Taman Ghanjaran di Trawas, Menunggu Buka jadi Seru Bareng Keluarga

Akhir 2018, warga Dusun Sukorame, Desa Ketanprame, di kawasan Trawas. Mojokerto menyambut berdirinya Taman Ghanjaran. Berada di pinggir jalan raya Mojokerto-Pandaan, wahana rekreasi anyar ini memanfaatkan lahan milik BUMDES setempat.

Tergolong baru, Taman Ghanjaran sangat mudah dijangkau dan ditemukan. Lantas apa saja hal menarik yang bisa Teman Traveler nikmati di sini? Yuk, simak ulasannya.

Tiket Masuk Gratis dan Parkir Murah

Ghanjaran sebagai taman hiburan rakyat (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Destinasi wisata di Mojokerto untuk keluarga ini tidak memiliki biaya tiket masuk. Teman Traveler cukup membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Area parkir kendaraan roda dua (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Area parkir di sini terpisah antara kendaraan roda dua dan empat sehingga membuat pengunjung lebih nyaman. Sayangnya, belum ada kanopi untuk berteduh di sekitar sini. Untungnya suasana pegunungan benar-benar terasa. Hawa sejuk seolah menjadi bonus tak ternilai ketika berada di sini.

Wahana Permainan Anak dan Kuliner

Wahanan permainan anak relatif sepi di siang (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Sebagai destinasi hiburan rakyat, Taman Ghanjaran mengusung konsep pasar malam dengan aneka jajanan dan permainan. Di sini Teman Traveler akan menemukan beragama wahana menarik seperti bianglala, komedi putar, rumah hantu, dan masih banyak lagi. Cocok jadi alternatif tempat menghabiskan waktu bersama keluarga.

Stan khusus makanan berat (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa jalan-jalan asyik sambil kulineran dan belanja aneka pernak-pernik di sini. Beragam makanan lezat bisa ditemukan, mulai dari jajanan ringan hingga makanan berat. Area makannya luas dan bersih, sangat cocok untuk ngabuburit dan buka bersama.

Taman Ghanjaran sendiri buka 24 jam, namun untuk wahana bermain dan dan area kulinernya hanya buka sore hingga malam. Teman Traveler sebaiknya perhitungkan waktu sebelum berkunjung ke sini.

Spot Foto Instagramable

Salah satu spot favorit berfoto (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Sebagai destinasi yang tercipta di era kekinian, tak mengherankan jika Taman Ghanjaran tawarkan sejumlah spot dengan panorama menarik. Area seluas kurang lebih dua hektar ini memiliki beberapa titik foto favorit.

Salah satunya di tangga melingkar dekat pintu masuk. Di sekitar sini Teman Traveler akan melihat tulisan Ganjaran berukuran besar serta tugu berbentuk piala emas raksasa. Sungguh unik dan menarik perhatian.

Replika piala emas berukuran raksasa (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Taman Ghanjaran sendiri merupakan hasil alih fungsi lahan persawahan menjadi destinasi wisata kekinian. Perubahan ini dilakukan demi meningkatkan pendapatan daerah serta memanfaatkan lahan secara maksimal.

Sejak diresmikan, antusiasme pengunjung cukup tinggi. Banyak pelancong datang dari dalam maupun luar kota. Selain merakyat, tempat ini dianggap menarik lantaran memiliki banyak spot instagramable.

Taman Luas dengan Pemandangan Hijau

Area untuk menyewa permainan anak (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Sebagai taman wisata, destinasi ini dilengkapi taman luas dan nyaman. Area utama biasa digunakan untuk penyewaan wahana anak seperti naik kuda. Sangat pas dijadikan alternatif tempat rekreasi untuk habiskan waktu bersama sanak famili.

Taman dilengkapi kursi memanjang di tengah panorama asri (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Berada di dataran tinggi, udara di sekitar Taman Ghanjaran cukup sejuk. Tumbuhan hijau tumbuh subur di sini. Di sekitar area utama terdapat beberapa gazebo bambu dan tempat duduk dikelilingi pucuk merah dan tumbuhan hijau lainnya. Tak hanya indah, suasana nyaman pun membuat pengunjung makin betah berlama – lama di sana.

Air mancur menghias detail taman (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Beberapa sudut taman juga dilengkapi air mancur minimalis, kian menambah kesejukan sekitar. Deretan palem di sisi kiri dan kanan juga tak cukup menarik perhatian. Gemericik air mancur serta semilir angin pegunungan di sini bisa jadi terapi terbaik untuk melepas penat.

Fasilitas Umum Memadai

Mushola luas dan bersih (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Selain beberapa wahana hiburan, taman ini juga memiliki toilet dan mushola. Lokasinya berada tak jauh dari stan makanan. Tak hanya bersih, namun juga luas dan nyaman digunakan. Untuk toilet, Teman Traveler cukup membayar tiket sebesar Rp2.000. Penjaganya pun ramah dan sopan.

Taman Ghanjaran adalah taman hiburan merakyat yang sangat direkomendasikan untuk disambangi sore hari. Apalagi jika Teman Traveler masih bingung mencari tempat ngabuburit. Aneka hidangan mantap di sini siap jadi pilihan menu berbuka yang oke. Bagaimana, mau coba menunggu buka di wisata Mojokerto ini?

Tags
Indonesia kontributor Mojokerto Travelingyuk wisata mojokerto
Share