4 Suku di Indonesia yang Populer dengan Wanita Cantik, Ada Si Mata Biru

Indonesia memiliki beragam suku yang mempunyai ciri khas tersendiri. Salah satunya ada beberapa suku yang populer dengan wanita cantik. Penasaran apa saja suku yang dimaksud? Simak ulasan tentang suku di  Indonesia yang terkenal dengan wanita cantiknya di bawah ini.

Suku Lingon

suku wanita cantik
Suku Lingon via Instagram @marietasemeru

Kalau biasanya mata biru identik dengan orang Eropa, maka Teman Traveler harus main-main ke pedalaman hutan Halmahera Timur. Di tempat ini tinggal Suku Lingon yang mempunyai warna mata biru bak orang asing.

Terdapat setidaknya 2 versi asal muasal Suku Lingon. Pertama mereka adalah keturunan orang-orang Portugis yang dulu menghindar ke dalam hutan sebelum Indonesia merdeka. Ada juga cerita yang menyebutkan bahwa dahulu ada kapal Portugis yang karam di perairan Halmahera, lalu orang yang selamat lari menuju daratannya.

Suku Dayak Iban

Suku Dayak Iban via shutterstock

Selanjutnya ada Suku Dayak Iban yang tentu Teman Traveler sudah tahu. Suku yang berdiam di Kalimantan ini populer akan wanitanya yang punya memesona.

Kecantikan wanita Suku Dayak Iban sangat natural dengan kulit kuning langsat dan rambut hitam pekat. Terkadang, hal ini membuat mereka dianggap sebagai orang dengan keturunan Tionghoa karena ciri fisiknya yang mirip.

Suku Baduy 

Suku Baduy via shutterstock

Selanjutnya adalah Suku Baduy yang populer dengan wanita cantiknya. Gadis-gadis dari tanah pasundan tersebut dikenal memiliki paras wajah yang memesona dan manis. Raut wajah halus dengan bentuk muka oval dan kecil, tubuh ramping, serta kulit putih.

Para perempuan cantik ini bisa Teman Traveler temui di Kawasan Kanekes, Leuwi Damar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Tempat ini sendiri juga dikenal sebagai desa wisata Suku Baduy.

Lamno

suku wanita cantik
Perempuan di Lamno via Instagram @ethnicvibes.id

Bukan hanya Halmahera, ternyata penduduk Indonesia bermata biru juga bisa ditemukan di Lamno. Tempat tersebut sebenarnya merupakan sebutan untuk dua kecamatan yaitu Jaya dan Indra Jaya di Kabupaten Aceh Jaya.

Salah satu kampung di Lamno yaitu Gle Jong dihuni oleh perempuan Aceh bermata bak orang Eropa. Namun mereka sudah sulit ditemui terutama setelah tsunami pada 2004 silam. Sebab daerah ini termasuk yang tersapu oleh dahsyatnya bencana tersebut. Konon orang-orang bermata biru di Lamno merupakan keturunan dari bangsa Portugis yang melakukan perdagangan di Aceh.

Itulah deretan suku di Indonesia yang populer dengan wanita cantik. Jadi kalau wisata ke tempat mereka tinggal, bisa sekalian bertemu ya.

Tags
Budaya suku wanita cantik
Share