Uniknya Sumur Bertingkat di India, Sampai Ada yang Punya 13 Tingkat

India punya destinasi wisata unik yaitu bekas sumur tradisional yang kini sudah tidak dipakai lagi. Sumur di India tersebut dibuat bertingkat bahkan ada yang bentuknya layaknya istana kecil. Masing-masing mempunyai cerita menarik di baliknya. Mau tahu lebih lanjut? Yuk, disimak ulasan berikut.

Adalaj Ni Vav, Gujarat

Adalaj Ni Vav, Gujarat via Instagram @rodeo_biker
Adalaj Ni Vav, Gujarat via Instagram @rodeo_biker

Adalaj Ni Nav merupakan sumur bertingkat di India dibuat pada abad ke-15. Ada cerita tragis di balik pembuatan sumur ini. Sumur ini merupakan hasil dari syarat agar musuh kerajaan setempat dapat menikahi sang ratu, setelah rajanya dibunuh musuh. Setelah jadi, sang ratu pun terjun ke dalam sumur sehingga meninggal.

Adalaj Ni Nav yang bertingkat 5, berlokasi di Adalaj, negara bagian Gujarat. Dapat ditempuh dari Ahmedabad, kota terbesar di Gujarat, selama kurang lebih 30 menit berkendara. Pelancong tidak dikenakan biaya jika berkunjung ke sumur unik ini.

Agrasen Ki Baoli, Delhi

Agrasen Ki Baoli, Delhi via Instagram @i_shahbaz_khan
Agrasen Ki Baoli, Delhi via Instagram @i_shahbaz_khan

Sumur bertingkat di India selanjutnya adalah Agrasen Ki Baoli, dengan panjang sekitar 60 meter dan lebar kira-kira 15 meter. Wisata India ini dibangun pada abad ke-14, kemudian diperbaiki ketika abad ke-15. Agrasen Ki Baoli dilengkapi dengan koridor-koridor dan sekitar 103 anak tangga. Pelancong bisa berjalan menyusurinya.

Sumur ini terkenal berhantu akibat beberapa kasus kematian di sini. Namun, semuanya berubah ketika menjadi lokasi syuting film PK yang dibintangi Aamir Khan. Wisata gratis ini berada di New Delhi, dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dari pusat kota selama sekitar 10 menit.

Chand Baori, Rajasthan

Chand Baori, Rajasthan via Instagram @dav1dambriz
Chand Baori, Rajasthan via Instagram @dav1dambriz

Rajasthan, salah satu negara bagian di India ini pun punya sumur bertingkat, bernama Chand Baori. Didirikan sekitar abad ke-8 dan ke-9, dengan 13 tingkat. Sumur ini pun dilengkapi 3.500an anak tangga. Konon, dibangun oleh jin dalam semalam. Uniknya, setiap orang tidak bisa menginjakkan kaki pada anak tangga yang sama ketika naik-turun.

Chand Baori berlokasi di Distrik Dausa. Teman Traveler yang mau singgah ke sini, bisa naik taksi atau bus dari Jaipur, ibu kota Rajasthan. Perjalanan memang memakan waktu tidak sedikit, sekitar 2 jam.

Raniji Ki Baori, Rajasthan

Rani Ji Ki Baori, Rajasthan via Instagram @mfddclick
Rani Ji Ki Baori, Rajasthan via Instagram @mfddclick

Raniji Ki Baori merupakan sumur bertingkat di India, konon namanya diambil dari sang ratu yang membangunnya. Dahulu sang ratu yang merupakan istri kedua, diasingkan dari kerajaan setelah melahirkan penerus takhta. Beliau kemudian mendedikasikan diri membangun sumur bagi rakyat.

Raniji Ki Baori punya kedalaman bangunan kurang lebih 45 meter, dilengkapi ukiran-ukiran indah. Sumur ini berlokasi di Bundi, negara bagian Rajasthan. Dapat dicapai dengan kendaraan bermotor dari pusat kotanya, selama kurang lebih 10 menit perjalanan. Tidak ada biaya untuk tiket masuk ke sini.

Itulah beberapa sumur bertingkat di India yang bisa Teman Traveler kunjungi. Kalau menyusuri bangunannya, terasa seperti berada di miniatur istana. Bagaimana tertarik untuk berkunjung ke wisata India unik ini?

Tags
India Luar negeri Sumur Bertingkat Wisata
Share