7 Taman Kota di Indonesia yang Tak Kalah Cantik dengan Luar Negeri

Advertisement

Siapa yang bilang jika Indonesia tidak memiliki taman yang cantik? Ini buktinya, beberapa kota di Indonesia berikut ini memiliki taman kota yang super cantik dan tidak kalah dengan taman kota yang ada di negara lain. Piknik ke taman-taman berikut membuat Anda tidak ingin pulang.

Beberapa kota di Indonesia memiliki taman kota dengan wajah yang indah dipadu penataan yang rapi dan bersih. Tak heran jika beberapa taman kota ini ada yang mendapatkan penghargaan sebagai salah satu taman kota terindah di dunia. Berikut ini ketujuh taman kota di Indonesia yang tak kalah cantik dari luar negeri.

1. Taman Bungkul, Surabaya – Taman Kota Paling Top Se-Asia

Warga Indonesia atau warga Surabaya khususnya patut untuk berbangga diri karena memiliki satu taman kota yang diakui keindahannya di mata dunia. Adalah Taman Kota Bungkul yang menyabet gelar sebagai “The 2013 Asian Townscape Sector Award” atau taman terbaik se-Aia dari PBB. Lantas apa yang membuat taman ini menjadi yang terbaik?

Foto via kotawisataindonesia.com
Foto via kotawisataindonesia.com

Taman Bungkul ditata sedemikian rupa dengan banyak rumpun bunga, pepohonan yang rindang, sarana olahraga plus berbagai fasilitas penunjang rekreasi lainnya. Taman yang ada di Jalan Raya Darmo ini benar-banar di rawat dengan baik, salah satu bukti nyatanya dapat dilihat dari kebersihan taman. Tak nampak satu biji sampah pun di area taman yang membuatnya seolah-olah bukan taman di Indonesia. Taman ini memang sangat cocok untuk piknik atau sekedar bersantai dengan keluarga malah ada WiFi gratis pula di sana.

2. Taman Kota Batu, Batu – Full Aneka Mainan

Alun-alun Kota Batu atau disebut juga taman Kota Batu telah menjadi landmark baru pariwisata kota tersebut sejak dibuka kembali 4 tahun yang lalu setelah mengalami renovasi besar-besaran. Dengan wajah barunya, tampilan taman kota ini semakin berseri dan menampakkan keanggunannya.

Foto via blog.ub.ac.id
Foto via blog.ub.ac.id

Alun-alun Kota Batu ini memiliki konsep yang sangat unik dan menjadi satu-satunya alun-alun di Indonesia yang memiliki Bianglala. Keunikan dari taman ini bisa dilihat dari adanya berbagai fasilitas seperti ruang informasi yang berbentuk buah stroberi serta toilet berbentuk apel. Tak hanya itu saja, alun-alun kota Batu dilengkapi pula dengan sebuah playground untuk anak-anak. Jika mencari tempat rekreasi gratis yang menyenangkan langsung datang saja ke alun-alun Kota Batu.

3. Taman Juanda, Bandung – Tempat Wisata Alam di Bandung

Taman Juanda memiliki nama resmi Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda merupakan taman sekaligus kawasan konservasi terpadu antara alam sekunder dengan hutan tanaman. Taman ini terletak di Kampung Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyen, Bandung. Taman ini sangat luas meliputi kawasan Dagi Pakar hingga Maribaya seluas hampir 600 hektar.

Foto via Detik Travel
Foto via Detik Travel

Terdapat sekitar 2.500 jenis tanaman tumbuh di taman ini namun mayoritas pohon yang tumbuh di sana adalah pohon pinus. Lebatnya tanaman di Taman Juanda membuat udara di sana sangat sejuk bahkan para pengunjung bisa melihat aneka fauna liar seperti burung jalak, musang dan tupai di kawasan ini. Tidak seperti taman kota lainnya yang menggratiskan setiap pengunjung yang datang, untuk bisa menikmati keindahan taman ini para pengunjung dikenakan tarif masuk sebesar Rp. 11.000.

4. Taman Bukit Bougenville, Singkawang – Berbaur dengan Aneka Bunga Bougenville

Taman kota berikutnya disebut-sebut sebagai salah satu yang terindah di Indonesia. Di taman ini pengunjung bisa menikmati keindahan beraneka ragam bunga bougenville. Seperti mayoritas tanaman yang tumbuh di sana, taman ini bernama Taman Bukit Bougenville. Traveler yang sedang berada di Kalimantan tinggal datang ke Kota Singkawang untuk bercumbu dengan keindahan taman ini.

Foto via Pegi Pegi
Foto via Pegi Pegi

Taman Bukit Bougenville memiliki 46 spesies bunga bougenville sehingga membuat taman ini menjadi berwarna-warni. Meski demikian traveler juga bisa melihat tanaman lain seperti aglonema, antorium dan berbagai jenis anggrek. Selain keindahan bunga-bunganya, di Taman Bukit Bougenville terdapat kawasan hutan homogen yang dipenuhi pohon gaharu. Kawasan ini sangat sejuk sehingga disebut sebagai area super sejuk oleh para pengunjung.

5. Taman Kota Pecangakan, Bali – Ada Patung Tokoh Mahabarata

Jika sedang jalan-jalan ke Bali, selain menikmati pantai-pantainya yang eksotis tidak ada salahnya untuk mempir ke Taman Kota Pecangakan yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Negara, Jembrana, Bali. Taman ini terkenal sebagai salah satu taman terindah di Indonesia lho. Yang membuat unik dari taman ini adalah adanya kolam air mancur serta patung-patung tokoh Mahabarata di sekitar taman.

Foto via Pegi Pegi
Foto via Pegi Pegi

Taman Kota Pecangakan sebenarnya merupakan taman kota yang berada di sekitar area perkantoran. Di tengah taman terdapat kolam air mancur dengan patung Dewa Ruci di tengahnya. Dewa Ruci merupakan wujud lain dari Bima, salah satu anggota Pandawa. Selain patung Dewa Ruci, terdapat pula patung tokoh Mahabarata seperti Arjuna, Drupadi, Srikandi dan lain-lainnya. Taman yang disebut-sebut sebagai peninggalan Jepang ini menjadi alternatif tempat rekreasi bersama keluarga.

6. Taman Alam Lumbini, Brastagi – Taman dengan Replika Pagoda Shwedagon

Ingin bersantai menikmati taman kota yang asri namun dalam waktu yang bersamaan juga kepingin melihat dari dekat Pagoda Shwedagon di Yangoon, Myanmar? Itu bisa traveler lakukan sekaligus jika menyambangi Taman Alam Lumbini. Taman ini terletak di Desa Tongkoh, Kabupaten Karo. Taman ini sudah sangat terkenal tak hanya oleh wisatawan lokal saja namun telah menjadi tempat wisata favorit para bule juga.

Foto via Pegi Pegi
Foto via Pegi Pegi

Uniknya lagi di taman ini travaler bisa melihat replika Pagoda Shwedagon yang ada di Myanmar. Meski statusnya hanya replika pagoda ini juga menjadi pagoda termegah dan tertinggi di Indonesia lho. Di dekat pagoda ini terdapart taman super duper cantik dengan aneka bunga yang tertata rapi. Di belakang taman terdapat jembatan Titi Lumbini. Dari jembatan inilah pangunjung bisa melihat dengan jelas panorama hijau Taman Alam Lumbini.

7. Taman Kota Giri Menang, Lombok Barat – Bersantai di Taman Kota Lombok

Tak salah jika Lombok menjadi penantang serius pariwisata Bali. Selain pantai-pantainya yang tak kalah eksotis berbagai spot wisata lain yang juga keren banyak terdapat di sana. Salah satunya adalah tempat wisata gratisan Taman Kota Giri Menang yang kecantikannya tidak ada duanya.Taman yang berada di Kecamatan Gerung, Lombok Barat ini menempati lahan seluas 1,5 hektar.

Foto via lombokexploring.files.wordpress.com
Foto via lombokexploring.files.wordpress.com

Taman Kota Giri Menang menjadi salah satu landmark dan kebanggan Lombok Barat. KEcantikan taman ini bisa dilihat sepanjang waktu namun saat malam tiba cantiknya taman ini bisa berlipat ganda dengan paduan lampu warna-warni menghiasi taman. Di dalam Taman Kota ini terdapat Tugu Giri Menang yang berdiri dengan anggunnya.

Masalah fasilitas tak usah diragukan lagi, taman ini difasilitasi dengan berbagai perlengkapan seperti lapangan basket, tempat bermain anak, lapangan voli bahkan tempat wisata kuliner juga ada di sana. Orang yang datang ke taman ini dijamin tidak akan kelaparan.

Nah, sekarang percaya kan jika Indonesia juga memiliki taman kota yang sangat indah bahkan keindahannya tak kalah sama taman-taman kota di luar negeri. Makin bangga dong jadi warga Indonesia.

Advertisement
Tags
taman kota
Share