Tangga-Tangga Super-Ekstrem di Dunia, Berani Melewatinya?

Advertisement

Melihat pemandangan alam dari puncak bukit, gunung atau tempat tinggi lainnya adalah suatu pengalaman yang menarik dan mendebarkan. Sayangnya, jarang ada orang yang kuat untuk mendaki atau menaiki pijakan demi pijakan demi mencapai puncak.

Rata-rata pencapaian menuju puncak tersebut selalu diidentikkan dengan mendaki gunung atau perbukitan dan dilakukan dengan cara merayap, wall climbing sampai dengan jelajah alam. Namun, selain mendaki alam liar tersebut, Anda juga dapat mencapai puncak suatu tempat yang tinggi dengan menaiki anak tangga.

Dikarenakan tempat yang dituju memiliki ketinggian tertentu, tentu saja anak tangga-anak tangga yang harus dinaiki juga sangat banyak dan tidak jarang seseorang akan merasa capek di tengah perjalanan menuju puncaknya.

Berikut ini adalah tempat-tempat di seluruh dunia yang memiliki anak tangga berjumlah ratusan dan siap menantang kekuatan fisik Anda untuk menaklukkannya sekaligus memacu adrenalin karena letaknya sangat terjal, curam dan tentunya sangat tinggi.

Jacob’s Ladder, St Helena

Jacob’s Ladder adalah destinasi wisata yang cukup populer di Jamestown, St Helena. Tangga yang dibangun pada tahun 1829 dan menempel di punggung bukit ini awalnya diciptakan sebagai sarana transportasi warga sekitar untuk mengirimkan hasil pertanian dengan cepat tanpa harus memutari bukit atau gunung.

Jacob’s Ladder memiliki 699 anak tangga yang memiliki lebar tidak sampai kurang lebih 3 meter. Setelah awalnya digunakan sebagai sarana transportasi cepat bagi para petani, kini Jacob’s Ladder justru menjadi obyek wisata menarik yang selalu dikunjungi oleh berbagai turis dari banyak negara di dunia.

Jacob’s Ladder [Image source]
Jacob’s Ladder [Image source]

Pastinya, setelah berada di anak tangga di atas 300, dilarang melihat ke bawah karena kemiringan dari Jacob’s Ladder ini cukup ekstrem dan dapat membuat orang akan tergelincir atau ketakutan.

Niesen staircase, Swiss

Mungkin dapat dikatakan bahwa tangga yang berada di Gunung Niesen, Swiss, ini adalah tangga terpanjang yang pernah dibuat dalam sejarah manusia. Dengan 11,674 anak tangga, maka dibutuhkan stamina dan keberanian ekstra untuk dapat menaiki dan menuju puncaknya.

Pada awalnya, tangga ini dibuat hanya untuk para petugas yang bekerja di sekitar di tempat itu saja, namun seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya tempat tersebut dibuka untuk umum sekali dalam setahun, yaitu khusus untuk lomba lari yang dinamakan Niesenlauf Stair Run yang kerap dihelat pada bulan Juni.

Niesen staircase [Image source]
Niesen staircase [Image source]

Dengan jumlah anak tangga yang dimiliki, jika Anda menaikinya, maka seperti sedang mendaki CN Tower sebanyak 4,5 kali, Taipei 101 sebanyak 6 kali atau Empire State Building sebanyak 7 kali. Rekor waktu tercepat mencapai puncak dalam Niesenlauf Stair Run adalah 1 jam 2 menit.

Angkor Wat, Kamboja

Angkor Wat tidak hanya terkenal karena memang berusia ratusan tahun dan merupakan salah satu bangunan kuil yang masih terjaga sampai sekarang, namun juga menjadi ajang uji nyali bagi para pecinta adrenalin, yaitu dengan mendaki anak tangganya yang terbuat dari batu.

Angkor Wat [Image source]
Angkor Wat [Image source]
Selain tinggi, anak tangga untuk menuju puncak kuil Angkor Wat juga memiliki kemiringan yang ekstrem. Kengerian akan terasa jika Anda sudah berada di antara puncak dan daerah bawah karena tergelincir sedikit saja, maka Anda akan jatuh dan terhempas di permukaan batu yang keras.

Verruckt, Kansas

Jika Anda ingin menguji nyali di tempat tinggi lainnya, maka datanglah ke Kansas City, Kansas, Amerika Serikat. Di tempat ini ada sebuah wahana luncur bernama Verruckt yang untuk menikmatinya, Anda harus menaiki anak tangga berjumlah 264 buah dengan bentuk spiral.

Verruckt [Image source]
Verruckt [Image source]
Sesampai di atas, selain dapat melihat keindahan Kansas City secara menyeluruh, Anda juga dapat meluncur bebas dengan kecepatan 65 meter/jam menggunakan sebuah kendaraan luncur yang sudah tersedia di atas tempat tersebut. Berani mencoba?

Half Dome, California

Selain dapat menikmati keindahan di sekitar Taman Nasional Yosemite Valley, ada satu lagi wahana penantang nyali yang dapat Anda taklukkan yaitu Half Dome atau sebuah rute penanjakan tanpa anak tangga menuju puncak dan hanya dibantu dengan menggunakan 2 kabel saja.

Half Dome [Image source]
Half Dome [Image source]
Tingkat kecuraman Half Dome sangat ekstrem disertai dengan bebatuan padas yang dapat sewaktu-waktu membuat Anda tergelincir dari ketinggian lebih dari 400 kaki dari permukaan tanah. Untuk mengunjungi dan menaklukkannya, maka dianjurkan untuk datang pada pertengahan bulan Oktober karena tempat ini hanya dibuka pada waktu itu saja.

Inca Stairs, Peru

Tentunya, bagi para penggemar traveling sudah mengetahui atau mendengar suatu tempat indah yang dibangun di zaman dahulu kala oleh Bangsa Inca Kuno, yaitu Machi Picchu atau dikenal dengan istilah Moon Temple. Tempat ini terletak di atas pegunungan yang sangat tinggi dan untuk mengunjunginya, tidak ada cara lain selain menaiki anak tangga yang terpasang di pinggir Huayna Picchu.

Inca Stairs [Image source]
Inca Stairs [Image source]
Ketinggian dari tangga tersebut mencapai lebih dari 600 kaki dari permukaan tanah dan anak tangganya terbuat dari batu granit yang licin. Dibutuhkan kewaspadaan, keberanian dan stamina ekstra untuk dapat mencapai puncak dan menikmati keindahan reruntuhan dari Machu Picchu.

Liberty, New York

Jika Anda ingin menuju puncak atau bagian paling atas yang terletak di mahkota patung perlambang selamat datang ini, maka Anda harus menaiki tangga melingkar yang memiliki jumlah anak tangga sebanyak lebih dari 377 buah.

Liberty [Image source]
Liberty [Image source]
Sayangnya, untuk melakukannya, Anda tidak dapat secara langsung masuk dan naik, karena dibutuhkan permit to access atau izin masuk yang dapat dipesan sekitar 3 bulan sebelumnya. Bagi yang tidak sabar untuk menunggu waktu tersebut, maka dipastikan tidak akan dapat mencapai puncak Liberty dan menikmati pemandangan New York serta perairan di sekitarnya dari atas.

Florli Stairs, Norwegia

Penantang terdekat dari Niesen staircase adalah Florli Stairs yang terletak di Norwegia. Selain merupakan salah satu tangga tertinggi di dunia dengan memiliki lebih dari 4.444 anak tangga, ketika Anda menaikinya, maka harus benar-benar konsentrasi dan melihat ke setiap anak tangga yang akan Anda pijak. Hal ini disebabkan anak tangga yang digunakan bukanlah dari besi atau batu, melainkan dari kayu yang sudah berumur dan pastinya akan ada retakan yang siap menghempaskan siapa saja yang memijaknya.

Florli Stairs [Image source]
Florli Stairs [Image source]
Setelah berada di puncak, maka Anda dapat menikmati pemandangan alam nan hijau dan birunya perairan di sekitar tempat tersebut sekaligus mengabadikan momen di spot wisata terkenal dunia yaitu sebuah batu yang tergencet oleh 2 bukit batu lainnya.

Stairs of Heaven, Cina

Terletak di Gunung Huashan, Cina, tangga yang tidak memiliki nama resmi dan hanya sering dijuluki dengan nama Stairs of Heaven ini adalah penantang adrenalin selanjutnya. Tidak ada catatan pasti mengenai berapa jumlah anak tangga yang dipahat di punggung gunung satu ini.

Stairs of Heaven [Image source]
Stairs of Heaven [Image source]
Untuk menaiki dan menuju puncak, Anda harus benar-benar memiliki kewaspadaan, stamina dan mental yang cukup kuat, karena selain kemiringan dari tangganya sangat ekstrem, pijakan dari batu di tempat tersebut juga dapat membuat Anda tergelincir dan jatuh serta hanya terdapat satu rantai panjang saja buat pegangan. Mengerikan!

Batu Caves, Malaysia

Batu Caves adalah salah satu tempat yang sangat penting dan sakral bagi umat Hindu. Terletak sekitar 8 mil dari Kuala Lumpur, Malaysia, untuk mencapai puncak dari Batu Caves, maka dibutuhkan tenaga ekstra tinggi karena Anda harus menaiki sebanyak 272 anak tangga dan masih belum berhenti di situ saja, karena perjalanan sejauh 330 kaki harus dilakukan lagiu untuk menuju Temple Cave.

Batu Caves [Image source]
Batu Caves [Image source]
Ada banyak turis yang akan datang ke tempat ini ketika diadakannya upacara yang dinamakan Tamphosan. Mayoritas dari mereka akan bersama-sama dengan para Bikku untuk menaiki anak tangga. Satu hal yang patut menjadi perhatian adalah waspadai tas atau bawaan Anda karena monyet-monyet di sana cukup nakal dan akan mencurinya jika Anda lengah.

Hanya sepuluh itu saja tangga dengan ketinggian yang super-menakjubkan? Tentu saja tidak, masih ada tangga-tangga lain di seluruh dunia yang menantang keberanian Anda untuk menaklukkannya. Simak lanjutan anak tangga dengan ketinggian ekstrem ini di bagian kedua.

Advertisement
Tags
California Cina Inggris Kamboja Kansas Luar negeri Malaysia new york Norwegia Peru St Helena Tangga
Share