Ini Dia 3 Spot Sunrise Romantis di Kintamani, Bali

Helga Christina

Helga Christina

On Indonesia
Spot sunrise romantis di Kintamani Spot sunrise romantis di Kintamani

Liburan ke Bali tentu wajib menikmati suasana alamnya. Mengagumi pemandangan matahari terbit adalah salah satu kegiatan yang tak boleh terlewat, apalagi di pinggir pantai. Tak boleh ketinggalan, spot sunrise romantis di Kintamani juga jadi salah satu yang kerap jadi favorit wisatawan dan warga lokal.

Kawasan di dataran tinggi ini menawarkan panorama indah, termasuk saat matahari terbenam. Nah, berikut adalah deretan tempat untuk berburu sunrise.

Desa Pinggan

Pemandangan di kawasan Kintamani (c) Helga Christina/Travelingyuk

Desa Pinggan terletak di daerah Kintamani, Kabupaten Bangli. Desa ini termasuk bersejarah karena terdapat Pura Banglingkang yang konon menjadi asal muasal Pinggan.

Kawasan ini termasuk salah suatu lokasi favorit spot sunrise romantis di kintamani. Untuk menuju sini, saya memulai perjalanan dari Nusa Dua jam setengah empat pagi. Jalan yang harus dilalui cukup terjal dan berkelok-kelok.

Panorama indah saat matahari terbit (c) Helga Christina/Travelingyuk

Salah satu yang menjadikan tempat ini istimewa adalah panorama yang tepat menghadap Gunung Batur. Ketika pagi hari, Teman Traveler bisa melihat lapisan kabut menyelimuti desa, membuat suasana kian terasa romantis.

Pengunjung juga diperkenankan mendirikan tenda di sini. Biasanya di akhir pekan akan ada banyak turis nampak berkemah di sekitar Desa Pinggan. Bisa dijadikan alternatif jika Teman Traveler bosan hanya sekedar berada di pantai atau air terjun selama di Bali.

Sayangnya, ada pungli yang dilakukan oknum tertentu di Desa Pinggan. Saat menuju sini, kala itu kami diminta membayar Rp30.000/motor. Semoga saja hal ini tak menimpa para Teman Traveler ketika berkunjung nanti ya.

Tiga gunung berjajar di Desa Pinggan (c) Helga Christina/Travelingyuk

Perjalanan menuju atau turun dari Desa Pinggan juga tak kalah menyenangkan. Teman Traveler akan melihat pemandangan unik berupa tiga gunung berdiri sejajar. Sangat indah dan bisa kalian abadikan sebagai salah satu momen terbaik saat liburan di Bali.

Puncak Gunung Batur

Monyet di sekitar Gunung Batur (c) Helga Christina/Travelingyuk

Selain Desa Pinggan, Gunung Batur juga menjadi lokasi favorit melihat sunrise di Kintamani – baik untuk wisatawan asing maupun pengunjung lokal. Apalagi medannya cukup mudah ditempuh, dengan ketinggian 1717mdpl. Tak heran jika gunung ini selalu dipadati pelancong.

Pemandangan sunrise di Gunung Batur (c) Helga Christina/Travelingyuk

Jika Teman Traveler berencana mendaki Gunung Batur, sebaiknya mulai lakukan penanjakan pada pukul 04.00. Dengan memulai perjalanan lebih awal, kalian bakal punya cukup waktu untuk menikmati pemandangan.

Turis mengabadikan momen di puncak Gunung Batur (c) Helga Christina/Travelingyuk

Namun harus tetap hati hati karena jalanan berbatu, berpasir, dan cukup licin. Biasanya ada juga kawanan monyet yang akan muncul begitu matahari mulai menampakkan diri.

Gunung Abang

Panorama matahari terbit di Gunung Abang via Instagram.com/hartonostr

Nama gunung satu ini mungkin masih jarang terdengar di telinga wisatawan. Padahal letaknya berdekatan dengan Gunung Batur. Dengan ketinggian 2150mdpl, Gunung Abang tergolong jarang didaki dan suasana sekitarnya terasa sangat natural.

Dari puncak Gunung Abang, Teman Traveler bisa melihat panorama matahari terbit yang sangat indah. Lapisan kambut nampak samar-samar menutupi barisan perbukitan. View-nya menghadap langsung ke arah Gunung Batur. Suasana romantis pun semakin terasa.

Butuh perjalanan sekitar empat hingga enam jam untuk menuju puncak Gunung Abang. Sepanjang perjalanan kamu akan melewati hutan dan pura, ditemani panorma indah serta kicauan burung. Para pendaki biasanya sering bermalam di sini demi melihat matahari terbit.

Bagaimana Teman Traveler? Itulah deretan spot sunrise romantis di Kintamani yang bisa kalian kunjungi. Lokasi mana yang bakal kalian pilih? Yang penting jangan lupa mengenakan pakaian tebal ya, karena cuaca di sekitar lumayan dingin.