6 Taman Bunga dengan Pemandangan Paling Spektakuler di Dunia

Selain kesejukan gunung dan cantiknya sunset di pantai, keindahan bunga menjadi salah satu objek yang banyak diburu para traveler. Tak pelak, lokasi-lokasi yang ditumbuhi aneka bunga berwarna-warni selalu ramai dikunjungi para pecinta alam. Selain bisa menyegarkan mata, taman bunga semacam ini juga cocok dijadikan tujuan para penggila fotografi.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak wisata alam yang menyuguhkan pesona bunga sebagai daya tarik utamanya, sebut saja Taman Bunga Nusantara di Cianjur, Orchid Garden di Bali, hingga Taman Wisata Selecta di Malang. Lalu bagaimana dengan taman bunga di negara lain? Yuk, berkeliling dunia dan menikmati pemandangan memukau dari beragam taman bunga berikut:

1. Kirstenbosch Botanical Garden, Afrika Selatan

Terletak di balik Table Mountain dan Dessert’s Peak, taman bunga yang satu ini termasuk dalam 50 kebun bunga terbaik di dunia versi Telegraph. Kirstenbosch Botanical Garden memiliki lebih dari 22 ribu spesies tumbuhan lengkap dengan rumah kaca untuk konservasi bunga dan juga aneka tanaman obat.

Kirstenbosch Botanical Garden [image source]
Kirstenbosch Botanical Garden [image source]
Kirstenbosch juga terkenal dengan pohon baobab-nya yang berbentuk unik menyerupai jamur raksasa. Di sini Anda juga akan menemui jalur terdekat untuk ke Table Mountain. Tak hanya itu, di musim panas, Kirsten Botanical Garden juga mengadakan pertunjukan musik yang ramai didatangi penonton.

2. Keukenhof Gardens, Belanda

Belanda memang identik dengan tulip. Dan salah satu lokasi terbaik untuk menikmati keindahan bunga satu ini adalah dengan mengunjungi Keukenhof Gardens.

Keukenhof Gardens [image source]
Keukenhof Gardens [image source]
Taman yang terletak di antara kota Hillegom dan Lisse ini ditanami lebih dari 7 juta tulip dan merupakan kebun bunga terbesar di dunia. Sayangnya, Keukenhof hanya dibuka setahun sekali yaitu pada akhir Maret hingga pertengahan Mei saat bunga tulip bermekaran.

3. The Butchart Gardens, Kanada

Tak seperti taman bunga lain yang dikelola oleh pemerintah, The Butchart Gardens dibuat oleh Jennie Butchart dan suaminya pada awal tahun 1900-an. Di awal tahun 1920-an, kebun bunga yang terletak di Brentwood Bay ini dikunjungi lebih dari 50 ribu orang dari berbagai belahan dunia.

The Butchart Gardens [image source]
The Butchart Gardens [image source]
Tak cuma bisa menikmati keindahan bunga, di lokasi ini juga ada koleksi burung serta patung perunggu yang menawan. Selain itu, di musim dingin atau musim-musim liburan, Anda bisa menonton hiburan musik di sini.

4. Dubai Miracle Garden, Uni Emirat Arab

Dengan lebih dari 45 juta bunga berwarna warni, pemandangan di dalam Dubai Miracle Garden sangatlah memukau bagaikan di negeri dongeng. Selain itu, penataan bunga yang dibentuk seperti bintang, piramida, dan aneka bentuk lainnya membuat Dubai Miracle Garden kian cantik.

Dubai Miracle Garden [image source]
Dubai Miracle Garden [image source]
Uniknya lagi, kebun bunga ini dibangun di atas gurun pasir dengan memanfaatkan metode daur ulang air. Namun, Dubai Miracle Garden terpaksa harus ditutup saat musim panas, karena tanaman ini sangat sulit tumbuh dalam kondisi suhu ekstrem.

5. Nong Nooch Tropical Botanical Garden, Thailand

Saat berkesempatan berlibur ke Thailand, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Nong Nooch Tropical Garden yang terletak di Pattaya. Di kebun ini Anda akan menemui bermacam-macam bunga khas Asia Tenggara.

Nong Nooch Tropical Botanical Garden [image source]
Nong Nooch Tropical Botanical Garden [image source]
Kebun bunga seluas 250 hektar lebih ini, dibagi menjadi beberapa taman tematik seperti Canna Garden, Butterfly Hill, Blue Garden dan Stonehenge Garden. Tak hanya itu, Nong Nooch juga menjadi rumah dari 650 spesies bunga anggrek dan menjadi tempat reservasi tanaman langka dari spesies cycad.

6. The Gardens of Versailles, Perancis

The Gardens of Versailles yang dibangun pada masa Louis XIV ini, didesain oleh Andre Le Notre dan menjadi salah satu taman bunga terbaik di dunia. Untuk membangun kebun yang menakjubkan ini, Le Notre membuat flower beds dari tanah yang dikikis, kemudian ditanami jenis bunga berbeda.

The Gardens of Versailles [image source]
The Gardens of Versailles [image source]
Tak hanya bisa berkeliling sambil menikmati keindahan bunga warna-warni di taman. Anda juga bisa melihat-liha bagian lain dari istana ini, seperti Grand Apartments, Hall of Mirror, Royal Opera, dan Marie Antoinette-Estate.

Hmm, kira-kira kapan ya, Indonesia punya taman bunga yang keindahannya tersohor di seluruh dunia?

Tags
Afrika Selatan Belanda bunga dubai istana versailles Kanada kebun bunga kebun bunga spektakuler perancis Thailand
Share