Taman Nusa Bali, Mini Indonesia yang Ada di Pulau Dewata

Taman Nusa memiliki tujuan utama untuk memberikan pengetahuan yang lengkap tentang budaya di seluruh Indonesia. Metode yang dipakai adalah dengan memberikan pengetahuan secara interaktif sembari memanjakan pengunjungnya dengan keindahan budaya Nusantara. Wisata baru ini bisa menjadi salah satu destinasi saat berkunjung ke Bali. Bisa menikmati keberagaman Nusantara di satu tempat. Mari lihat Taman Nusa Bali lebih dekat.

Lokasi di Pinggir Sungai Melangit yang Asri

Spot Selfie di Taman Nusa Bali
Spot Selfie di Taman Nusa Bali via Instagram/@yuliatori

Secara resmi, lokasi Taman Nusa ada di Jl. Taman Bali – Banjarangkan Banjar Blahpane Kelod, Desa Sidan, Gianyar, Bali. Taman ini ada kaki di sebuah bukit hijau dengan vegetasi terjaga hingga menciptakan suasana yang sejuk. Dengan area seluas 15 hektar, Taman Nusa dibangun dengan mempertimbangan pembangunan yang berkelanjutan tanpa merusak lingkungan. Kombinasi antara arsitektur tradisional Indonesia dengan alam nan asri bakal membuat semua pengunjung betah di sini.

Wisata Murah dengan Wahana Lengkap

Taman Nusa Bali
Taman Nusa Bali via Instagram/@meilanyfriskilia

Harga tiket masuk ke taman ini cukup murah, yaitu sekitar Rp60 ribu per orang. Untuk menikmati paket-paket wisata bertema budaya tertentu, pengunjung diwajibkan membeli tiket lain yang bisa dipesan secara online. Begitu masuk, pengunjung akan melewati pemandangan Indonesia masa prasejarah, masa zaman perunggu, hingga masa kerajaan-kerajaan.

Salah satu bangunan paling ikonik adalah miniature Candi Borobudur yang dibuat cukup besar. Selanjutnya ada desa budaya, sejarah awal Indonesia, masa kemerdekaan Indonesia, Indonesia masa kini dan masa depan. Taman Nusa Bali buka mulai jam 09:00 hingga pukul 17:00.

Paket Wisata yang Beragam

Taman Nusa, Bali.

Taman Nusa, Bali. via Instagram/tamannusaTaman Nusa juga menawarkan beberapa paket wisata khusus bagi para pengunjungnya. Semua paket wisata itu akan membawa pengunjung untuk menjelajahi seluruh budaya Indonesia yang ada di taman ini. Mereka akan dibawa melihat lebih dari 60 rumah adat, replika Borobudur, menikmati pertunjukan musik dan tari, belajar kesenian dan kerajinan tradisional, serta tiket masuk ke museum. Ada dua paket khusus untuk menikmati budaya Jawa dan Barong khas Bali. Jika memilih paket tematik itu, pengunjung akan diberi kesempatan memakai dan berfoto dengan pakaian adat Indonesia.

Melihat Indonesia dalam Satu Hari

Taman Nusa, Bali.
Taman Nusa, Bali. via Instagram/lwin_djenar

Taman Nusa memiliki tagline ‘Melihat Indonesia dalam Satu Sore’. Hal itu dimungkinkan dengan panduan guide yang kompeten dan profesional. Para guide akan menjelaskan setiap rumah adat, asalnya, serta filosofi di balik bangunan itu. Selain itu, di setiap rumah ada akan ada seseorang yang benar-benar mengetahui budaya terkait rumah itu. Bahkan ada yang bisa menunjukkan atraksi adat tertentu. Secara keseluruhan, perjalanan menikmati seluruh wahana yang ditawarkan di sini biasanya memakan waktu 2,5 sampai 3 jam.

Bertambah lagi wisata Bali yang bisa menjadi alasan untuk kembali mengunjungi Pulau Dewata. Jadi, sudahkah Teman Traveler bersiap menjelajah Indonesia, atau minimal miniaturnya?

Tags
Bali Indonesia taman nusa bali Wisata
Share