Sumber Maron, Serunya Susur Sungai di Sudut Kabupaten Malang

Bermain air tak hanya bisa dinikmati di theme park. Namun bisa juga di perairan alami yang bernama Sumber Maron. Bertempat di Desa Pagelaran, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, wisata satu ini banyak menawarkan atraksi seru bai pengunjungnya. Kalau kalian penasaran dengan tempat wisata satu ini, bisa simak ulasan berikut.

1. Persawahan Hijau Mengelilingi Area Sumber Maron

sumber maron
Lahan persawahan di sekitar wisata (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Lokasi wisata yang terletak di Kecamatan Gondanglegi ini merupakan salah satu daerah yang masih banyak memiliki lahan persawahan. Maka jangan heran kalau sumber air ini pun berada di tengah lahan persawahan warga sekitar. Awalnya sumber air ini hanya dijadikan tempat pemandian warga dan juga dialirkan untuk mengairi persawahan, tapi lama-lama banyak orang luar kota yang datang untuk berwisata di area ini.

sumber maron
Jembatan di sekitar wisata (c) Welly Handoko/Travelingyuk

2. Tersedia Persewaan Ban

sumber maron
Persewaan ban (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Salah satu hal wajib yang perlu dilakukan di tempat ini adalah menyewa ban. Ini dikarenakan ban bisa digunakan pengunjung untuk bermain air dari hulu ke hilir. Ban ini disewakan dengan harga rata-rata Rp5.000 dan bisa dipakai sepuasnya.

3. Bermain Mengikuti Arus Deras Aliran Sungai

sumber maron
Pengunjung menggunakan ban untuk bersenang-senang (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Setelah ban sudah ditangan, maka waktunya kita menyusuri sungai ke arah hulu sungai. Akan lebih seru kalau kita melakukannya ramai-ramai bersama teman atau anggota keluarga lain.

Pemandangan sumber mata air (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Walaupun tidak dalam, sungai di sepanjang aliran mata air ini cukup menantang dengan arusnya yang lumayan deras. Kita bisa dibuat berputar-putar bahkan terbalik kalau hilang keseimbangan. Tapi jangan khawatir, ada banyak sekali penjaga yang bersiap membantu kita di sepanjang aliran sungai ini.

Area sekitar (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Untuk Teman Traveler yang enggan bermain air, kalian bisa duduk-duduk di bebatuan yang terdapat tepat di sisi jembatan penghubung di dalam area wisata. Kebanyakan Ibu-Ibu duduk di area tengah aliran sungai ini karena ingin sekadar menikmati suasana.

4. Ada Area Khusus Anak-Anak

Area khusus anak-anak (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di sisi atas aliran sungai utama Sumber Maron juga terdapat sebuah aliran sungai yang tidak begitu deras dan sangat dangkal. Area ini dikhususkan untuk anak-anak atau kalian yang tidak berani bermain di arus sungai yang deras.

Bermain di area anak-anak (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Ada satu keunggulan di aliran air khusus anak-anak ini, yaitu pemandangannya sangat indah karena di salah satu sisinya langsung berbatasan dengan area persawahan warga. Mandi di tempat ini sambil memandang area persawahan yang cantik dengan teraseringnya.

5. Ramai Pengunjung Saat Masa Liburan

Pengunjung Sumber Maron (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Layaknya sebuah destinasi wisata, Sumber Maron juga sangat ramai dikunjungi wisatawan saat hari libur. Wisatawan dari berbagai kota datang ke tempat ini. Selain keseruan dari wisata, banyak yang datang ke sini karena alasan murah meriah. Kebanyakan pendatang ke Sumber Maron ramai-ramai bersama anggota keluarga.

6. Tempat Makan Plus Penitipan Barang

Area tempat makan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Untuk sebuah objek wisata, Sumber Maron mempunyai beberapa fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung. Kalian bisa menemukan puluhan warung berjajar yang menjual berbagai pilihan makanan. Selain itu di tempat-tempat makan tersebut masing-masing juga menyediakan kamar mandi dan juga loker-loker penitipan barang yang pasti kita butuhkan saat kita tinggal bermain air.

Itulah sekilas informasi mengenai Sumber Maron. Kalau kalian datang ke sini, tiketnya cukup murah kok. Hanya dengan membayar parkir Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil, kalian bisa menikmati keseruannya bermain air.

Tags
Indonesia Jawa Timur Kabupaten Malang kontributor sumber maron Wisata
Share