Tahu Pojok Magelang, Kuliner Legendaris Langganan Salah Satu Presiden RI yang Tetap Eksis

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia
Tahu Pojok Magelang Tahu Pojok Magelang

Teman Traveler yang berasal dari Magelang, mestilah khatam betul dengan kuliner legendaris yang satu ini. Ia sederhana, tetapi citarasanya diminati oleh banyak orang. Salah satunya adalah mantan Presiden Republik Indonesia. Bahkan, beliau menjadi pelanggan setia lho. Penasaran seperti apa nikmatnya, dan siapa orang istimewa yang menjadi langganan di tempat makan ini? Simak sampai habis ya. Ini dia, Tahu Pojok Magelang yang legendaris!

1. Kiso Sudah Buka Sejak 1942

Dibuka Sejak 1942
Dibuka Sejak 1942 via Instagram/sinyo_carana

Tahu Pojok Magelang, bisa Teman Traveler jajal citarasanya dengan berkunjung ke sekitar Jln. Tentara Pelajar, Magelang. Tidak terlalu jauh dari Alun-alun Magelang. Di sini, terdapat kios sederhana yang sudah mulai menjajakan dagangannya sejak sebelum Indonesia merdeka, tepatnya 1942. Legendaris ya. Tidak heran jika ia menjadi jujugan banyak tokoh-tokoh penting negeri ini, mulai dari artis hingga politikus.

2. Mulanya Dijual Menggunakan Gerobak Keliling

Sebelum Terkenal, Dijual dengan Gerobak Keliling
Sebelum Terkenal, Dijual dengan Gerobak Keliling via Instagram/daphe02

Untuk sebuah kesuksesan, mau tidak mau seseorang harus berurusan dengan perjuangan. Pun dengan pemilik kios kupat tahu legendaris ini. Pada masa awal-awal kemerdekaan, hingga tahun 50-an, Kupat Tahu yang dijual kios ini dijajakan berkeliling menggunakan gerobak di sekitar Alun-alun Magelang. Perjalanan panjang, mengantarkan kuliner ini sampai pada posisinya yang sekarang. Dari sesuatu yang legendaris, pasti ada sesuatu yang bisa kita ambil pelajaran. Setuju, kan?

3. Menyajikan Menu Kupat Tahu dengan Bumbu Legendaris

Setiap Sendoknya Nikmat Terasa
Setiap Sendoknya Nikmat Terasa via Instagram/jogjafoodsociety

Menu utama yang dijual di kios Tahu Pojok Magelang adalah Kupat Tahu. Dalam seporsi Kupat Tahu yang dijual di sini, Teman Traveler akan mendapat sepiring ketupat yang pulen dicampur dengan irisan tahu, kol dan tauge yang disiram dengan saus kacang encer yang manis dan gurih.

Tahu Pojok Magelang
Tahu Pojok Magelang (c) Travelingyuk/Asnan Affandi

Selain itu, di sini Teman Traveler juga memilih aneka gorengan, kerupuk dan rempeyek. Untuk minumnya, tersedia es dawet, es cincau dan wedang ronde. Lengkap!

4. Kuliner Langganan Pak SBY Sejak 20 Tahun Lalu

Langganan SBY Sejak 20 Tahun Lalu
Langganan SBY Sejak 20 Tahun Lalu via Instagram/aniyudhoyono

Tahu Pojok Magelang yang legendaris ini, ternyata merupakan langganan mantan Presiden Republik Indonesia ke 6, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono sejak 20 tahun lalu. Ini terlihat dari postingan di media sosial milik Ibu Ani Yudhoyono. Tidak heran ya, karena kelezatan rasanya memang sudah teruji lama, dari resep turun-temurun.

Selesai jalan-jalan di sekitar Magelang, mengunjungi Kebun Bibit Senopati dan Bukit Grenden saatnya mengisi perut dengan kupat tahu di kios legendaris ini. Gimana? Sudah penasaran dengan rasa kuliner kegemaran mantan Presiden Republik Indonesia ke 6? Jangan tunggu lama! Yuk segera! Selamat makan dan ketagihan!