Tangkuban Perahu Erupsi, Ini Gunung Indonesia Lain yang Menggeliat di 2019

Indonesia punya banyak gunung aktif yang tersebar di seluruh penjuru nusantara. Sampai pertengahan 2019 ini saja, terdapat setidaknya 4 gunung Indonesia yang mengalami erupsi, salah satunya Tangkuban Perahu. Yuk, disimak ulasan berikut untuk informasi selengkapnya.

Gunung Agung, Bali

Ilustrasi Gunung Agung via Shutterstock
Ilustrasi Gunung Agung via Shutterstock

Gunung Agung yang berlokasi di Kabupaten Karangasem, Bali mengalami erupsi setidaknya dua kali yaitu pada April dan Juni 2019. Pada April, tinggi kolom abu mencapai sekitar 3 kilometer di atas puncak atau kurang lebih 6 ribuan mdpl.

Menurut laman liputan6.com, tidak ada korban jiwa maupun luka. Namun hujan abu menyirami beberapa kawasan seperti Kabupaten Karangasem, Kabupaten Bangli, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Gianyar, maupun Kota Denpasar.

Sedangkan pada Juni 2019, kolom abu mempunyai tinggi sekitar 1 kilometer di atas puncak atau kira-kira 4 ribuan mdpl. Status Gunung Agung kala itu pun berada pada level III alias siaga. Akibat dari erupsi tersebut warga sekitar, pendaki, maupun wisatawan dihimbau agar tidak melakukan aktivitas apa pun di Zona Perkiraan Bahaya.

Gunung Merapi, Jawa Tengah

Ilustrasi Gunung Merapi via Shutterstock
Ilustrasi Gunung Merapi via Shutterstock

Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jogja cukup dikenal sebagai gunung yang sangat aktif. Pada tahun 2019 saja setidaknya terjadi beberapa aktivitas; seperti guguran awan panas dan guguran lava pijar. Seperti yang terjadi pada 11 Juli 2019, Gunung Merapi mengeluarkan guguran lava pijar.

Menurut laman nasional.tempo.co, guguran lava tersebut mengarah ke hulu Kali Gendol sejauh kira-kira 500-900 meter. Akibatnya, dianjurkan untuk menghentikan pendakian dan warga diminta untuk tidak melakukan kegiatan sekitar 3 kilometer dari puncak gunung.

Gunung Bromo, Jawa Timur

Ilustrasi Gunung Bromo via Shutterstock
Ilustrasi Gunung Bromo via Shutterstock

Selain Tangkuban Perahu, ada juga erupsi Gunung Bromo yang berada di perbatasan empat kabupaten; Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. Menurut laman regional.kompas.com, Gunung Bromo mengalami erupsi pada 19 Juli 2019.

Selain semburan abu, terdapat juga aliran air yang dibarengi dengan material batuan berukuran abu sampai pasir. Akses wisata di Gunung Bromo tidak ditutup, namun wisatawan tidak diperkenankan untuk mendekat ke kawah aktif dalam radius sekitar 1 kilometer.

Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat

Ilustrasi Gunung Tangkuban Parahu via Shutterstock
Ilustrasi Gunung Tangkuban Perahu via Shutterstock

Gunung Tangkuban Perahu baru saja mengalami erupsi tepatnya 26 Juli 2019 pukul 15.48 WIB. Tinggi kolom abu terlihat sekitar 200 meter di atas puncak atau kira-kira 2 ribuan mdpl. Saat ini aktivitasnya memang sudah menurun.

Menurut laman Twitter resmi Badan Geologi-Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral @kabargeologi, Gunung Tangkuban Perahu mengeluarkan hembusan gas dan uap air pada hari ini (27/7) pukul 09.00 WIB. Masyarakat disarankan untuk tidak mendekati kawah aktif dalam radius sekitar 500 meter.

Itulah setidaknya 4 gunung di Indonesia yang menggeliat di 2019. Buat Teman Traveler yang hobi mendaki, selalu cek keadaan dan mengikuti himbauan dari petugas, ya.

Tags
Erupsi Gunung aktif Gunung Tangkuban Parahu Indonesia info terbaru
Share