Taman Simalem Resort Toba, Pesonanya Bikin Ogah Pulang!

Punya agenda liburan untuk melihat Danau Toba? Menginap di Taman Simalem Resort bisa jadi salah satu alternatif terbaik. Meski tak tawarkan akses turun langsung ke tepian danau, dari resort mewah seluas 206 hektar ini Teman Traveler bisa puas menikmati indahnya Toba di ketinggian 1.200 mdpl.

View-nya bikin betah (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Teman Traveler juga berkesempatan menjelajah tiap sudut mempesona Taman Simalem Resort. Keindahan yang ditawarkan benar-benar seolah tiada habisnya. Dijamin kalian bakal puas deh.

Penasaran bagaimana asyiknya staycation di resort yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatra Utara ini? Yuk, simak pengalaman saya saat bermalam di Taman Simalem berikut ini.

Waktu Tempuh ke Taman Simalem Resort

Danau Toba yang maha luas (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Berada tepat di sisi barat laut Toba, salah satu danau kawah tertinggi dan terdalam di dunia, Taman Simalem Resort bisa Teman Traveler capai dalam kurang lebih dua setengah jam perjalanan dari Medan. Jika berangkat dari Berastagi, perjalanan akan memakan waktu sekitar 45 menit.

Tongging Point Lodge

Lodge di Tongging Point (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Lantaran menginap bersama rombongan besar, akomodasi yang kami sewa adalah Tongging Point Lodge. Lodge ini recommended banget untuk Teman Traveler yang datang beramai-ramai bersama keluarga maupun sahabat.

Desain langit-langit Tongging Point Lodge (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Bentuk lodge-nya melingkar dan terdiri dari tiga lantai. Tiap lantai memiliki beberapa kamar, masing-masing terdiri dari empat single bed. Kamar mandi dan toilet terletak di luar kamar tidur dalam jumlah banyak di satu ruangan besar. Teman Traveler tak perlu khawatir berebut saat ingin mandi atau ke kamar kecil.

Kamar di Tongging Point Lodge (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Harga yang harus kalian keluarkan untuk menginap di Tongging Point Lodge kurang lebih sebesar Rp2.400.000 per room. Rate tersebut sudah termasuk fasilitas breakfast dan lunch/dinner, personal wi-fi, dan TV set.

Danau Toba di Depan Mata

Pesona Toba dari outdoor balcony (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Sensasi seru saat bermalam di Tongging Point Lodge adalah view danau Toba yang berada tepat di sisi timur balkon kamar. Saking luasnya, Toba tampak seperti lautan dari sini. Jika cuaca pagi sedang cerah, Teman Traveler bisa dengan mudah menikmati panorama sunrise ciamik hanya dari atas balkon kamar.

One Tree Hill

Menanti sunrise di tengah langit mendung (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Spot favorit lain untuk menanti momen matahari terbit di sekitar sini adalah One Tree Hill. Disebut demikian karena bukit kecil di selatan Tongging Point Lodge ini hanya punya satu pohon cemara. 

Posisinya berada persis di tepian Toba, sehingga Teman Traveler bisa sangat leluasa menikmati sunrise. Daratan di sisi kanan dan kiri danau membuat pemandangan fajar di sekitar sini terasa semakin magis.

Twin Waterfall

Penampakan Twin Waterfall (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Pesona tersembunyi berikutnya yang bisa Teman Traveler jumpai di Taman Simalem Resort adalah keberadaan air terjun kembar bernama Twin Waterfall. Destinasi alam Medan ini ada di sisi barat daya Tongging Point Lodge.

Trekking membelah belantara (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Dikatakan tersembunyi karena untuk menyapa air terjun kembar ini, Teman Traveler harus trekking dulu selama kurang lebih 30 menit membelah belantara. Jalurnya sedikit naik turun, jadi kalian harus siapkan fisik prima, alas kaki nyaman, dan membawa bekal air minum serta camilan jika perlu.

Semua lelah kala melakukan trekking bakal terbayar lunas usai Teman Traveler melihat sendiri indahnya Twin Waterfall. Ditambah lagi aliran airnya super dingin dan terasa sangat segar!

Pearl of Lake Toba

Wajib foto di sini (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Taman Simalem Resort mengusung tagline ‘Pearl of Lake Toba’. Teman Traveler bisa berfoto dengan latar belakang tulisan ini di Plaza Pearl of Lake Toba, tepatnya di depan Toba Cafe. Tak jauh dari Tongging Point Lodge.

Di kawasan ini Teman Traveler juga bisa melihat indahnya kawasan Toba dan deretan pohon cemara. Rasanya tak cukup hanya sekali dua kali jepret untuk abadikan semua keindahan di sini.

Pilihan Aktivitas Menarik Lain

Sing along di Teahouse (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Selain keseruan yang saya lakukan di atas, masih banyak sekali pilihan aktivitas yang bisa Teman Traveler coba saat staycation di Taman Simalem Resort. Mulai dari agro tour, farming, menjajal golf course, main di taman labirin, belajar memanah, hingga sing along sepuasnya di Teahouse.

Serunya lagi, hampir tiap sudut Taman Simalem Resort pancarkan aura Instagenic. Bisa banget jadi latar belakang pose untuk hasilkan foto keren. Berikutnya tinggal dipajang di feed Instagram deh.

Keliling Taman Simalem Resort Tanpa Menginap

Jalan-jalan di dekat Toba Cafe (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Kabar baiknya, Teman Traveler bisa menikmati segala aktivitas dan keseruan di resort ini tanpa harus menginap, lho. Wah, asyik banget, bukan? Namun, kalian akan dikenakan tarif masuk sesuai aturan manajemen, dengan rate mulai dari Rp25.000 untuk pedestrian sampai Rp1.500.000 untuk bus berkapasitas lebih dari 20 seats.

Hmm, agaknya sudah mulai mupeng nih pengin menjajal staycation di Taman Simalem Resort. Dengan rate menginap yang sedikit menguras tabungan, pengalaman yang akan Teman Traveler dapat dijamin sepadan!

Tags
akomodasi medan kontributor Medan Travelingyuk
Share