Sejumlah Stasiun MRT Ditutup Sementara, Ketahui Sebelum Bepergian

Aksi demo tanggal 22 Mei yang berlokasi di depan kantor Bawaslu kemarin memberikan dampak bagi sejumlah transportasi umum di Jakarta terutama MRT. Sebagian stasiun MRT ditutup sementara dan masyarakat diharapkan untuk mencari rute alternatifnya. Berikut rangkuman informasi yang telah didapat.

Antisipasi Demo

Stasiun MRT ditutup
Stasiun Bundaran HI via Shutterstock

Aksi unjuk rasa yang berlangsung tanggal 22 Mei berdampak ke sejumlah transportasi umum di Jakarta. Kemarin, PT MRT juga telah melakukan rekayasa jalur MRT. Yakni pentupan Stasiun Bundaran HI pukul 13.30 WIB, Stasiun Dukuh Atas BNI pada jam 19.00 WIB hingga keseluruhan pentutupan sementara stasiun bawah tanah.

Hal tersebut merupakan salah satu bentuk antisipasi adanya aksi penyampaian pendapat di sekitar Jl. MH Thamrin. Hingga saat ini belum ada informasi hingga kapan penutupan sejumlah stasiun akan diberlakukan. Pihak MRT akan kembali membuka dengan melihat perkembangan situasi dan kondisi.

Stasiun yang Beroperasi

Stasiun yang berhenti beroperasi sementara
Stasiun yang berhenti beroperasi sementara via Shutterstock

Hari ini (23/5) PT Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta hanya membuka layanan di 7 stasiun layang. Ketujuh stasiun tersebut yakni Stasiun MRT Lebak Bulus Grab, Fatmawati, Cipete, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan ASEAN.

Seperti yang diberitakan oleh Kompas, Croporate Secretary Division Head PT MRT Muhammad Kamaluddin menghimbau masyarakat bagi yang ingin melakukan keberangkatan lewat dari Stasiun ASEAN ke arah Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin untuk menggunakan moda transportasi lainnya. Saat ini layanan Stasiun MRT bawah tanah mulai dari Stasiun Senayan hingga Bundaran HI ditutup sementara.

Jadwal yang Tetap Sama

Jadwal keberangkatan yang sama
Jadwal keberangkatan yang sama, via Shutterstock

Kabar baiknya, walau beberapa stasiun layang ditutup hal tersebut tidak berpengaruh kepada jam operasional MRT dan bisa berjalan seperti biasanya yang berarti sesuai jadwal mulai pukul 05.00 pagi. Saat ini, kondisi seluruh stasiun MRT Jakarta tetap terjaga dengan baik dan tidak ada kerusakan (fasilitas).

Jalur Lalu Lintas Masih Ditutup

Ilustrasi Bundaran HI
Bundaran HI, via Shutterstock

Pentupan stasiun secara sementara ini merupakan salah satu upaya dari pihak PT MRT Jakarta untuk mengedepankan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan setiap penumpang yang akan menggunakan transportasi ini. Informasi yang didapat dari Detik, hari ini (23/5) lalu lintas Bundaran HI arah ke Jl. Medeka Barat dan sebaliknya dalihkan. Bagi Teman Traveler, lebih baik gunakan jalur alternatif lain jika ingin ke daerah tersebut.

Aksi unjuk rasa yang berlangsung tanggal 22 Mei tersebut membuat beberapa stasiun MRT ditutup sementara. Nah, Teman Traveler harus lebih berhati-hati lagi dalam bepergian. Akan lebih baik jika terus memantau informasi terkini seputar lalu lintas di Jakarta. Stay safe, ya.

Tags
Akomodasi Indonesia Stasiun MRT ditutup sementara
Share