Spot Seram Namun Instagenic di Bali Ini Jadi Wisata bagi Si Berani

Pulau Dewata selalu saja punya cerita. Keunikan tata cara kehidupan masyarakatnya, lanskap kota hingga wisata alam yang dimiliki, semua membentuk Bali jadi sebuah wilayah dengan magnet yang luar biasa. Tetapi, jika Teman Traveler ingin pengalaman lain selain main-main di pantainya, spot seram namun instagenic di Bali ini bisa lho jadi tujuan saat liburan nanti. Eits! Tapi, ini khusus bagi si berani ya. Yang penakut, sebaiknya pikirkan ulang. Penasaran seperti apa seramnya? Ini dia ulasan untuk Teman Traveler semua.

1. Taman Festival Bali, Warga Lokal Enggan Kemari Karena Katanya Tempat Ini Dikutuk

Bagian Taman Festival Bali yang Masih Terasa Megahnya via Instagram
Bagian Taman Festival Bali yang Masih Terasa Megahnya via Instagram/ discoveringaus

Taman Festival Bali dibangun pada 1997. Konsep pembangunannya memang diperuntukkan sebagai taman hiburan yang megah. Berlokasi di kawasan Pantai Padang Galak, Desa Kesiman, Petilan, Sanur, area ini memiliki banyak fasilitas hiburan yang sudah terhitung canggih pada masanya. Yaitu, gedung pertunjukkan, amphitheater, theter 3D, wisata alam, kebun binatang, cafetaria hingga gunung buatan yang dapat meletus tanpa henti demi kepentingan hiburan. Kebayang megahnya?

Sayang, dua tahun kemudian, tepatnya pada 1999, kawasan ini ditutup karena bangkrut. Pembangunan tidak selesai karena kehabisan dana. Padahal, ia sudah dibangun dengan sangat megah. Dan sekarang, Taman Festival Bali, jadi salah satu spot seram namun instagenic di Bali. Di sekitar gedung ini banyak tetumbuhan liar, bangunan yang tidak lagi utuh, suasana yang hening hingga menimbulkan suasana menyeramkan.

Tangga-tangga yang Masih Utuh Namun Lusuh via Instagram/
Tangga-tangga yang Masih Utuh Namun Lusuh via Instagram/ ajenginda

Salah satu fasilitas setengah jadi di kawasan tersebut, bahkan harus terkena musibah kebakaran pada 2012 lalu. Kejadian ini semakin saja mempertegas kesan seram dari kerangka-kerangka sisa pembakaran yang ada. Mengunjungi kawasan ini pada siang hari pun, kesan-kesan menyeramkan sudah terasa dari bangunan yang tua dan terbengkalai.

Berani Menatap ke Dalam Matanya? via Instagram/
Berani Menatap ke Dalam Matanya? via Instagram/ fguna14

Tetapi, di balik keseramannya, Taman Festival Bali punya sisi-sisi cantik yang sungguh instagenic. Teman Traveler yang hobi foto, rasanya seperti menemukan harta karun. Namun, tetap hati-hati ya. Nggak ada yang tahu, setelah dari sana, apa yang akan terjadi. Karena, konon, menurut cerita, dahulu saat masih beroperasi, ada salah satu pengunjung yang meninggal oleh buaya penghuni kebun binatang di kawasan ini.

2. PI Bedugul, Hotel Megah Terbengkalai yang Belum Jelas Pemiliknya

Jelajah Bangunan Hotel yang Terbengkalai via Instagram/
Jelajah Bangunan Hotel yang Terbengkalai via Instagram/ west_bali_tour

Spot seram namun instagenic di Bali kali ini, ditemukan pertama kali oleh seorang travel writer bernama Jacob Laukaitis. Dia menemukan, ada sebuah bangunan berupa hotel yang megah namun tidak berpenghuni di kawasan Bedugul, Bali.

Usut punya usut, ternyata bangunan tersebut adalah Bedugul Taman Rekreasi Hotel & Resort atau P.I Bedugul Taman Hotel Restoran. Ia berlokasi kurang lebih 50 Km ke sebelah utara Kota. Karena kesan mistis yang dimilikinya, PI Bedugul disebut juga The Ghost Palace oleh penduduk sekitar.

Suasana di PI Bedugul yang Menyeramkan Jadi Spot Foto Unik via Instagram/
Suasana di PI Bedugul yang Menyeramkan Jadi Spot Foto Unik via Instagram/ west_bali_tour

Cerita mistis, ramai menghiasi gedung megah yang terbengkalai ini. Cerita pertama, konon ada seorang pegawai hotel yang meninggal dengan tidak tenang di lokasi ini, hingga arwahnya terus bergentayangan dan menjadi penunggu hotel. Selain itu, diceritakan bahwa di PI Bedugul juga kerap muncul hantu berwujud gadis cantik dengan wajah oriental dan rambut sepundak yang gemar sekali menggoda pemuda di sekitaran bangunan.

Masih menurut cerita, selain penampakan dua sosok tersebut, di bangunan ini juga kerap terdengar suara ramai namun sayup-sayup. Sehingga, tetap terdengar riuh meski tidak jelas. Keberadaan bangunan ini semakin misterius karena tidak ada pihak yang mengetahui dengan persis, siapa pemilik bangunan ini. Di sekitar bangunan, terutama di bagian pagar tembok, terdapat aksen patung ular yang menambah angker suasana. Walau demikian, spot seram namun instagenic di Bali ini tetap ramai dikunjungi oleh wisatawan yang penasaran. Tertarik?

Meski Terbengkalai, Spot Ini Diincar Wisatawan via Instagram/
Meski Terbengkalai, Spot Ini Diincar Wisatawan via Instagram/ pozdnyakov.vitaliy

3. Pesawat Terdampar di Nusa Dua Seharga 1 Miliar yang Misterius

Pesawat Terdampar yang Misterius di Nusa Dua via Instagram/
Pesawat Terdampar yang Misterius di Nusa Dua via Instagram/ platformheales

Pertama kali melihatnya, Teman Traveler bisa jadi langsung bertanya-tanya, bagaimana bisa sebuah pesawat besar, terdampar di tanah lapang selain landasan terbang? Pertanyaan tersebut, mengawali sisi misterius dari kawasan ini. Tipe pesawat Boeing 737 tersebut tidak tampak seperti bekas jatuh atau kecelakaan. Tetapi, dia juga tidak dilengkapi dengan identitas apa pun.

Misterius Tapi Berdaya Tarik via Instagram/
Misterius Tapi Berdaya Tarik via Instagram/ tunkqils

Belakangan, terungkap bahwa pesawat terdampar ini adalah bagian dari sebuah project pembangunan restoran. Ia merupakan bekas pesawat yang tergelincir di Jogja namun didatangkan dari Solo. Dibeli seharga 1 Miliar, ia sampai saat ini justru teronggok begitu saja menimbulkan kesan misterius di lingkungan. Karena keunikan dan rasa penasaran serta misterius, pesawat terbengkalai ini kerap dijadikan spot foto.

Kemistiriusannya Terjawab via Instagram/
Kemistiriusannya Terjawab via Instagram/ p0114rd

Beberapa spot seram namun instagenic di Bali, mewarnai pariwisata Pulau Dewata sehingga menjadi semakin beragam dan berwarna. Hawa-hawa dan cerita mistis di tempat ini, sudah terlanjur menyelimuti. Meski begitu, bagi si berani, kawasan-kawasan tersebut justru digunakan sebagai ajang uji nyali. Gimana? Teman Traveler berani? Siap bertemu dengan “para penunggu” di area-area tersebut?! Segera agendakan kalau begitu.

Tags
Bali Indonesia Pulau Bali spot seram namun instagenic di bali taman festival Wisata
Share