Sensasi Naik Roller Coaster ‘Setengah Mati’ di Jepang

Advertisement

Bagi sebagian orang, wahana yang menarik adalah permainan dengan pacuan adrenalin. Seperti roller coaster misalnya. Semakin tinggi dan curam jalur roller coaster, pasti semakin menantang bagi para pecinta adrenalin. Terkadang, beberapa orang menganggapnya sebagai naik level. Tapi pernah mendengar seperti apa rollercoaster tercuram di dunia?

Tercuram di Dunia
Tercuram di Dunia [image source]
Namanya adalah Takabisha, sebuah wahana roller coaster yang ada Fuji-Q Highland, Yamanashi, Jepang. Memiliki titik tertinggi 43 meter dan sudut turunan hingga 121 derajat. Bahkan dalam satu putaran sepanjang 1.004 meter, Takabisha hanya memerlukan waktu selama 112 detik saja.

Lansekap Takabisha secara luas
Lansekap Takabisha secara luas [image source]
Setelah dibuka pada tahun 2011, wahana ini langsung menyandang predikat sebagai roller coaster tercuram di dunia oleh Guiness Book of World Record. Dengan sudut turunan sebesar ini, Takabisha otomastis mengalahkan pemegang rekor sebelumnya. Le Timber Drop, Perancis, yang memiliki sudut turunan hingga 113,1 derajat.

turunan yang mencapa 121 derajat
turunan yang mencapa 121 derajat [image source]
Dengan tingkat kecuraman tersebut, Takabisha memiliki kualifikasi tertentu untuk penumpanganya. Minimal memiliki ketinggian minimal 130 cm dan berumur 10-60 tahun. Hanya terdapat 8 tempat duduk dalam satu rangkaian. Itupun terbagi dalam dua posisi, yaitu depan dan belakang. Delapan penumpang tersebut akan merasakan bagaimana diputar balikan dalam kecepatan 100 km/jam melewati tikungan dan tanjakan.

Tikungan-tikungan di Takabisha
Tikungan-tikungan di Takabisha [image source]
Roller coaster dengan tipe euro fighter yang dibuat pleh perusahaan bernama Gerstlauer ini menghabiskan dana hingga $ 37 juta untuk pembuatan wahana ini. Sedangkan harga tiket wahana ini seharga Rp 123.000 rupiah. Bagaimana? Tertarik dengan wahana Adrenalin? Coba deh naik Takabisha ini.

Advertisement
Tags
Share