Taman Bungkul, Tempat Ngadem di Tengah Panasnya Kota Surabaya

Panasnya Surabaya yang bikin gerah memang bikin mood untuk jalan-jalan berkurang. Namun, Teman Traveler mungkin akan berpikir dua kali jika berkunjung ke tempat yang adem dan menyegarkan. Selain Ekowisata Mangrove Wonorejo, ada juga Taman Bungkul yang berada di tengah kota. Apa uniknya taman kota ini? Simak ulasan dari Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara berikut yuk!

Peraih Taman Terbaik Se-Asia Tahun 2013

Sudut taman wisata di tengah kota Surabaya (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk
Sudut taman wisata di tengah kota Surabaya (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Taman kota yang asri ini berada di Jalan Raya Darmo. Luasnya sekitar 900 meter yang telah diresmikan pada tahun 21 Maret 2007 lalu. Perkembangannya cukup pesat, tak heran jika Taman Bungkul mendapatkan penghargaan The 2013 Asian Townscape Award oleh PBB sebagai taman terbaik se-Asia pada tahun 2013 lalu. Bangga bukan?

Unik dengan Makam di Dalamnya

Wisata edukasi
Wisata edukasi yang pernah raih Taman Terbaik Se-Asia (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Di balik suasana sejuknya, di Taman Bungkul ternyata ada sebuah makam yang hingga kini masih ramai dikunjungi peziarah. Makam ini merupakan tempat peristirahatan terakhir Sunan Bungkul atau Mbah Bungkul, tokoh yang menyebarkan agama Islam di wilayah Surabaya dan sekitarnya. Teman Traveler berminat untuk berziarah juga?

Fasilitas di Taman Bungkul

Batu refleksi
Batu refleksi untuk masyarakat (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Pepohonan rimbun serta aneka tanaman bukanlah satu-satunya daya tarik dari taman kota ini. Ada banyak fasilitas yang pastinya memanjakan Teman Traveler. Ada area taman yang bisa dijadikan tempat melepas lelah. Di sudut lain ada arena skateboard yang biasanya ramai ketika sore hari. Fasilitas lain yang diberikan berupa WiFi gratis bisa diakses dan dimanfaatkan untuk keperluan positif tentunya. BMX track, jogging track, area green park dengan kolam air mancur, taman bermain anak-anak hingga pujasera juga ada loh. Pastinya bakalan nyaman ketika bersantai di taman ini.

Taman Bungkul
Taman Bungkul (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Teman Traveler yang mungkin peredaran darahnya kurang lancar, bisa mencoba refleksi gratis di taman ini. Ada bebatuan yang berjajar dan di susun agak lancip yang berfungsi melancarkan peredaran darah di kaki. Lokasi taman ini tidak hanya mudah dijangkau, tapi juga strategis dari warung makan. Usai bersantai, bisa lanjut kuliner enak di Surabaya. Setuju kan?

Buka 24 jam, taman wisata ini sangat cocok untuk Teman Traveler yang ingin ngadem dari panasnya Surabaya. Bisa santai dari pagi atau ngopi di malam hari di sini. Bagaimana, siap untuk berkunjung ke Taman Bungkul?

Tags
Indonesia Jawa Timur Surabaya Travelingyuk wisata surabaya
Share