Mengenal Sudut Lain Kota Yangon, Ada Patung Buddha Terbesar di Myanmar

Kota Yangon merupakan salah satu kota yang terletak di Myanmar. Teman Traveler harus tahu kalau kalau Myanmar juga punya sejuta pesona yang tak kalah dengan negara lain. Berikut ini sudut lain Kota Yangon yang wajib ditelusuri Teman Traveler. Sudah siap berpetualang?

Mengagumi Patung Buddha di Botahtaung Pagoda

Bohtaung Pagoda (c) Travelingyuk/ Sunti Yogi Utami

Destinasi wisata yang pertama ada Botahtaung Pagoda. Untuk memasuki wisata Myanmar ini biayanya harus membayar sebesar 6.000 Kyat. Pagoda ini terkenal karena di dalamnya menyimpan relik rambut Buddha. Menurut sumber sejarah, Botahtaung Pagoda ini merupakan pagoda pertama yang menyimpan relik-relik Buddha.

Patung Buddha di Botahtaung Pagoda (c) Travelingyuk/ Sunti Yogi Utami

Selain itu, di pagoda ini juga ada patung Buddha perunggu yang di dalamnya tersimpan relik rambut Buddha lainnya. Patung ini disebut juga Royal Place Bronze Image karena dibuat oleh keluarga kerajaan. Pada zaman penjajahan Inggris dahulu, patung ini sempat dibawa ke Inggris namun akhirnya dikembalikan ke Myanmar pada tahun 1951.

Tempat tinggal biksu (c) Travelingyuk/ Sunti Yogi Utami

Dari segi arsitektur, terlihat sama saja seperti Sule Pagoda dan Shwedagon Pagoda. Hal yang menarik dari tempat ini adalah di kanan kirinya ada tempat tinggal para biksu sehingga kamu bisa melihat kain-kain biksu yang sedang dijemur.

Botahtaung Harbour (c) Travelingyuk/Sunti Yogi Utami

Di dekat pagoda ini juga ada dermaga dan para pengunjung bisa makan di atas kapal pesiar. Teman Traveler bisa berjalan-jalan di sekitar untuk melihat pemandangan. Selain itu, di sini juga bisa menjadi tempat yang pas untuk menunggu sunset.

Botahtaung Harbour (c) Travelingyuk/ Sunti Yogi Utami

Belanja di Bogyoke Market

Bogyoke Market (c) Travelingyuk/ Sunti Yogi Utami

Untuk membeli oleh-oleh, kamu bisa mengunjungi Bogyoke Market. Merupakan salah satu pasar tradisional di Yangon terkenal sebagai pusat perbelanjaan perhiasaan. Jika ingin membeli perhiasan, maka kamu harus ekstra hati-hati dan teliti karena barangnya bisa saja palsu.

Bogyoke Market (c) Travelingyuk/ Sunti Yogi Utami

Harga barang-barang di sini pun cukup murah, apalagi jika pintar menawar. Di seberang Bogyoke Market juga ada masjid dan Chinatown. Jadi untuk Teman Traveler yang muslim bisa beribadah. Jangan lupa juga mencicipi kuliner yang menantang di Chinatown.

Patung Buddha Terbesar di Chauk Htat Kyi Pagoda

Patung Buddha di Chauk Htat Kyi Pagoda (c) Travelingyuk/ Sunti Yogi Utami

Chauk Htat Kyi Pagoda terkenal dengan patung reclining Buddha sepanjang 66 meter dan merupakan salah satu yang terbesar di Myanmar. Patung Buddha ini cukup unik karena dihias dengan warna yang berani. Seperti yang dilihat, wajahnya berwarna putih, bibir yang merah, kelopak mata berwarna biru, jubah emas dan juga kukunya yang berwarna merah. Pada bagian telapak kakinya digambarkan 108 gambar yang melambangkan karakteristik kesempurnaan Buddha atau disebut juga Lakshana.

Patung Buddha di Chauk Htat Kyi Pagoda (c) Travelingyuk/ Sunti Yogi Utami
Patung Buddha di Chauk Htat Kyi Pagoda (c) Travelingyuk/ Sunti Yogi Utami

Itulah beberapa sudut lain kota Yangon yang bisa kamu kunjungi selama liburan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Teman Traveler. Bagaimana, langsung ingin terbang ke Myanmar, kan?

Tags
kontributor Luar negeri Myanmar Travelingyuk wisata myanmar Yangon
Share