Talaga Bodas Garut, Danau Indah di Puncak Gunung

Pesona alam Garut memang tak ada habisnya. Salah satu yang lumayan jarang diekspos adalah Gunung Talaga Bodas. Namun jangan salah, meski tak sepopuler Papandayan atau Guntur, gunung ini tawarkan pemandangan tak kalah keren. Tak percaya? Yuk, simak ulasan saya.

Kawah Putih ala Garut

Pemandangan di Telaga Bodas (c) Listya Dara Sunda Prabawa/Travelingyuk

Talaga Bodas merupakan sebuah gunung api tua. Menurut bahasa setempat, nama tempat ini berarti telaga putih. Tak salah memang, karena di bagian puncaknya terdapat sebuah danau dengan air yang nampak berwarna putih. Hampir mirip dengan objek wisata Bandung yang sangat populer yaitu Kawah Putih Ciwidey.

Bagi beberapa orang, bau belerang di Talaga Bodas mungkin sedikit lebih menyengat dibandingkan Kawah Putih. Oleh karena itu sebaiknya kalian membawa masker jika berkunjung ke sini.

Talaga Bodas (c) Listya Dara Sunda Prabawa/Travelingyuk

Terlepas dari itu, pemandangan di sekitarnya sangat indah kok. Dari kejauhan Teman Traveler bisa melihat kepulan asap yang tampak eksotis. Selain itu, air di sekitar telaga ini cenderung hangat.

Rute Menuju Telaga

Pemandangan perkebunan di perjalanan menuju telaga (c) Listya Dara Sunda Prabawa/Travelingyuk

Rute menuju telaga cantik ini tak terlalu membingungkan karena tidak ada banyak percabangan. Teman Traveler sebaiknya mempersiapkan kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum yang melayani perjalanan ke sini.

Tempatnya sih menurut saya mudah ditemukan. Dari Alun-Alun Wanaraja, Teman Traveler tinggal belok ke arah telaga. Jaraknya kira-kira 11 kilometer dari titik keberangkatan. Jalan menuju sini relatif bagus meski sedikit menanjak. Namun begitu masuk 2,5 kilometer terakhir, harap ekstra hati-hati karena jalanan mulai rusak dan berbatu.

Gunung Sadahurip (c) Listya Dara Sunda Prabawa/Travelingyuk

Pemandangan yang tersaji sepanjang jalan sangat indah. Teman Traveler bisa melihat deretan tempat pembuatan batu bata, kebun berbagai jenis sayuran, serta sejumlah eretan pepohonan rindang. Kalian juga bisa melihat eloknya Garut dari ketinggian.

Begitu sampai di selatan Talaga Bodas, Teman Traveler bisa melihat gagahnya Gunung Sadahurip. Gunung api tua ini sempat menggegerkan banyak orang beberapa tahun belakangan karena bentuknya mirip piramid.

Tiket Masuknya Murah

Tiket masuk menuju kawasan wisata (c) Listya Dara Sunda Prabawa/Travelingyuk

Tiket masuk ke Talaga Bodas cenderung murah dan sudah termasuk asuransi. Wisatawan lokal cukup membayar Rp7.000 untuk hari biasa dan Rp9.500 untuk hari libur. Sementara untuk wisatawan mancanegara, akan dikenalan biaya Rp105.000 pada hari biasa dan Rp155.000 di hari libur.

Jika Teman Traveler masuk rombongan mahasiswa atau pelajar, akan ada tarif khusus. Kalian hanya perlu bayar Rp5.000 per orang untuk hari biasa dan Rp6.5000 untuk hari libur.

Biaya parkir di sini juga cukup murah. Sepeda kayuh hanya ditarik Rp2.000 pada hari biasa dan Rp3.000 pada hari libur. Bagi penumpang kendaraan roda dua lain, wajib membayar Rp5.000 pada hari biasa atau Rp7.500 pada hari libur. Sementara bagi pemilik kendaraan roda empat, akan dikenakan tarif Rp10.000 atau Rp15.000, masing-masing untuk hari biasa dan libur.

Teman Traveler juga boleh berkemah di kawasan Talaga Bodas. Cukup bayar Rp7.500 per hari per orang. Ingin lakukan sesi foto pre-wedding? Cukup bayar Rp250.000 per hari.

Kolam Renang Pinggir Danau

Kolam renang pinggir danau (c) Listya Dara Sunda Prabawa/Travelingyuk

Telaga ini memiliki dua kolam renang kecil. Teman Traveler harus jalan ke sisi kanan danau untuk mencapainya. Di sini kalian bisa berendam di air yang mengandung belerang, bagus untuk mengobati beragam penyakit kulit.

Tak heran banyak orang yang sengaja datang jauh-jauh hanya untuk berendam di sini. Namun ingat, batas maksimal berendam adalah 15 menit. Lebih dari itu, sangat tidak disarankan dan juga kurang bagus untuk tubuh. Begitu selesai, kalian bisa langsung mandi dan ganti baju di ruangan di sebelah kolam.

Fasilitas Lain

Mushola di Talaga Bodas (c) Listya Dara Sunda Prabawa/Travelingyuk

Talaga Bodas sudah dilengkapi beberapa fasilitas pendukung seperti toilet di beberapa sudut. Teman Traveler juga akan menemukan mushola dekat kolam renang dan area parkir. Bagi yang suka foto-foto, tersedia beberapa spot khusus untuk berpose.

Ingin habiskan waktu lebih lama di sini? Bisa sewa guest house mungil yang berada sekitar 150 meter dari danau. Namun jika hanya sekedar ingin santai, bisa manfaatkan beberapa gazebo yang sudah disediakan.

Tempat untuk berfoto (c) Listya Dara Sunda Prabawa/Travelingyuk

Tak perlu bingung jika lapar. Destinasi cantik ini juga sudah dilengkapi beberapa warung yang sediakan aneka menu menarik.

Pilih Waktu yang Tepat

Area sekitar danau putih (c) Listya Dara Sunda Prabawa/Travelingyuk

Waktu paling cocok untuk berkunjung ke Talaga Bodas adalah pagi hari. Teman Traveler bisa datang sekitar pukul 09.00. Langit sekitar akan nampak bersih, terutama di musim kemarau. Selain itu pengunjung juga belum terlalu banyak sehingga kalian bisa lebih leluasa.

Sebaiknya Teman Traveler jangan datang saat musim hujan ya. Nanti kalian tak bakal bisa lakukan aktivitas apa pun selain berteduh. Selain itu, udara di atas sini bakal jadi sangat dingin.

Oh ya, sebaiknya Teman Traveler jangan lupa membawa jaket saat kunjungi Talaga Bodas karena udara sekitar sini cukup dingin. Terakhir, jangan lupa taati semua peraturan yang ada di destinasi wisata.

Tags
Garut kontributor Travelingyuk wisata garut
Share