Melihat Bangkai Alat Transportasi di Titik Selam Perairan Indonesia

Alam Nusantara terbukti menyimpan banyak kekayaan alam. Bahkan sejak zaman penjajahan banyak pedagang yang datang untuk mencari rempah-rempah. Hal serupa juga terjadi di bagian perairan Indonesia. Jajaran terumbu karang tersebar dari ujung barat hingga timur. Namun beberapa titik penyelaman memiliki karakter yang berbeda. Seperti titik selam yang akan Travelingyuk bahas kali ini, di mana kamu dapat menemukan bangkai-bangkai alat transportasi, bahkan bangkai kendaraan semenjak zaman perang.

1. Pantai Gapang

Berada di Pulau Weh, Aceh via instagram/@chichisofie

Pantai Gapang adalah salah satu destinasi cantik yang berada di Pulau Weh, Aceh. Selain keindahan pesisirnya yang memiliki pasir putih, tempat ini juga sering menjadi destinasi wreck divers. Di dasar perairan tempat ini terdapat bangkai tank yang merupakan sisa-sisa dari perang dunia II. Bangkai kendaraan perang ini juga ditumbuhi terumbu karang dan menjadi tempat bermain ikan-ikan.

Bangkai tank di Pantai Gapang via instagram/@chichisofie

2. Tulamben

Terletak di kedalaman 60-70 meter via instagram/@desibackpacker

Tulamben memiliki banyak titik penyelaman, dan masing-masing memiliki karakter berbeda. Seperti Tulamben Wall dengan terumbu karang dan hewan laut berukuran besar yang terletak di kedalaman 60-70 meter. Selain itu jika kamu gemar melakukan wreck dive, Tulamben juga dapat menjadi destinasi yang tepat. Di kedalaman sekitar 30 meter, kamu dapat menemukan bangkai kapal USS Liberty sekaligus menyaksikan hewan-hewan eksotis bawah laut.

Bangkai kapal USS Liberty di perairan Tulamben, via instagram/@ichankardus

3. Pulau Genting Karimun Jawa

Tersimpan di perairan Karimun Jawa via faridmuzaki.blogspot.co.id

Karimun Jawa dikenal dengan keindahan pulau-pulaunya yang tersebar. Begitu pula dengan keindahan terumbu karangnya. Namun, perairan di Pulau Genting menyimpan sisa-sisa sejarah yang tak banyak orang tahu. Di sini terdapat sebuah bangkai kapal dari Tiongkok yang yang karam dalam kurun waktu cukup lama.

Kapal Tiongkok yang karam di perairan Karimun Jawa, via goodnewsfromindonesia.id

4. Lapangan Pante Morotai

Pesawat sisa perang dunia kedua yang tenggelam di Lapangan Pante, via liputan1.com

Di sini kamu dapat merasakan sensasi menyelam yang berbeda. Karena terdapat spot wreck diving di Morotai yang bernama Lapangan Pante, Kampong Wamama. Di kedalaman 15-40 meter, kamu bisa menemukan bangkai tank, truck, jeep, pesawat tempur, dan baling-baling. Pemandangan ini bisa ditemukan karena bangkai-bangkai tersebut merupakan bekas perang dunia kedua.

Tak hanya pesawat, beberapa alat transportasi seperti jip juga tersimpan di bawah air, via divebuddy.com

Jika kamu gemar menyelam, perairan Indonesia adalah taman bermain yang luas dan menunggu untuk dijelajahi. Jenis menyelam apapun pasti akan menemukan tujuannya di sini. Mulai dari wreck dive, cave dive, atau hanya menyelam melihat ikan dan terumbu karang. Kalo kamu tipe penyelam yang mana?

Tags
Indonesia penyelaman indonesia titik selam Wreck dive
Share