Air Terjun Tapi Panas, Tempat Tepat untuk Relaksasi Diri

Indonesia tergolong memiliki banyak air terjun yang tersebar di wilayahnya. Karakternya pun beragam. Ada yang memilki ketinggian luar biasa, bertingkat air terjun bertingkat, hingga yang berada di balik gua. Destinasi wisata air terjun juga termasuk destinasi wisata yang cukup menjadi pilihan para traveler. Sejuknya udara dan alam sekitar adalah alasan utama para traveler untuk datang ke tempat ini. Tapi bagaimana jadinya jika air terjun memiliki suhu yang hangat bahkan panas?

Curuk Cipanas Nagrek Lembang

Aliran air panas yang berasal dari Gunung Tangkuban Perahu via instagram/@muhammadriyadi91

Air panas yang ada pada destinasi ini berasal dari sumber mata air yang ada di Gunung Tangkuban Perahu. Di sini kamu tak hanya dapat berendam di kolamnya saja, tapi juga merasakan hangatnya air terjun. Meskipun telah mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan, tempat ini masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar.

Destinasi wisata yang masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar via instagram/@rezafauzi45

Curug Sirawe Dieng

Curug Sirawe dari kejauhan via instagram via instagram/@mavicgrapher

Destinasi yang berada Kabupaten Batang, Jawa Tengah ini memiliki air terjun dengan suhu hangat. Karena debit air yang jatuh di sini merupakan proses percampuran air panas dan dingin. Air hangatnya merupakan akibat dari proses gheotermal yang terjadi dari sumber air di Pegunungan Dieng. Aksesnya tergolong tak terlalu jauh, dari tempat parkir kendaraan hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit.

Terbentuk dari proses geothermal Pegunungan Dieng via instagram/@banu_irawan

Air Terjun Tri Muara

Tinggi jatuhannya mencapai 50 meter via instagram/@antonmarlianse

Sekilas Air Terjun Tri Muara tampak tidak terlalu berbeda dengan yang lainnya. Jatuhannya cukup tinggi, mencapai 50 meter dengan dikelilingi tebih yang ditumbuhi oleh tanaman liar. Namun setelah menyentuh airnya, perbedaan barulah terasa. Karena air terjun ini memiliki suhu yang hangat. Destinasi unik ini berada di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Air terjun dengan suhu hangat yang berada di Provinsi Bengkulu via instagram/@jejakorangebkl

Air Terjun Semolon

Kontur air terjun berundak-undak yang unik via instagram/@jalan_jauh

Destinasi ini memiliki kontur air terjun yang unik. Tidak terlalu tinggi namun berundak-undak seperti tangga. Suhu airnya pun cenderung panas, dan sangat nyaman untuk digunakan berendam. Karena debit airnya tak terlalu deras. Destinasi ini berada di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Timur.

Berada di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara via instagram/@dardirdorman

Jika biasanya air terjun identik dengan airnya yang dingin sekaligus menyegarkan, tempat-tempat di atas memiliki karakter yang berbeda. Air terjun dengan suhu yang panas tentu saja bisa menjadi pengalaman baru.

Tags
Bengkulu Indonesia Jawa Barat Jawa Tengah Kalimantan Utara Wisata
Share