Dampak Dari Tiket Pesawat Mahal, Sampai Munculkan Tagar #PecatBudiKarya

Tingginya harga tiket pesawat tak hanya membuat masyarakat kesusahan. Melambungnya harga tiket juga berpengaruh ke sejumlah perusahaan hingga menimbulkan kerugian lainnya. Bahkan beberapa waktu lalu, tagar #PecatBudiKarya sempat trend di Twitter. Berikut sejumlah dampak yang terjadi akibat naiknya harga tiket pesawat.

Trend Tagar #PecatBudiKarya

Tagar #PecatBudiKarya Trend di Twitter, via Instagram/budikaryas

Diberitakan oleh CNN, Tagar #PecatBudiKarya muncul sebagai reaksi setelah Menteri Perhubungan Budi Karya mengomentari pertanyaan wartawan mengenai kemungkinan akan diangkat kembali menjadi menteri jika Presiden Jokowi kembali memenangkan pilpres. Topik tersebut langsung berada di peringkat teratas Twitter selama 1,5 jam. Banyak dari netizen yang merasa keberatan karena tiket pesawat ke luar negeri lebih murah ketimbang harga dalam negeri.

Angkasa Pura I Kehilangan 3,5 Juta Penumpang

Suasana Bandara Soekarno Hatta, via Instagram/meowmy_dewi

PT Angkasa Pura I (AP I) mencatat telah kehilangan sebanyak 3,5 juta penumpang pada kuartal I 2019 dan kenaikan harga tiket pesawat menjadi salah satu faktor utamanya. Dilansir dari CNN, Direktur Pemasaran dan Pelayanan AP 1 Devy Suradji mengatakan ada 35 ribu jadwal penerbangan yang terpaksa tidak dilanjutkan selama tiga bulan pertama tahun ini. Beberapa ada yang sengaja dibatalkan dan slot tidak digunakan.

10 Juta Mobil Bakal Padati Jalur Mudik

Jalur mudik, via Instagram/cirebontrending

Harga tiket pesawat yang mahal membuat banyak orang memilih untuk mudik menggunakan mobil pribadi dan bus. Dikutip dari Detik, akibat mahalnya tiket pesawat, mobil pribadi yang digunakan pemudik bisa tembus 10 juta lebih pada saat musim mudik lebaran tahun 2019. Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan angka tersebut naik sekitar 16% dari tahun sebelumnya.

Kunjungan Wisatawan Menurun

Pulau Kenawa, via Instagram/like_ntb

Selain itu, dampaknya juga bepengaruh terhadap menurunnya jumlah wisatawan. Informasi yang didapat dari Detik, Menteri Pariwisaata Arief Yahya mengatakan penurunan mencapai angka 20-40 persen dengan rata-rata 30 persen. Itu merupakan penurunan ke sejumlah destinasi yang sedang naik daun. Arief juga menyampaikan bahwa kenaikan tiket pesawat ini terbilang tinggi karena mencapai angka 110 persen dari harga semula menjadi 210 persen yang berarti dua kali lipat lebih.

Kenaikan harga tiket pesawat banyak membuat masyarakat kesal dan kecewa hingga adanya trend tagar #PecatBudiKarya di Twitter. Semoga, harga tiket bisa kembali normal dan memberikan kelancaran di segi perkonomian hingga pariwisata. Setuju, kan?

Tags
#PecatBudiKarya Indonesia info terbaru Tiket Pesawat Mahal
Share