Taman Pintar Bookstore, Surga Pecinta Buku di Jogja

Advertisement

Berwisata tak harus melulu pergi ke destinasi eksotis atau berlatar pemandangan alam. Seringkali tempat sederhana sekalipun sudah mampu mengobati rasa penat usai seminggu penuh bekerja keras. Salah satu tempat yang dimaksud adalah Taman Pintar Bookstore di Jogja.

Pintu depan Taman Pintar Bookstore via Instagram.com/gembelgaul

Popularitasnya memang masih kalah dibanding kawasan Malioboro, Keraton, atau Benteng Vredeburg. Namun destinasi ini sebenarnya sangat cocok dikunjungi, terutama Teman Traveler penggemar buku. Lantas apa yang menjadikan tempat ini istimewa? Yuk, simak penjelasannya.

Berada di Jantung Jogjakarta

Kompleks Taman Pintar via Instagram.com/Tatang Budiyanto

Taman Pintar Bookstore berada persis di sebelah timur Taman
Pintar. Alamat tepatnya ada di Jalan Sriwedari. Untuk menuju sini, Teman Traveler cukup berjalan kaki ke arah timur, melewati trotoar rindang dan sejuk, dari titik nol kilometer Jogjakarta.

Teman Traveler akan melewati deretan kios perajin stempel dan
lukisan, serta kompleks taman pintar. Tak lama kemudian, kalian akan menemukan jalan beraspal ke arah kiri. Ikuti jalan ini dan kurang lebih lima menit kalian sudah bisa melihat bangunan Taman Pintar Bookstore dengan jelas.

Lantai bawah yang nyaman via Instagram.com/gembelgaul

Tidak seperti toko buku besar yang jarang menyediakan tempat duduk, di sini pengunjung akan menemukan kursi dalam jumlah banyak untuk beristirahat. Tak perlu takut diusir para pedagang karena kursi ini
merupakan bagian fasilitas bangunan. Meski tidak ber-AC, ruangannya tidak pengap dan terlihat bersih.

Di sisi timur Teman Traveler akan menemukan banyak penjual makanan
dan minuman. Kalian bisa mencicipi beragam jajanan, mulai dari siomay hingga es krim aneka rasa. Harganya juga sangat terjangkau.

Oh ya, Teman Traveler juga bisa lebih fleksibel menentukan waktu kunjungan ke Taman Pintar Bookstore. Tempat ini buka mulai jam 09.00 sampai dengan pukul 20.00.

Buku dengan Harga Miring

Buku tertata rapi via Instagram.com/jengleaa

Berbeda dengan toko buku besar yang memajang semua koleksi dalam satu tempat dan digolongkan berdasarkan kategori. Di sini Teman Traveler akan menemukan puluhan kios kecil-kecil milik beberapa pedagang berbeda.

Semua jenis buku mereka jadikan satu. Meskipun begitu, semuanya ditata rapi dan menarik. Bisa jadi latar belakang foto Instagenic, tergantung kreativitas masing-masing.

Teman Traveler bisa menemukan berbagai macam buku di Taman Pintar Bookstore. Mulai dari buku pelajaran sekolah, sampai dengan buku teks anak kuliah. Novel populer pun tersedia, seperti karya-karya Andrea Hirata, Tere Liye, Dee Lestari, maupun Habiburrahman El Shirazy. Buku fiksi populer seperti Harry Potter juga bisa dibeli di sini.

Menerima Kartu Indonesia Pintar via Instagram.com/Jenny Wahyuni

Jika beruntung, Teman Traveler bahkan bisa menemukan buku langka atau kuno. Buku semacam ini bisa kalian beli dengan harga murah dan dilepas lagi dengan nilai fantastis. Jadi, jangan sampai terkecoh dengan penampilan sederhana kios-kios di sini.

Buku yang dijual di sini kondisinya beragam. Ada yang baru, namun tak sedikit pula yang bekas. Harganya bergantung pada kemampuan Teman Traveler dalam tawar-menawar. Namun yang jelas, jauh lebih murah dibanding membeli di toko buku besar. Asyiknya lagi, para penjual di sini tak pelit memberikan potongan harga menarik jika kalian membeli dalam jumlah banyak.

Berkumpulnya Para Pecinta Buku

Pedagang di sini rata-rata mengetahui dengan baik buku-buku yang mereka jual. Mereka juga enak diajak berdiskusi soal buku. Cara
berkomunikasinya juga sangat menarik. Hal ini karena sebagian penjaga kios di sini adalah mahasiswa yang mencari tambahan penghasilan di luar jam kuliah.

Bagaimana, jelajah Taman Pintar Bookstore di Jogja juga menarik, bukan? Dengan membaca buku, pengetahuan dan wawasan kalian akan bertambah luas. Liburan pun terasa lebih bermanfaat karena digunakan untuk hal positif.

Advertisement
Tags
Indonesia Jogja kontributor wisata jogja Wisata Jogjakarta
Share