Mengenal Taman Hutan Raya Bukit Soeharto yang Kabarnya Jadi Kandidat Ibu Kota Baru Indonesia

Taman Hutan Raya Bukit Soeharto atau yang biasa dikenal dengan nama Bukit Soeharto belakangan menjadi perbincangan publik. Tentu saja hal ini tidak terlepas dari kunjungan Presiden Jokowi ke tempat wisata ini. Dikabarkan, Bukit Soeharto ini menjadi salah satu kandidat Ibu Kota Baru untuk Indonesia. Yuk mengenal lebih dalam mengenai bukit dengan nama mantan Presiden ini.

Alasan Bukit Soeharto jadi Kandidat Ibu Kota Baru

Kawasan Hutan Bukit Soeharto, via Instagram/instabpn
Kawasan Hutan Bukit Soeharto, via Instagram/instabpn

Bukan tanpa alasan Bukit Soeharto menjadi salah satu kandidat Ibu Kota Baru Indonesia. Bukit ini terdapat di Kecamatan Semboja, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Luasnya mencapai 100 ribu hektare. Tidak hanya luasanya saja, banyak keunggulan lain yang menjadikan Bukit Soeharto sebagai kandidat Ibu Kota.

Keunggulan yang ditawarkan Bukit Soeharto antara lain, tidak ada rawa, ketinggian permukaan laut rata-rata di atas 25 meter. Tidak ada pemukiman sehingga bisa menekan anggaran pembebasan lahan. Kemudian ada dua badara internasional (Balikpapan dan Samarinda) serta akan ada integrasi dengan Jl. Tol Balikpapan-Samarinda.

Bukit Soeharto Merupakan Taman Hutan Raya

Bukit Soeharto dari ketinggian, via Instagram/rachmadd.riyanto
Bukit Soeharto dari ketinggian, via Instagram/rachmadd.riyanto

Sebagai destinasi wisata, areal Bukit Soeharto merupakan Tahura atau Taman Hutan Raya, dahulunya memiliki nama Taman Wisata Alam Bukit Soeharto. Daya tarik utama wisata yang ditawarkan tempat ini adalah Pusat Reintroduksi dan Rehabilitasi Orangutan Wanariset Samboja dan Hutan Pendidikan Universitas Mulawarman.

Diselimuti Cerita Mistis yang Kental

Tersimpan danau yang cantik, via Instagram/yayandejavu_996
Tersimpan danau yang cantik, via Instagram/yayandejavu_996

Satu hal lagi terkait Bukit Soeharto, yakni tempat ini diselimuti dengan cerita mistis yang cukup kental. Konon, dahulu Taman Hutan Raya Bukit Soeharti ini merupakan lokasi pembuangan mayat dari penembakan misterius atau petrus pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Dan berbagai cerita mistis ini dipercaya warga setempat yang melewati jalur Balikpapan dan Samarinda.

Salah satu Kandidat Ibu Kota Baru Indonesia

Bukit Soeharto salah satu kandidat Ibu Kota baru, via Instagram/david_cassanova
Bukit Soeharto salah satu kandidat Ibu Kota baru, via Instagram/david_cassanova

Tidak hanya Bukit Soeharto saja yang menjadi kandidat Ibu Kota baru Indonesia, sejauh ini ada banyak wilayah lainnya. Ada Kalimantan Timur(Balikpapan, Samarinda, Penajem Paser Utara, dan Kutai Kartanegara), Kalimantan Tengah (Katingan, Palangka Raya, Gunung Mas), Sulawesi Barat (Mamuju), Kalimantan Selatan (belum jelas dimana lokasinya)

Juga jadi destinasi wisata, via Instagram/cocallysto
Juga jadi destinasi wisata, via Instagram/cocallysto

Wah, kalau Ibukota Indonesia benar-benar pindah, sudah terbayang ya bagaimana serunya? Menurut Teman Traveler, apakah Taman Hutan Bukit Soeharto ini adalah kandidat yang sempurna?

Tags
Bukit Soeharto Indonesia Taman Hutan Raya Bukit Soeharto Trend wisata di kalimantan timur
Share