4 Tahu Kuah Jahe di Indonesia yang Serupa tapi Beda Nama

Advertisement

Tak dapat dipungkiri jika banyak kuliner Indonesia yang merupakan campuran dari makanan khas Tiongkok. Hal ini tidak lain karena kedatangan orang Cina di jaman dulu sebagai pedagang di tanah air. Salah satu makanan tersebut adalah puding kedelai atau tahu yang disajikan bersama kuah jahe. Menariknya, tahu kuah jahe ini dikenal dengan nama berbeda di setiap daerah. Seperti di bawah ini.

1. Kembang Tahu

Kembang Tahu Bandung
Kembang Tahu Bandung via instagram/@ombuncittt

Ketika berkunjung ke Jawa bagian barat, kamu bakalan mudah menemukan tahu berkuah jahe. Minuman ini biasa dijual oleh pedagang kaki lima. Ada yang menggunakan sepeda, dipikul, dan beberapa di antaranya membuka tenda dengan modal gerobak di bagian depannya. Namanya dikenal Kembang Tahu. Sajian tersebut dihidangkan di atas mangkuk dan beberapa menggunakan kacang tanah.

Kembang Tahu Jakarta
Kembang Tahu Jakarta via instagram/@thierry.spdy

2. Tahok

Tahok Solo
Tahok Solo via instagram/@carikulinersolo

Liburan ke Solo, kamu mungkin bakalan susah menemukan kembang tahu. Pasalnya, nama tahu berkuah jahe ini bernama tahok. Salah satunya dijual di Pasar Gede Solo yang merupakan daerah pecinan. Kedai yang bernama Tahok Kretek Gantung Pak Wagiman ini termasuk legendaris di kota Surakarta. Soal rasanya, tak perlu diragukan lagi. Teksturnya tahunya lembut, sangat pas dengan kuah jahe hangatnya.

Tahok Pak Wagiman
Tahok Pak Wagiman via instagram/@carikulinersolo

3. Wedang Tahu

Wedang Tahu Bu Sukardi
Wedang Tahu Bu Sukardi via instagram/@streetfoodstories

Jika di Solo ada Tahok, lainnya halnya dengan Jogja. Kuliner yang berisi tahu dengan tambahan air jahe ini bernama wedang tahu. Cara pembuatannya juga sama persis, begitu pula dengan bahan yang digunakan. Tempat yang terkenal dengan menu ini adalah Wedang Tahu Bu Sukardi. Saking terkenalnya, menu sarapan ini selalu ludes dalam waktu dua jam. Nah, lokasinya berada di Jalan Kranggan, Depan Gudeg Bu Djuminten.

Wedang Tahu Kranggan
Wedang Tahu Kranggan via instagram/@streetfoodstories

4. Tahwa

Tahwa di Malang
Tahwa di Malang via instagram/@bagong_barengan_njagong

Berbeda dengan lainnya, orang Jawa Timur-an juga memiliki nama sendiri untuk menu lezat satu ini. Hampir mirip dengan nama aslinya yaitu Tauhu, di Surabaya, Malang dan sekitarnya, wedang ini disebut tahwa. Sajian ini tidak hanya disajikan hangat, ada beberapa yang menyediakan tahwa dingin. Rasanya tetap nikmat, apalagi ditambah dengan kacang tanah. Salah satu yang terkenal adalah Tahwa Mas Agus di Malang.

Tahwa Mas Agus
Tahwa Mas Agus via instagram/@roedhisofyan

Nah, itulah nama-nama unik dari tahu kuah jahe di Indonesia. Tidak hanya memanjakan lidah, makanan ini juga memiliki banyak manfaat. Seperti menghangatkan tubuh dan juga menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Advertisement
Tags
Indonesia Jogja kuliner Jogja Yogyakarta
Share