Dari Tambang Menjadi Tempat Wisata, Taman Bukit Daun Tuban

Tidak sedikit destinasi wisata di Indonesia yang berasal dari lahan bekas tambang. Tapi kebanyakan masih memiliki bentuk aslinya. Di Tuban kamu dapat menemukan pemandangan berbeda. Taman Bukit Daun merupakan destinasi wisata di Tuban yang berasal dari lahan bekas tambang.

1. Bekas Tambang Kapur

Kawasan yang asri via viva.co.id

Sebelum menjadi destinasi wisata, tempat ini merupakan tambang kapur. Setelah pertambangan ini tidak aktif, lahan tersebut dirubah menjadi hutan hijau. Saat Ini Taman Bukit Daun menjadi wilayah arboretrum di ketinggian Kota Tuban. Lahan seluas 1.000 meter persegi tersebut saat ini menjadi ruang terbuka hijau.

2. Juga Memiliki Beberapa Spot Fotogenik

Kawasan hijau terbuka via bisnissurabaya.com

Layaknya tempat wisata kekinian, Taman Bukit Daun juga memiliki beberapa lokasi foto kekinian. Lokasinya yang berada di ketinggian membuat tempat ini memiliki pemandangan yang indah. Tempat ini dibuka mulai pukul 15.00-17.00 pada hari biasa. Di akhir pekan, tempat ini buka mulai jam 08.00-17.00.

3. Terdapat Berbagai Macam Tanaman Langka

Wisata yang berasal dari bekas tambang via instagram/hasaneos

Dalam lahan seluas 1.000 meter persegi ini, kamu dapat menemukan berbagai tanaman langka. Seperti kawista, damar, gaharu, ulin, duwet, bahkan kurma. Selain tanaman langka, pengunjung juga dapat menemukan tanaman-tanaman herbal. Karena itu tak jarang tempat ini juga menjadi tempat riset dan wisata edukasi.

4. Juga menjadi Habitat untuk Varietas Burung

Pengunjung sedang berjalanan di kawasan Bukit Daun via lifestyle.okezone.com

Selain memiliki berbagai macam tanaman langka, tempat ini juga menjadi habitat untuk berbagai spesies burung endemik. Beberapa di antaranya adalah prenjak padi (Prinia inornata), tekukur (Streptopelia chinensis), cucak kutilang (Pyicnonotus aurigaster), cipoh kacat (Aegithina tiphia), dan takur ungkut-ungkut (Megalaima haemacephala).

Di Indonesia, menemukan wisata bekas tambang bukanlah hal yang susah. Namun kebanyakan masih memiliki bentuk aslinya. Berbeda dengan yang dapat kamu temukan di Taman Bukit Daun. Bekas tambang yang menjadi ruang hijau dengan berbagai fasilitas.

Tags
Indonesia Jawa Timur Tuban\ Wisata
Share