Steam and Brew Semarang, Nongkrong Sambil Belajar Bikin Kopi

Main ke Semarang, jangan cuma kunjungi kawasan heritage maupun cicipi lumpia dan bandeng presto. Berburu kopi enak juga bisa lho dilakukan di Venetie van Java. Salah satu tempat yang bisa saya rekomendasikan adalah Steam and Brew.

Sejak beroperasi pada 2017 silam, Steam and Brew langsung berhasil menarik perhatian. Bukan hanya karena sajian kopinya, namun juga unsur edukasinya, mengajak pengunjung belajar meracik kopi secara baik dan benar. 

Tempatnya Super Cozy

Steam and Brew beralamat di Jalan Depok No. 36A, persis di depan resto D’Cost. Posisinya persis di pinggir jalan besar sehingga sangat mudah ditemukan.

Kafe ini mengusung konsep minimalis, dengan dominasi warna putih. Terdapat dua meja kecil plus kursi, serta meja panjang khusus untuk pengunjung ingin bekerja menggunakan laptop. Teman Traveler juga bisa duduk di meja bar sambil melihat proses pembuatan kopi dan ditemani barista ramah.

Area luar dipenuhi batu kerikil (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Di sini juga ada area luar yang didedikasikan sebagai smooking room. Hanya ada satu meja bundar dan dua kursi. Pengunjung juga kerap memanfaatkannya sebagai spot foto karena konsepnya seolah menyatu dengan alam. Kehadiran batu kerikil serta tanaman kamboja Jepang, sirih gading, dan rubber plant membuat suasana sekitar makin segar.

Sering Bikin Kelas tentang Kopi

Barista tengah sibuk siapkan menu (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Beda dengan kedai kopi di Semarang kebanyakan, Steam and Brew hadir untuk membantu edukasi pengunjung tentang dunia perkopian. Mereka kerap adakan beragam workshop soal itu.

Sejauh ini sudah ada dua acara yang digelar di sini. Pertama adalah Brew Bros, bercerita tentang pengalaman barista di Australia. Selain itu ada Speciality Class yang ajarkan beragam proses pembuatan kopi. 

Event yang diadakan biasanya hanya untuk peserta terbatas, mengingat tempatnya tidak terlalu besar. Jika berminat datang, Teman Traveler sebaiknya sering kepoin Instagram mereka untuk melihat agenda event berikutnya ya.

Harga Kopi Bersahabat

Es Kopi dan donat (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Steam and Brew tak mematok harga mahal untuk pelanggannya. Semua menu di sini bisa dilabeli dengan banderol lumayan terjangkau. Kopi seperti espresso, latte, cappuccino, piccolo, serta macchiato ditawarkan dengan range harga antara Rp22.000 hingga Rp35.000. 

Pilihan cemilan yang tersedia (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Kedai ini juga sajikan minuman selain kopi, seperti ice tea rasa leci, mangga, dan persik. Masing-masing ditawarkan seharga Rp32.000. Ada juga aneka cemilan macam donut dan brownies di sini. Saran saya, Teman Traveler beli donut saja, rasanya sangat enak! Harganya juga sangat murah, hanya Rp7.000. 

Jual Beragam Merchandise

Spot merchandise untuk pengunjung (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Selain makanan, Teman Traveler juga bisa bawa pulang beberapa merchandise unik lho. Beberapa barang lucu yang sempat saya lihat antara lain t-shirt (Rp150.000), sedotan besi (Rp40.000), digital coffe scale (Rp40.000), serta mug dengan harga sama. 

Ngopi di Steam and Brew jadi pengalaman seru bagi saya. Buat Teman Traveler yang berencana keliling wisata Semarang, masukkan kafe ini dalam salah satu tujuan jalan-jalan kalian. Buka pukul 10.00 hingga 22.00, kalian bisa temukan kedai ini di Jalan Depok no 36A, Kembangsari, Semarang. Jadi, mau kapan mampir ke sini?

Tags
kontributor kuliner Semarang semarang steam and brew Travelingyuk
Share