Taman Laut Taka Bonerate, Kawasan Terumbu Karang Terbesar Ketiga Dunia yang Harus Dikunjungi Seumur Hidup Sekali

Pernah mendengar nama Taman Laut Taka Bonerate? Teman Traveler yang menaruh perhatian lebih pada olahraga diving pasti tidak asing dengan kawasan ini. Ia merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia yang berada di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Berjarak jauh dari ibu kota, bukan berarti ia memiliki pesona yang biasa-biasa saja. Seperti apa ‘kemegahan’ yang dimiliki olehnya? Temukan sedikit demi sedikit melalui uraian berikut ini ya.

1. Merupakan Kawasan Atol Terbesar Ketiga Dunia

Keanekaragaman Terumbu Karang di Taman Laut Taka Bonerate via Instagram/ lanangsamudera

Taman Laut Taka Bonerate memiliki kawasan atol atau terumbu karang terbesar ketiga di dunia. Setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall, sebuah negara kepulauan yang berada di Samudera Pasifik bagian barat dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Kawasan terumbu karang yang ada di Taka Bonerate adalah 220.000 hektare. Sebaran terumbu karangnya berada pada 500 Km persegi. Menakjubkan!

2. Taman Laut Taka Bonerate Memiliki Banyak Pulau

Pulau Tinabo, Salah Satu Pulau di Taman Laut Taka Bonerate via Instagram/ rusdhy_karim

Merupakan satu dari tujun Taman Nasional Laut yang dimiliki Indonesia, Taka Bonarate memang luar biasa. Ia memiliki setidaknya lima belas pulau yang masing-masing memiliki kemampuan untuk menawan hati siapa saja. Seperti Pulau Lantigiang dan Pulau Tinabo. Pesona pulau-pulau tersebut bisa Teman Traveler nikmati dengan cara snorkeling atau diving.

3. Macam-macam Kekayaan Alam di Taman Laut Taka Bonerate

Bawah Laut Pulau Tinabo via Instagram/ rifkypriyadi

Taman Laut Taka Bonerate merupakan letusan gunung berapi yang terendam sekitar 2000 meter di bawah permukaan air laut. Di sini hidup beraneka macam tanaman laut. Menurut Departemen Kehutanan Takabonerate, kawasan ini memiliki setidaknya 244 jenis moluska dan beragam nudibranch atau siput telanjang.

Selain biota-biota tersebut, kawasan ini juga merupakan rumah bagi para penyu. Setidaknya ada empat jenis penyu yang hidup di Taman Nasional Taka Bonerate, antara lain Penyu Sisik, Penyu Lekang, Penyu Tempayan dann Penyu Hijau.

4. Menuju Taman Laut Taka Bonerate

Surga bagi Pecinta Diving dan Snorkeling via Instagram/ elmondo_

Teman Traveler yang penasaran menikmati keindahan atol di Taman Laut Taka Bonerate, bisa menuju Makassar terlebih dulu. Dari Makassar, lanjutkan perjalanan ke Bandara Aeropala yang ada di Selayar. Atau jika ingin menggunakan jalur darat, Teman Traveler bisa menggunakan bus dari Terminal Malengkeri (Makassar) ke Pelabuhan Bira selama 5 jam. Setelah itu, perjalanan harus diteruskan ke Pelabuhan Pamatata (Selayar) menuju Benteng.

Agenda untuk mengunjungi Taman Laut Taka Bonerate harus dipersiapkan dengan baik. Mulai dari stamina, kesehatan dan budget. Lebih seru lagi kalau ajak teman-teman untuk liburan ke sini! Yuk! Agendakan ya. Setidaknya seumur hidup satu kali harus kunjungi kawasan ini!

Tags
Indonesia kepulauan selayar Sulawesi Selatan taman laut taka bonerate Wisata wisata selayar
Share