Jelajah Taman Nasional Kepulauan Togean, Indahnya Rumah Suku Bajo

Sebagai negara maritim, Indonesia punya banyak destinasi dengan keindahan bawah laut yang mengagumkan. Salah satu tempat yang terkenal akan keindahan baharinya adalah Taman Nasional Kepulauan Togean. Lokasi elok ini bisa disebut sebagai ‘rumah’ Suku Bajo yang berdiam di masing-masing pulaunya.

Taman Nasional Kepulauan Togean terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah, Kabupaten Tojo Una-Una. Karena Kondisi geografisnya tersebut, akses ke Togean sangat mudah untuk dijangkau. Berikut adalah tiga pulau cantik yang bisa dikunjungi di Togean, menurut pengalaman kontributor Travelingyuk – Suratman Larakuti.

1. Pulau Kadidiri

Pemandangan di Paradise Resort (c) Suratman Larakuti/Travelingyuk
Pemandangan di Paradise Resort (c) Suratman Larakuti/Travelingyuk

Pulau Kadidiri dikenal dengan suasananya yang sejuk dan sunyi. Total hanya ada tiga resort di tempat ini, salah satunya adalah Paradise Resort. Akomodasi cantik ini menghadap langsung ke bibir pantai sehingga menawarkan panorama pantai dan laut langsung dari balik jendela.

Sunset di Kadidiri Paradise Resort (c) Suratman Larakuti/Travelingyuk
Sunset di Kadidiri Paradise Resort (c) Suratman Larakuti/Travelingyuk

Di sekitar resort juga terdapat dermaga fotogenik dan beberapa pohon kelapa rindang. Nuansa sore di Kadidiri sungguh memanjakan. Panorama matahari terbenam memancarkan corak memikat, perpaduan pantulan warna hijau toska dan jingga khas senja. Sungguh sayang jika tak diabadikan dalam bentuk foto.

2. Pulau Kabalutan

Pulau Kabalutan (c) Suratman Larakuti/Travelingyuk
Pulau Kabalutan (c) Suratman Larakuti/Travelingyuk

Pulau Kabalutan punya jumlah penduduk paling banyak di antara pulai lain di Taman Nasional Kepulauan Togean. Lokasi ini juga dikenal dengan sebutan Pulau Janda, lantaran memang ada banyak wanita setempat yang menjadi janda. Penyababnya beragam, mulai dari angka kematian tinggi, maupun ditinggal suami merantau.

Panorama Pulau Kabalutan (c) Suratman Larakuti/Travelingyuk
Panorama Pulau Kabalutan (c) Suratman Larakuti/Travelingyuk

Rata-rata mata pencaharian warga Kabalutan adalah nelayan. Suku Bajo sendiri sudah lama terkenal akan kemampuan melautnya. Mereka mampu menyelam tanpa menggunakan bantuan alat, meski belakangan banyak yang mulai mengandalkan teknologi modern. Bahkan ada juga yang nekat menggunakan kompresor sebagai alat bantu pernafasan.

Takkan ada bosannya melihat panorama Pulau Kabalutan. Di tengah pulau terdapat bukit yang sangat mudah dijangkau. Teman Traveler bisa melihat panorama indah Kabalutan dari atas.

3. Pulau Papan

Pemandangan di Pulau Papan (c) Suratman Larakuti/Travelingyuk
Pemandangan di Pulau Papan (c) Suratman Larakuti/Travelingyuk

Tak hanya berwarna biru muda, perairan di Pulau Papan begitu jernih hingga barisan karang bisa terlihat jelas dari permukaan. Begitu sampai di daratan, akan terlihat deretan papan sepanjang mata memandang. Usut punya usut, papan tersebut ternyata merupakan jalan setapak bagi masyarakat di sana.

Salah satu tempat yang menjadi ikon di pulau ini adalah jembatan papan sepanjang kurang lebih 1000 meter dan meliuk di atas permukaan laut. Kehadiran jembatan tersebut semakin menambah keunikan atmosfer Pulau Papan. Apalagi penduduk sekitar juga membangun kediaman mereka di atas pemukaan laut.

Bagaimana, penasaran dengan keindahannya? Segera atur jadwal traveling ke Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah. Sebaiknya datang antara bulan Agustus hingga Oktober, karena air laut lebih tenang dan pemda setempat sering menggelar beragam event pariwisata. Tak perlu takut tersesat, karena warga sekitar sangat ramah.

Tags
Sulawesi Tengah Wisata
Share