Keunikan Suku Bajo Wakatobi yang Tak Lekang oleh Waktu

Berbeda dengan suku lainnya, suku Bajo bertempat tinggal di pesisir laut. Bagi mereka menyatu dengan laut akan menciptakan kehidupan yang harmonis seperti alam Mola. Alam Mola adalah rumah bagi orang-orang Bajo pelaut yang pertama kali menetap di Wakatobi sejak tahun 1958.

Sebagai keturunan nomaden laut, orang-orang Mola telah mewariskan budaya mereka dari generasi ke generasi. Termasuk keterampilan dan pengetahuan mereka tentang cara hidup di laut. Memiliki kekayaan alam yang berlimpah, berikut ini keunikan suku Bajo Wakatobi yang kamu harus tahu.

1. Keunikan Tempat Tinggal Suku Bajo

Foto Dinas Pariwisata Wakatobi
Dinas Pariwisata Wakatobi (c) Fani Farnani/Travelingyuk

Suku Bajo khususnya yang ada di Wakatobi rata-rata tinggal di pesisir laut. Belum terjamah modernisasi, mereka masih membuat rumah dari bahan-bahan di sekitar mereka.

Mereka membuat rumah dari anyaman bambu, tiang penyangga dari kayu, karang mati sebagai pondasi rumah, dan atap dari rumbia atau seng yang diambil dari daratan. Kesederhanaan ini akan semakin terasa saat bertemu dengan aroma laut yang memberikan suasana kekeluargaan.

2. Perahu Sampan sebagai Alat Transportasi Sehari-hari

Dokumentasi Pribadi (Fani Farnani)
Perahu Sampan (c) Fani Farnani/Travelingyuk

Uniknya dari alat tranportasi sehari-hari mereka menggunakan perahu sampan atau perahu mesin. Mereka bukan hanya menggunakan perahu untuk mencari ikan, tetapi juga menggunakannya untuk pergi ke daratan seperti sekolah, pasar, dan bertemu kerabat. Meski mereka tinggal di pesisir laut, namun mereka masih melakukan aktivitas normal di daratan pemukiman.

3. Pemandangan Alam yang Mempesona

Dokumentasi Pribadi (Fani Farnani)
Laut Wakatobi (c) Fani Farnani/Travelingyuk

Seperti yang kita tahu kalau Laut Wakatobi memiliki keindahan laut yang sangat indah. Seakan mewakilkan ciri khas suku Bajo, memandang Laut Wakatobi bisa membuat kita takjub dan seakan berada di surga dunia. Di sini kamu tak akan pernah bertemu dengan segala hal yang ada di kota besar.

Kamu akan menemukan sunset yang indah yang berlatarkan rumah Suku Bajo, laut yang bersih dan kebiruan, serta ikan-ikan berwarna cantik yang berlimpah. Dijamin tidak akan kecewa karena matamu akan selalu dimanjakan pesona Wakatobi yang tak lekang oleh waktu. Suku Bajo menunjukkan kepada kita bagaimana cara hidup dengan alam serta memaknai makna hidup yang harmonis.

Itu dia keindahan yang dikenalkan oleh Suku Bajo di Wakatobi. Jadi, kapan kamu kesini bersama yang terkasih?

Tags
kontributor suku bajo Travelingyuk Wakatobi wisata wakatobi
Share