Surabaya North Quay, Nikmati Matahari Terbenam dan Indahnya Pelabuhan

Advertisement

Siapa yang tidak kenal dengan Tanjung Perak, sebuah pelabuhan besar yang dimiliki Kota Surabaya. Selain berfugsi sebagai pelabuhan barang dan penumpang, Tanjung Perak juga menjadi sebuah destinasi wisata yang bernama Surabaya North Quay. Lokasinya berada di lantai 3 gedung dermaga terminal penumpang yang bernama Gapura Surya Nusantara. Kalau kalian ingin tahu lebih banyak, simak ulasan di bawah ini.

1. Lokasi Wisata Menjadi Satu dengan Tanjung Perak

surabaya north quay
Antrean penumpang (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Membahas Surabaya North Quay memang tergolong unik, karena lokasinya menjadi satu dengan fasilitas umum berupa terminal penumpang pelabuhan Tanjung Perak. Jadi jangan heran kalau di dalam kita juga bisa melihat suasana loby pelabuhan yang sangat ramai dengan antrean penumpang.

surabaya north quay
Pemandangan lantai 2 (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Masuk ke area pelabuhan kita diharuskan membayar Rp5.000 untuk parkir kendaraan. Lalu setelah masuk ke bangunan gedung Gapura Surya Nusantara kita diharuskan membayar lagi sebesar Rp10.000 sebelum naik ke lantai 3.

Pemandangan unik yang akan kita lihat sebelum naik ke area Surabaya North Quay adalah antrean penumpang di lantai 2. Mereka sampai harus duduk-duduk bahkan membawa alas sendiri untuk tiduran di lantai, ini karena kursi ruang tunggu yang kurang memadai.

2. Melihat Kesibukan Dermaga Pelabuhan

surabaya north quay
Parkir di dermaga (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sampai di lantai 3, kalian bisa melakukan banyak hal. Kalian dapat bebas berfoto dan menikmati pemandangan sekitar pelabuhan Tanjung Perak. Kemudian, dari sana kalian juga bisa melihat suasana sibuknya pelabuhan yang sudah terlihat dari area parkir. Sedangkan di sisi barat pelabuhan, Teman Traveler bisa mendapati aktivitas bongkar muat kapal.

surabaya north quay
Kapal yang sedang bersandar (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sementara itu, kalau kita melihat langsung ke arah tepian dermaga dari teras utama Surabaya North Quay, kalian dapat melihat kapal-kapal laut besar yang bersandar untuk menaik-turunkan penumpang. Jika beruntung, kita juga bisa melihat saat-saat kapal laut menarik jangkar dan pergi perlahan memulai pelayaran.

3. Monumen Jalasveva Jayamahe Berdiri di Kejauhan

surabaya north quay
Monumen Jalasveva Jayamahe dari kejauhan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Masih dari teras lantai 3, di ujung timur kalian bisa melihat Monumen Jalasveva Jayamahe yang merupakan simbol gagahnya Angkatan Laut. Tak terlihat begitu jelas memang, namun ini menjadi salah satu pemandangan menarik di sini.

4. Tempat Menyenangkan di Lantai Atas Gedung Pelabuhan

Pemandangan di lantai atas (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di teras lantai 3 ini kita disediakan ruang outdoor yang sangat luas dengan beralaskan karpet rumput sintetis. Kalau di awal dibukanya dulu tempat ini masih penuh dengan tempat duduk. Namun sekarang tempat duduk tersebut dipindah ke sisi-sisi samping area teras. Jadi kita bisa leluasa memandang luasnya lautan dari area ini.

Area berfoto (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain bisa memandang luasnya lautan, di teras lantai 3 ini juga ada sebuah spot foto dengan tulisan Surabaya North Quay. Kalau ke tempat ini di hari libur, dipastikan banyak pengunjung yang antre karena ingin berfoto di spot ini.

Area tempat duduk (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain berfoto dan selfie bareng teman-teman, kalian juga bisa duduk santai di tepi teras menghadap ke lautan. Duduk di atas sini memang sangat menyenangkan, apa lagi dengan ditemani hembusan angin laut sore yang menyejukkan sambil melihat aktivitas pelabuhan di dermaga.

Area pujasera (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Untuk bagian indoor terdapat pujasera dengan berbagai macam menu di dalamnya. Menariknya, tiket masuk sebesar Rp10.000 tadi ternyata Rp4.000 merupakan voucher yang dapat ditukar makanan ke pujasera. Jadi, kalian tidak perlu khawatir mengeluarkan uang banyak untuk membeli jajanan.

5. Bisa Melihat Sunset Di Surabaya North Quay

Pemandangan sunset (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Surabaya North Quay memang bukan destinasi wisata pantai. Tapi kalau datang ke sini saat sore hari, kalian bisa mendapat pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Cukup nikmati dengan duduk atau berdiri di area teras.

6. Ada Sejarah Perkapalan Indonesia

Sejarah kapal di Indonesia (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di lantai 3 ini, kalian juga bisa melihat foto-foto tentang perjalanan panjang armada kelautan di Indonesia. Dimulai dari pembangunan sampai dengan semua rekam jejaknya. Ada pula disebutkan juga tentang kapal-kapal bersejarah seperti Pinisi yang juga diceritakan secara lengkap.

Untuk kalian yang ingin menjelajah Kota Surabaya, Surabaya North Quay bisa jadi pilihan wisata sore untuk melepas penat. Selain bisa bersantai kita juga bisa melihat sunset tanpa jauh-jauh pergi ke pantai. Yuk segera rencanakan untuk berlibur ke sini.

Advertisement
Tags
Jawa Timur Kontributor. Indonesia Surabaya surabaya north quay Wisata
Share