Pilihan Spot Mural di Solo, Destinasi Instagenic Saat Main ke Kota Batik

Beberapa pilihan spot mural di Solo jadi destinasi menarik yang murah dan meriah untuk liburan. Berbagai tema mural dibuat dengan sangat apik sehingga tampak instagenic. Teman Traveler pecinta foto nggak boleh melewatkannya saat mampir saat jelajah wisata Solo. Penasaran, kan di mana saja lokasinya? Simak uraian berikut ini yuk!

Jalan Gatot Subroto

Mural Joko Widodo di Jalan Gatot Subroto via Instagram/metharani

Mural-mural di Jln. Gatot Subroto Solo merupakan bagian dari program Solo is Solo. Program tersebut merupakan sebuah kolaborasi antara pihak pemerintah, masyarakat dan komunitas. Tujuannya guna memanfaatkan ruang publik sebagai destinasi wisata alternatif di Solo melalui seni mural.

Mural Gambar Pengantin Wanita Jawa di Sekitar Lokasi via Instagram/tandur_ri

Mural di Jln. Gatot Subroto memiliki tema bermacam-macam, terutama budaya Jawa dan Indonesia. Satu yang cukup ikonik adalah gambar Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Mural di Sebuah Toko yang Sudah Tutup via Instagram/kulomakna

Selain itu, Teman Traveler juga dapat berfoto di mural-mural lainnya. Seperti mural seorang pedagang yang tengah menaiki sepeda onthel. Menarik!

Kampung Joho

Spot Instagenic di Kampung Joho via Instagram/larasatireyma

Spot mural di Solo selanjutnya bisa Teman Traveler temukan saat berkunjung ke Kampung Joho yang terletak di Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari. Karena jumlah KK di kampung ini terhitung sedikit, Kampung Joho pun menjadi tidak begitu dikenali. Namun berkat kreativitas warganya, ia berubah menjadi destinasi wisata asyik.

Salah Satu Spot Mural di Kampung Joho via Instagram/bernadusbenny

Tema mural di Kampung Joho tidak kalah bermacam-macam. Mulai dari tokoh nasional, tokoh pewayangan, pesan-pesan sosial hingga gambar-gambar timbul di tembok yang semuanya instagenic.

Gang Kampung Prayunan, Purwodiningratan

Spot Mural di Gang Kampung Prayunan via Instagram/heytherr_

Gang Kampung Prayunan di Purwodiningratan juga tidak kalah meriah! Hadirnya spot-spot mural bergaya prisma dan berbagai warna membuat kawasan ini bertambah cantik.

Meski Terletak di Gang, Kecantikan Mural Tidak Berkurang via Instagram/pretty.omkp

Meski terletak ‘nyempil’ di antara gang-gang sempit, keindahan mural di Gang Kampung Prayunan tidak berkurang. Teman Traveler harus datang sendiri untuk membuktikannya!

Flyover Manahan

Mural Tokoh Pewayangan di Flyover Manahan via Instagram/alltheleaves1

Pembangunan Flyover Manahan yang selesai beberapa waktu lalu jadi atraksi menarik yang nggak boleh dilewatkan saat Teman Traveler berlibur ke Solo. Pasalnya, ia tampil dengan cantik berkat mural-mural raksasa di sepanjang dindingnya.

Mural di Flyover Manahan yang Jadi Daya Tarik via Instagram/deltagonz

Mural di Flyover Manahan memiliki tema-tema yang juga berbeda. Pada dinding yang terletak di bagian jalan layang, dihiasi oleh mural berkonsep futuristik.

Jadi Destinasi Instagenic yang Langsung Naik Daun via Instagram/suryomulyo6

Di bagian sisi timur, pengunjung akan dibuat kagum dengan mural tokoh Pandawa. Kemudian, mural di bagian barat bercerita tentang epos Ramayana versi modern. Menarik!

Jalan Slamet Riyadi

Mural Susi Pudjiastuti yang Hits via Instagram/tri_action

Selain Jalan Gatot Subroto, spot mural di Solo juga terlihat menghiasi Jalan Slamet Riyadi. Mural-mural tersebut dibuat untuk menarik wisatawan sekaligus wadah bagi para seniman Solo untuk berkreasi.

Spot Mural di Jalan Slamet Riyadi Solo via Instagram/tri_action

Mural paling ikonik di kawasan ini adalah gambar berukuran besar dari Menteri Perikanan dan Kelautan Indonesia, Susi Pudjiastuti. Dalam mural, Susi Pudjiastuti digambarkan seperti Wonder Woman yang lengkap dengan atribut di kepala. Menarik!

Labirin Kemlayan

Pembuatan Mural di Kemlayan via Instagram/soloissolo

Kemlayan merupakan sebuah kelurahan yang terletak di pusat Kota Solo. Menariknya, kelurahan ini punya sejarah yang berhubungan dengan budaya, terutama berkaitan dengan seni tari dan musik.

Salah Satu Mural di Kemlayan yang Menggemaskan via Instagram/soloissolo

Kini, Kemlayan turut dihiasi mural-mural cantik. Teman Traveler bisa mendapatkan spot foto instagenic saat main-main ke sini! Beberapa destinasi spot mural di Solo dibuat memang untuk menarik para wisatawan berkunjung.

Solo yang sudah terkenal dengan kearifan budayanya, kini tampil penuh kreasi. Sudah siap jalan-jalan ke Kota Batik ini?

Tags
Indonesia Jawa Tengah Solo Spot Mural di Solo Wisata
Share