Seru dan Bikin Deg-degan, River Tubing Sungai Mencerit Lombok Timur

Aziz syafroni

Aziz syafroni

On Indonesia
Bertualang di Sungai Mencerit Bertualang di Sungai Mencerit

Lombok dikenal punya beragam pesona wisata menarik. Mulai dari deretan pantai indah, kuliner dengan cita rasa memanjakan, hingga belasan air terjun memikat. Namun bagi Teman Traveler yang hobi menguji adrenalin, Pulau Seribu Masjid juga punya Sungai Mencerit.

Teman Traveler bisa merasakan serunya melakukan river tubing melintasi Sungai Mencerit, sambil nikmati panorama indah Hutan Pringgasela. Seperti apa asyiknya? Yuk, simak bersama ulasan berikut.

Mendaftar Paket River Tubing

Jbb Kantor River Tubing sungai mencerit pringgasela ( foto dokumentasi muhammad Fikri )
Rombongan bersiap melakukan river tubing (c) Muhammad Fikri/Travelingyuk

Teman Traveler harus membeli paket river tubing terlebih dahulu. Kalian bisa melakukannya di kantor penyedia jasa tour khusus, seperti yang terletak di Jalan Veteran no 4, Pringgasela, Lombok Timur ini. Hanya butuh perjalanan kira-kira 30 menit untuk menempuhnya dari Bandara Internasional Lombok.

Satu paket river tubing biasanya diharga Rp175.000. Teman Traveler akan mendapatkan fasilitas berupa peralatan, dokumentasi foto, makan, dan snack. Harganya bisa dikondisikan jika Teman Traveler hanya ingin sekedar bermain air tanpa melakukan aktivitas ekstrem. Bagi wisatawan asing, tempat ini juga menyediakan jasa penerjemah.

Perjalanan Menuju Sungai Mencerit

Perjalanan menuju sungai (c) Muhammad Fikri/Travelingyuk

Begitu selesai membeli tiket dan memakai perlengkapan, Teman Traveler akan diangkut menggunakan mobil bak terbuka untuk menuju Sungai Mencerit. Perjalanan ini akan memakan waktu kurang lebih 10 menit. Kalian bakal melintasi kawasan pedesaan dengan jalanan sempit dan sedikit becek. Pastinya sangat seru.

Petualangan Dimulai

Suasana air river tubing sungai mencerit ( foto wa dari muhammad fikri
Menikmati aliran Sungai Mencerit (c) Muhammad Fikri/Travelingyuk

Begitu sampai di lokasi, peserta akan diminta turun satu-persatu. Perlengkapan seperti helm, pelampung, dan lainnya harus dipasang dengan baik. Selama river tubing, Teman Traveler akan menaiki ban sebagai pelampung, sembari bergerak mengikuti aliran sungai.

Perjalanan akan terasa lambat di awal karena arus sungai masih belum terlalu deras. Selama itu Teman Traveler bisa santai sejenak sambil menikmati pemandangan hijau sekitar sungai. Berswafoto atau mengabadikan panorama sekitar juga boleh.

Perjalanan Mulai Menantang

Sumber : ( foto yang di kirim oleh muhammad fikri
Menikmati derasnya aliran sungai (c) Muhammad Fikri/Travelingyuk

Tantangan bakal mulai terasa ketika Teman Traveler melewati sungai dengan aliran deras. Kalian bakal melalui deretan bebatuan besar dan terowongan kecil. Jangan lupa jaga keseimbangan agar tidak terjatuh. Perjalanan hingga garis finish akan memakan waktu kurang lebih satu jam. Lumayan lama, tapi seru!

Jembatan Sungai dan Hutan Pringgasela

Jembatan sungai (c) Muhammad Fikri/Travelingyuk

Setelah melewati semua rintangan tersebut, Teman Traveler akan sampai di Jembatan Sungai Mencerit. Di sini kalian bisa berhenti sejenak, mengabadikan panorama sekitar atau foto bersama. Berikutnya, para peserta akan diminta menggotong ban masing-masing dan menelusuri Hutan Pringgasela sembari menunggu jemputan.

Menjelajah hutan sambil membawa ban (c) Muhammad Fikri/Travelingyuk

Kembali ke Lokasi Pendaftaran

Perjalanan pulang (c) Muhammad Fikri/Travelingyuk

Begitu jemputan tiba, saatnya kembali ke lokasi awal. Tapi Teman Traveler harus sabar karena jalan yang dilalui belum terlalu halus dan sempit. Meski demikian, dijamin kalian akan mendapat sederet pengalaman seru dan menyenangkan.

Bagaimana Teman Traveler, menarik bukan? Semoga River Tubing Sungai Mencerit bisa jadi alternatif bagi kalian yang tengah mencari lokasi wisata menarik di sekitar Lombok.