6 Spot Foto Solo yang Wajib Disambangi, Yuk Simak!

Bagi Teman Traveler yang sedang wisata di Solo, setidaknya ada enam tempat yang wajib kalian kunjungi. Tak hanya tawarkan panorama indah, deretan spot foto Solo ini juga bisa sekaligus jadi bukti kenangan bahwa kalian pernah menginjakkan kaki di ‘Spirit of Java.’ Mana saja tempat yang dimaksud? Yuk, simak ulasannya.

1. Monumen Slamet Riyadi

img_4513__large__PM6.JPG
Slamet Riyadi berdiri dengan gagah ke arah barat (c) Layangseta/Travelingyuk

Patung yang persis berada di ujung timur Jalan Utama Slamet Riyadi ini telah lama menjadi landmark Solo, tepatnya sejak diresmikan pada 2007 lalu. Pemerintah membangunnya sebagai bentuk penghargaan terhadap Slamet Riyadi, pahlawan nasional yang berjasa merebut Solo dari kekuasaan Belanda. Untuk mendapatkan angle foto terbaik, Teman Traveler harus berusaha sedikit lebih keras karena lalu lintas di sekitar sini sangat ramai.

Beres berfoto, Teman Traveler bisa mampir ke Pusat Perbelanjaan Beteng dan PGS untuk berburu oleh-oleh. Di sekitar sini juga ada Benteng Vastenburg, Alun-alun Utara, dan Gedung Bank Indonesia peninggalan Belanda yang eksotis banget.

2.  Penunjuk Jalan ala Malioboro

img_4533__large__T9U.JPG
Penunjuk arah dalam kota (c) Layangseta/Travelingyuk

Seperti halnya di Jalan Malioboro, Solo juga petunjuk jalan menarik. Jika di Jogja ada banyak petunjuk arah berwarna hijau, di Solo permukaannya justru dihias corak coklat. Warna tersebut menunjukkan tempat wisata populer terdekat dari posisi Teman Traveler.

Penanda ini bakal sangat membantu Teman Traveler yang ingin mengetahui tempat wisata menarik di sekitar kalian. Selain itu, bentuknya juga cukup menarik. Bisa banget dijadikan spot foto keren saat sedang jalan-jalan di Solo.

3. Big Ben Mini di depan Pasar Gede

img_4528__large__n1A.JPG
Jam di depan Pasar Gede (c) Layangseta/Travelingyuk

Jika London punya Big Ben, maka Solo punya versi mininya. Meski kecil, usianya konon jauh lebih tua dari Pasar Gede. Untuk mendapatkan hasil foto maksimal, Teman Traveler sebaiknya datang pagi hari, ketika lalu lintas belum terlalu padat.

Memasuki momen khusus, seperti tahun baru Tiongkok, kawasan ini bakal dihiasi banyak lampion dan umbul-umbul khas. Sementara itu, di sisi barat Teman Traveler bisa menemukan Tugu Pemandengan yang sekaligus merupakan titik nol kilometer Solo, tepat di depan Balaikota.

4.  Monumen Keris Megah

img_4518__large__wHw.JPG
Ikon anyar Solo (c) Layangseta/Travelingyuk

Demi mengukuhkan identitas Solo sebagai kota yang menghargai warisan budaya, selain Museum Keris, Pemerintah Solo juga membangun Monumen Keris di sisi utara Terminal Tirtonadi. Tampilannya sangat mencolok. Siapapun yang pernah masuk terminal pasti akan melewati landmark baru ini.

Monumen Keris bakal nampak semakin indah begitu malam datang. Sorotan lampu membuatnya terlihat makin gagah dan berseni tinggi. Sementara itu, di sisi barat terdapat Bendung Bengawan Solo yang kini dihiasi walk of fame ala Hollywood.

5. Tulisan ‘I love Solo’ Pantang Terlewatkan

img_4525__large__jPP.JPG
Spot pantang terlewatkan (c) Layangseta/Travelingyuk

Landmark tulisan ala-ala Holywood kini sudah menjamur di hampir semua kota di Indonesia. Begitu pula dengan Solo. Jika menjelajah area depan Stadion Sriwedari, kalian akan menemukan tulisan ‘I Love Solo’ berukuran cukup besar.

Posisinya ada di dekat pinggir jalan utama dan perempatan, sangat mudah ditemukan. Untuk bisa mendapatkan foto terbaik, Teman Traveler wajib datang pagi hari. Terlambat sedikit, kawasan ini bakal langsung dipadati para pengunjung yang nongkrong menikmati WiFi gratis dan ngadem dari panasnya suhu kota.

6. Patung Sang Proklamator di Manahan

img_4307__large__P4r.JPG
Soekarno yang duduk memandang kota (c) Layangseta/Travelingyuk

Tempat ini juga pantang Teman Traveler lewatkan. Berada di komplek Stadion Manahan, keberadaan Patung Soekarno membuat kawasan ini terasa makin ramai dan hidup. Begitu malam menjelang, monumen ini bakal nampak makin menarik berkat sorotan lampu warna-warni.

Berfoto di sini dijamin bakal hasilkan gambar sempurna, sebab kendaraan bermotor dilarang parkir di sekitar patung. Puas berfoto, Teman Traveler bisa mampir ke gerai beberapa distro populer di sekitar Manahan.

Itulah enam spot foto Solo yang menarik yang Instagramable. Selain unik, Teman Traveler tak perlu keluarkan biaya untuk menikmati keindahan tempat-tempat tersebut. Bagaimana, adakah di antara kalian yang sudah berencana wisata di Solo?

Tags
kontributor Solo Travelingyuk Wisata Solo
Share