Ternate, Taman Bermain para Pecinta Alam Bawah Air

Ternate adalah sebuah kota kepulauan yang termasuk dalam wilayah Provinsi Maluku Utara. Sejak abad ke-13 tempat yang menjadi pusat Kesultanan Ternate ini memang telah menjadi sorotan, dari Portugis, Belanda, hingga pedagang Arab. Selain rempah, wilayah kerajaan Islam tertua di Indonesia ini juga memiliki banyak destinasi wisata yang memukau. Bahkan beberapa destinasi di pulau ini reputasinya telah mendunia.

1. Sulamadaha

Peandangan taman laut di perairan Pantai Sulamahada, via instagram/@syarifdjauhari

Walau pantai Sulamadaha memiliki pasir berwarna hitam, keindahannya sama sekali tak berkurang. Perairan sebening kaca adalah daya tarik utama dari tempat ini. Hol adalah salah satu titik yang dapat menjadi lokasi untuk melihat keindahan bawah laut. Di sini tingga; berbagai jenis ikan seperti Jagungan atau Harleyquin filefish, Ikan buntal, dan ikan Kerapu Tutul. Terumbu karang di sini juga luar biasa indah.

Taman lautnya tersebar luas, via instagram/@rizmatakbar

2. Big-O Point Pulau Hiri

Salah satu spot dinding terumbu karang di Pulau Hiri, via instagram/@reza_irsandy

Meskipun di wilayah Pulau Hiri belum terdapat banyak akomodasi mewah seperti villa atau cottage, tempat ini tetap menjadi destinasi yang diminati. Pasalnya, pulau yang berada tak jauh dari Pantai Sulamadaha ini memiliki pemandangan bawah laut yang unik. Banyak bangkai kapal Jepang yang tersimpan di bawah perairan dan biasa digunakan untuk spot wreck dive.

Koral dan terumbu karang yang masih terjaga, via instagram/@blueringdive

3. Tanjung Konde

Hanya dari kedalaman 2 mmeter kamu telah dapat menemukan jajaran terumbu karang yang indah via instagram/@kristintheys

Tanjung Konde adalah taman bermain bagi para pecinta terumbu karang. Taman lautnya terbentang luas dari kedalaman 2 hingga 20 meter. Di titik ini juga terdapat table coral dengan diameter sekitar 15 meter. Karena itu taman bawah lautnya begitu indah. Populasi ikan yang ada di titik ini juga masih alami dan beragam.

Populasi ikan yang ada di Tanjung Konde, via instagram/@annie_nugraha

4. Pantai Jikomalamo

Perairan di tepi Pantai Jikomalamo via instagram/@batharaputra

Memiliki air jernih, membuat segala keindahan yang ada di bawah laut tampak jelas dari permukaan. Tak heran traveler yang datang selalu menomorsatukan kegiatan snorkeling ataupun diving di lepas Pantai Jikomalamo. Kamu dapat melihat indahnya terumbu karang dengan ukuran besar, serta segala kehidupan di dalamnya. Namun jangan lupa untuk membawa peralatan sendiri, karena tak ada tempat untuk menyewa peralatan tersebut.

Gugusan terumbu karang di Pantai Jikomalamo via instagram/@ariismunandar_

Ternate memang menyimpan banyak kekayaan alam, seperti tempat-tempat yang telah disebutkan di atas. Bahkan keindahannya pun telah mendunia. Pantai Sulamahada dan Pulau Hiri adalah salah satunya. Sepertinya seru mencoba sensasi wreck dive di Pulau Ternate.

Tags
Diving Indonesia Maluku Utara Snorkeling Ternate Wisata
Share