jika Teman Traveler ingin menghabiskan waktu lebih lama di Bloam.

Hati-hati saat berfoto

Sedikit tips bagi Teman Traveler yang ingin berfoto-foto di sini. Perlu diketahui, Tanjung Bloam berhadapan langsung dengan laut lepas. Selalu berhati-hati dalam mengabadikan momen, mengingat ombak di sekitar sini lumayan besar.

Itulah sedikit ulasan mengenai indahnya Tanjung Bloam, sekeping surga tersembunyi di Lombok. Bagaimana Teman Traveler, apakah kalian tertarik berlibur ke sini suatu saat nanti?

Tags
Indonesia kontributor Lombok Lombok Timur Travelingyuk Wisata
Share