Pilihan Taman di Jakarta Pusat yang Asyik untuk Liburan Tipis-tipis, Cocok untuk Ngabuburit

Pilihan taman di Jakarta Pusat yang asyik untuk liburan tipis-tipis berikut ini punya tampilan yang menarik. Sebagian ada yang baru selesai direvitalisasi dan dipercantik. Teman Traveler bisa ngabuburit hemat, nih. Penasaran rekomendasinya? Ini dia!

Taman Lapangan Banteng

Salah Satu Sudut Taman Banteng yang Instagenic via Instagram/jordyyohannes

Taman di Jakarta Pusat yang baru selesai direvitalisasi dan diresmikan pada 25 September 2018 lalu ini, jadi lebih asyik dipakai piknik. Teman Traveler bisa liburan tipis-tipis sambil menikmati air mancur menari, menggunakan amfiteater, dan membaca panel-panel berisi kutipan sejarah dari tokoh-tokoh besar Indonesia.

Taman Banteng Dilengkapi Ayunan Juga via Instagram/jeanny_nawd

Selain itu, lapangan ini juga identik dengan Monumen Pembebasan Irian Barat yang terlihat megah serta instagenic. Belum lagi ruang terbuka hijau di sini yang rimbun dengan banyak pohon. Lapangan Banteng seluas 5 hektar ini menjadi alternatif terbaik untuk warga ibu kota yang butuh ketenangan.

Taman Pandang Istana

Taman Pandang Istana via Instagram/ijoeel

Diresmikan sejak 2016 lalu, Taman Pandang Istana terhitung sebagai Taman di Jakarta Pusat yang baru. Ia khusus dibangun untuk mengakomodasi masyarakat yang ingin menyuarakan pendapatnya terhadap kinerja pemerintah. Taman ini berada di depan pintu barat laut Monas. Ia dihiasi dengan berbagai ornamen menarik.

Kerap Dijadikan Tempat Kumpul Komunitas via Instagram/travelawan

Saat berada di sini, Teman Traveler seperti tengah mengunjungi sebuah karya seni. Sebab, terdapat banyak mural, grafiti tokoh-tokoh Indonesia. Ia juga kerap menjadi venue bagi beberapa komunitas seni untuk unjuk gigi. Asyik!

Taman Semanggi

Sekalian Olahraga via Instagram/seekar02

Taman Semanggi terletak di Jln. Jend. Sudirman, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Luasnya mencapai 108.430 meter persegi. Di sini setidaknya terdapat 1.109 pohon dengan jenis-jenis berbeda. Mulai dari Jinjing, Flamboyan, Trembesi, dan beberapa lainnya.

Salah Satu Ruang Terbuka Hijau di Jakarta via Instagram/prasetyaningsih

Dulu, lahan yang dijadikan Taman Semanggi saat ini merupakan SPBU. Baru pada 2014 lalu, oleh Gubernur DKI Jakarta yang menjabat kala itu, lahan dikembalikan fungsinya sebagai RTH. Teman Traveler bisa jalan-jalan sekaligus olahraga di sini.

Taman Proklamator

Monumen di Taman Proklamator via Instagram/jefriens

Taman Proklamator terkenal dengan keberadaan Tugu Proklamasi yang dibangun sejak beberapa tahun lalu. Di sini juga berdiri dua monumen berupa patung Soekarno-Hatta yang tampak berdiri berdampingan. Posisinya persis seperti ketika naskah proklamasi dibacakan.

Bisa Sekaligus Tahu Tentang Sejarah via Instagram/adelinatravelogue

Berkunjung ke sini, Teman Traveler bisa liburan tipis-tipis sekaligus belajar mengenai sejarah. Sebab, menurut sejarah, pada 1961 lalu, Ir. Soekarno melakukan pencangkulan pertama di lahan ini untuk pembangunan Tugu Petir. Menarik, kan? Liburan sekaligus kilas balik ke masa dulu.

Beberapa taman di Jakarta Pusat yang asyik buat liburan barusan, bukan cuma memiliki tampilan yang menarik. Salah satunya bahkan punya cerita sejarah. Ia bisa jadi alternatif singkat dan hemat untuk melepas penat selain ke mal. Kapan terakhir main di taman?

Tags
Indonesia Jakarta Jakarta Pusat taman di jakarta pusat yang asyik Wisata
Share