Taman Selecta Mengubah Kota Batu Bak Taman Bunga di Eropa

Advertisement

Nyatanya liburan ke sebuah taman bunga yang cantik tidak hanya bisa ditemukan di luar negeri. Di Kota Batu ternyata juga ada dan keindahannya tidak kalah sama taman-taman bunga di mancanegara. Inilah taman bunga kebanggaan warga Kota Apel sekaligus destinasi favorit kaum hawa, Taman Wisata Selecta.

Baca Juga : 10 Destinasi Wisata Air Terjun di Malang Raya yang Keren Banget

Ngomongin masalah destinasi wisata di kawasan Malang tentu tidak lepas dari tempat-tempat keren di Kota Batu. Kota ini memang identik sekali dengan Malang sebab pernah menjadi salah satu bagian dari kabupatennya yang kemudian menjadi daerah otonom pada tahun 2001. Ternyata meski luas wilayahnya hanya sekitar 200 kilometer persegi, banyak sekali destinasi wisata yang bisa traveler jumpai.

Taman Selecta, via instagram
Taman Selecta, via instagram

Selain populer dengan taman bermain Jatim Park 1 & 2 serta memiliki alun-alun kota yang sangat indah, Kota Batu juga memiliki destinasi wisata alam yang sangat bersahabat buat traveler wanita. Destinasi ini menghadirkan taman bunga berwarna-warni bak di surga yang menjamin setiap pengunjung yang datang akan tergoda untuk bercumbu dengan alam sekitarnya.

Semua pasti sudah bisa menebak destinasi yang dimaksud Travelingyuk. Yap, tepat sekali Taman Wisata Selecta, salah satu tempat wisata terfavorit di Kota Batu dan juga Malang Raya. Obyek wisata ini berada di desa Tulungrejo, kecamatan Bumiaji, Kota Batu yang letaknya di kawasan pegunungan sehingga memiliki udara yang sejuk dan cenderung dingin.

Taman Bunga Selecta, via instagram
Taman Bunga Selecta, via instagram

Taman Selecta bukanlah tempat baru umumnya di kawasan Malang sebab ini adalah salah satu tempat wisata tertua yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Kisah awal taman ini dibangun oleh seorang warga negara Belanda bernama Ruyter de Wildt pada tahun 1930. Barulah setelah Indonesia merdeka taman ini direnovasi dengan mempertahankan bangunan kuno di tahun 1950.

Ada beberapa bagian di kawasan Taman Wisata Selecta, di antaranya adalah teman wisata hiburan, taman bunga, kolam renang dan juga area outbond. Dari beberapa bagian yang ada terselip satu yang paling banyak dikunjungi wisatawan yaitu bagian tengah area wisata berupa taman bunga. Di lokasi ini mata pengunjung akan dimanjakan dengan aneka bunga warna-warni yang menghampar luas.

Bunga di Taman Selecta, via instagram
Bunga di Taman Selecta, via instagram

Taman bunga ini memang menjadi spot favorit pengunjung untuk bersantai atau pun berfoto-foto. Pemandangannya sangat indah bak taman bunga di Eropa. Hanya saja traveler dilarang memetik bunga di taman ini, pihak pengelola pun merawat dan menjaganya dengan baik dan selalu mengawasi pengunjung.

Baca Juga : 11 Tempat Wisata di Tegal Yang Akan Membuatmu Takjub

Tentu semua setuju hal tersebut dilakukan untuk menjaga kelestarian bunga agar tidak dirusak traveler alay seperti yang terjadi pada taman bunga amarilis di Gunungkidul. Traveler yang berminat bisa datang kapan saja pada jam operasionalnya yaitu setiap hari mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB. Tiket masuk ke dalam kawasan wisata ini per orang sekitar Rp. 25.000, dengan catatan tiket masuk bisa berubah sewaktu-waktu.

Advertisement
Tags
Jawa Timur Kota Batu Malang Taman Selecta
Share