Taman Bunga Nusantara, Kembaran Selecta di Cianjur

Traveler pasti tahu dong Taman Bunga Selecta yang sukses mengubah wajah Kota Wisata Batu bak negara-negara indah di Eropa. Ternyata kabupaten Cianjur, Jawa Barat juga mempunyai taman bunga yang tidak kalah keren bernama Taman Bunga Nusantara. Berada di taman bunga seluas 23 hektare ini terasa seperti liburan di Eropa.

Taman Bunga Nusantara adalah taman bunga yang sangat luas di kabupaten Cianjur. Taman seluas 23 hektare ini terletak di Jalan Mariwati Km. 7, desa Kawungluwuk, kecamatan Sukaresmi. Taman ini dibangun di atas lahan yang berada dekat dengan Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor. Jadi udara di taman ini sudah pasti sejuk.

Taman Bunga Nusantara [image source]
Traveler Cianjur dan sekitarnya menjadikan Taman Bunga Nusantara sebagai destinasi wisata favorit untuk berakhir pekan termasuk warga DKI Jakarta yang bisa menjangkau taman ini dengan perjalanan sekitar 2 jam saja. Di dalam taman yang diresmikan oleh Tien Soeharto pada 10 September 1995 ini terdapat aneka jenis tanaman dan bunga yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Taman Bunga Nusantara

Salah satu koleksinya yang paling utama adalah bunga anggrek. Tercatat ada sekitar 2000 jenis anggrek yang dirawat di Taman Bunga Nusantara. Yang paling menarik adalah bunga-bunga di taman ini disusun menjadi beraneka bentuk binatang. Di pintu masuk pengunjung akan disambut kumpulan bunga berbentuk burung merak. Ada pula bunga-bunga yang dibentuk seperti dinosaurus. Itulah mengapa traveler betah berlama-lama di taman kece ini.

Taman Bunga Nusantara

Di Taman Bunga Nusantara pengunjung juga akan dihibur oleh Taman Labirin yang dindingnya berasal dari tanaman setinggi orang dewasa. Mereka ditantang untuk memecahkan teka-teki dan keluar dari jalan yang menyesatkan tersebut. Sebagai bantuan di dekat pintu masuk labirin terdapat menara pandang untuk mengarahkan mereka yang tersesat di dalam labirin.

Taman Bunga Nusantara

Tak cukup sampai di situ, Taman Bunga Nusantara juga mempunyai zona yang bermacam-macam ada Taman Paris, Taman Jepang, hingga Taman Bali. Semuanya mempunyai koleksi tanaman yang berasal dari daerah yang dijadikan nama serta masih banyak fasilitas menarik lainnya yang tidak akan cukup traveler jelajahi dalam waktu sebentar. Untuk tiket masuknya, setiap traveler yang berkunjung dikenakan biaya Rp. 30 ribu, cukup sepadan dengan apa yang di dapatkan di dalam taman kok.

Di dalam taman bunga yang cukup megah ini, kamu bisa melakukan cukup banyak kegiatan menarik. Pertama bagi anak-anak bisa digunakan untuk mengenal aneka flora yang indah. Bagi mereka yang hobi fotografi, taman ini adalah surga yang tidak bisa ditinggalkan. Bahkan, pasangan yang ingin melangsungkan sesi foto preweding, bisa dilakukan di sini.

Kalau kamu ingin datang ke sini, disarankan berangkat dari Bandung saja. Kamu bisa naik bus jurusan Bogor yang melalui Puncak di Leuwi Panjang dan turun di Pasar Cipanas. Dari ini kamu bisa menggunakan angkutan umum warna ungu tujuan Cipanas. Minta pada sopir untuk turun di Taman Bunga Nusantara, Cianjur.

Lokasi :  Jalan Mariwati KM. 7, Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat
Phone: (0263) 581617
Jam Buka : 08.00 WIB – 17.00 WIB

Tags
Cianjur Taman Bunga Nusantara
Share