Bermain Bersama Ikan Hias di Sumber Wuluh Mojokerto

Advertisement

Untuk urusan pariwisata, Kabupaten Mojokerto di Jawa Timur tidak kalah menarik dengan daerah lainnya. Salah satu destinasi yang harus kalian kunjungi adalah Kolam Ikan Sumber Wuluh. Apa sih keistimewaannya sehingga banyak dikunjungi wisatawan? Berikut ulasannya!

Lokasi dan Rute Menuju Tempat Wisata

dsc01770_01_DcE.jpeg
Ada gazebo dan makam (c) Tikka Dessy Harsanti/Travelingyuk

Kolam ikan yang satu ini terletak di Dusun Sidorejo, Kelurahan Wonosari, Kecamatan Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur. Dari pusat kota jaraknya sekitar 33 kilometer. Akses jalannya cukup bagus dan mulus walaupun agak sempit untuk ukuran motor.

Untuk pergi tempat wisata ini, Teman Traveler bisa bergerak ke arah Kecamatan Ngoro via Jalan Raya Gempol-Mojokerto. Sesampainya di Makam Islam Ngoro, ikutilah jalan lurus sampai ke SDN Wonosari. Dari sekolah, kalian bisa belok ke kiri, lalu ikuti jalan hingga sampai ke kolam.

Banyaknya Ikan jadi Daya Tarik Utama

dsc01814_01_iFV.jpeg
Bisa bermain bersama ikan! (c) Tikka Dessy Harsanti/Travelingyuk

Di  Sumber Wuluh, pengunjung akan merasakan suasana wisata dengan sensasi dikelilingi ikan hias yang cantik dan berwarna-warni. Pengunjung bisa memberi makan ikan secara langsung dengan hanya membeli pelet pakan ikan seharga Rp2.000 per bungkus.

Dengan suasana alam yang tenang dan asri plus melihat sumber air yang bening menjadikan pengujung betah berlama-lama di lokasi ini. Uniknya, Sumber Wuluh menjadi tempat dilaksanakannya tradisi turun-temurun yang dipertahankan hingga kini, yakni bedah sumber wuluh. Di sini, warga diharuskan berlomba-lomba menangkap ikan berukuran besar.

dsc01778_01_IGX.jpeg
Memberi makan ikan (c) Tikka Dessy Harsanti/Travelingyuk

Tapi, menangkapnya hanya boleh menggunakan tangan, bukan alat apapun. Tradisi ini dilakukan setiap setahun sekali sebagai bentuk syukur atas mata air yang tak pernah habis. Pengunjung hanya boleh memberi makan ikan, namun tidak boleh menangkap dan membawanya pulang.

Di lokasi wisata ini, tepatnya di dekat sumber terdapat pesarean atau makam Mbah Singo Ludroh, tokoh desa yang sangat dihormati. Selain itu, terdapat pohon besar dan rindang. Keberadannya memberikan suasana yang sejuk dan tenang.

Aneka Fasilitas Yang Masih Dibangun

dsc01765_01_Nzr.jpeg
Pelet (c) Tikka Dessy Harsanti/Travelingyuk

Karena destinasi wisata ini masih baru berkembang, fasilitas yang dimiliki masih belum lengkap. Namun jangan khawatir! Sudah tersedia toilet, tempat sampah, dan warung yang menjual aneka camilan favorit. Area parkirnya juga cukup luas.

Ada pula pendopo yang disediakan sebagai tempat beristirahat pengunjung. Wisata ini masih belum dikenakan tiket masuk, hanya cukup membayar biaya parkir saja. Kalau mau memberi makan ikan, cukup beli peletnya seharga Rp3.000. Murah, kan?

Itu tadi ulasan tentang Sumber Wuluh. Jika ingin berwisata murah meriah sambil menikmati pemandangan alam bersama ikan-ikan, datanglah ke Mojokerto!

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur kontributor Mojokerto sumber wuluh Travelingyuk Wisata
Share