Pecinta Senja? Inilah Spot Sunset Makassar yang Wajib Dikunjungi

Matahari terbenam selalu punya pesona magis yang sulit ditolak. Atmosfernya seolah membuai, memberi ketenangan bagi siapapun yang melihatnya. Tak heran jika banyak orang dengan bangga mengklaim dirinya sebagai penikmati senja. Nah, bagi Teman Traveler yang sedang berada di Sulawesi, ada beberapa spot sunset Makassar wajib dikunjungi.

Panoramanya sungguh luar biasa dan tiada duanya. Penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya. Catat daftarnya, ya.

Masjid Terapung

Sunset di Masjid Terapung (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Masjid Terapung adalah salah satu objek wisata religius Makassar dan sekaligus merupakan spot sunset keren di Kota Daeng. Bangunan peribadatan unik ini berdiri di atas permukaan laut dan merupakan masjid terapung pertama di Indonesia.

Nama asli tempat ini adalah Masjid Amirul Mukminin. Lokasinya sangat mudah dijangkau, hanya berjarak lima menit dari Pelabuhan Soekarno Hatta dan masih berada di kawasan Pantai Losari. Bagaimana Teman Traveler, tertarik datang ke sini?

Pantai Layar Putih

Indahnya matahari terbenam di Layar Putih (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Pantai Layar Putih merupakan salah satu spot favorit fotografer, terutama mereka yang ingin menangpak landscape Makassar dengan sempurna. Objek utamanya adalah Tugu Layar yang berbentuk seperti kapal. Dulunya monumen ini berwarna putih bersih, namun kini sudah sedikit luntur.

Di sekeliling tugu terdapat bebatuan apik dan juga jalan setapak, namun hanya bisa diakses saat air sedang surut. Kehadiran ranting dan batang pohon tua di sekitar sini kian menambah artistik hasil jepretan, terutama saat matahari terbenam.

Mencapai tempat ini sangat mudah. Teman Traveler hanya perlu meluncur ke Jalan Metro Tanjung dari Makassar. Pantai Layar Putih nantinya bisa kalian temukan di sisi kanan jalan. Lokasinya tepat sebelum Jembatan Barombong.

Pantai Kuri Ca’di

Pantai Kuri Ca’di (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Pantai Kuri Ca’di memiliki hamparan pasir putih dengan sedikit area karang di sisi kanan. Kawasan ini dikenal dengan spot Pohon Jomblo, sebatang pohon yang tampak berdiri sendirian dengan dikelilingi sejumlah batu karang. Di Kuri Ca’di Teman Traveler bisa melihat panorama matahari terbenam dengan jelas tanpa halangan, kecuali cuaca sedang mendung.

Pantai ini berada di perbatasan Makassar dan Maros. Jika berangkat dari bandara, Teman Traveler bisa mencapai destinasi ini dalam waktu sekitar 15 menit. Cukup lurus saja hingga ujung Jalan Pattene.

Jembatan Barombong

Jembatan Barombon (c) Muhammad Saaddudin Tenripada/Travelingyuk

Spot sunset Makassar keempat adalah Jembatan Barombong. Asyiknya di sini adalah ketika air sedang surut Teman Traveler bisa melihat bebatuan sekitar Sungai Je’ne. Hal ini bakal semakin menambah keindahan foto yang kalian ambil.

Kekurangannya, panorama matahari terbenam di sini akan sedikit terhalang jembatan. Namun jika memang penasaran, Teman Traveler bisa berkunjung ke Jembatan Barombong dengan menyusuri Jalan Metro Tanjung Bunga dari arah Makassar.

Pantai Tanjung Bunga

Pantai Tanjung Bunga (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Pantai Tanjung Bunga adalah salah satu pantai populer di Makassar. Warga setempat biasa memilih tepat ini untuk berlibur bersama keluarga. Di sekitarnya terdapat penginapan serta gazebo kecil untuk beristirahat, atau sering disebut bale-bale dalam bahasa setempat.

Selain menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam, di wisata Makassar satu ini Teman Traveler bisa santai sambil ditemani suasana syahdu. Akan terasa nikmat jika kalian menyantap ikan bakar yang jadi menu kuliner khas daerah sini.

Itulah sederet spot sunset Makassar cantik yang wajib kalian kunjungi. Bagaimana Teman Traveler, ngiler melihat foto-foto apik di atas? Jadi, mana yang ingin disambangi terlebih dulu?

Tags
kontributor Makassar Travelingyuk wisata makassar
Share