Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Sarangnya Hiu Paus di Timur Indonesia

Wilayah Indonesia yang didominasi dengan perairan, membuat nusantara memiliki kekayaan bahari yang melimpah. Masalah titik menyelam jangan ditanyakan, dari Sabang sampai Merauke dapat dengan mudah ditemukan. Mulai dari terumbu karang hingga fauna yang hidup di dalamnya. Mulai dari pari manta hingga hiu paus. Salah satunya adalah Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Papua Barat, yang menjadi habitat hiu paus di Indonesia.

Habitat Hiu Paus dan Biota Bawah Laut Eksotis Lainnya

Hewan raksasa ini panjangnya dapat mencapai 28 meter via instagram/syenitenita

Berada di Indonesia timur, Taman Nasional Teluk Cendrawasih menjadi habitat untuk hewan laut raksasa seperti hiu paus. Meskipun memiliki ukuran yang sangat besar, hiu paus tidak memangsa manusia. Karena plankton dan ikan-ikan kecil adalah makanan hewan ini. Selain hiu paus, Taman Nasional Teluk Cendrawasih memiliki sekitar 500 spesies karang dan 950 jenis ikan lainnya.

Memiliki Area yang Sangat Luas

Tak hanya spot hiu paus, taman laut ini memiliki area yang luas via instagram/rahmanadipradana

Terdapat banyak perairan yang menyimpan keindahan di Indonesia. Pemandangannya pun tak perlu dipertanyakan. Namun jika ingin berlama-lama dan menikmati area bawah laut yang luas, datanglah ke Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Luas taman laut ini mencapai 1.453.500 hektare.

Termasuk dalam Wilayah Dua Provinsi

Wilayahnya termasuk dallam lima kabupaten via instagram/joinliburan.id

Karena cakupan wilayahnya yang sangat besar, taman laut ini berada di lima wilayah yang terbagi dalam dua provinsi. Taman Nasional Teluk Cendrawasih berada dalam wilayah Kabupaten Teluk Wondana dan Kabupaten Manokwari di Provinsi Papua Barat. Kemudian Kabupaten Nabire, Kabupaten Yapen, dan Kabupaten Waropen di Provinsi Papua.

Wisatawan dapat Berenang Sangat Dekat dengan Hiu Paus

Dapat menyelam bersama hiu paus, namun tetap taat instruksi pemandu ya via instagram/rickytrianto

Wisatawan dapat menyelam bebas dengan jarak yang dekat dengan hiu paus. Namun harus tetap memperhatikan instruksi pemandu. Beberapa hal yang biasa diinstruksikan oleh pemandu adalah tidak melakukan gerakan mendadak, tidak memotret menggunakan flash, atau mengejar serta menyentuh hiu paus.

Dengan banyaknya area perairan yang dimiliki Indonesia, keindahan bawah lautnya tentu harus dinikmati. Berbagai macam kekayaan bahari dapat ditemukan di dalamnya, seperti hiu paus dan kekayaan bahari yang lainnya. Wilayah mana yang sudah pernah kamu selami?

Tags
Indonesia Papua papua barat Taman Nasional Teluk Cendrawasih Wisata
Share