Memukau, Inilah 5 Spot Menyelam Favorit para Artis Cantik Indonesia

Julukan sebagai negara maritim sudah begitu lama disematkan ke Indonesia. Kekayaan bahari yang dimiliki oleh Nusantara telah tersohor ke berbagai belahan dunia dan mengundang wisatawan asing untuk datang berkunjung. Sejumlah perairan di Indonesia memang memiliki kekayaan bawah laut yang luar biasa indah, hingga menjadi surga bagi para penggemar aktivitas diving alias menyelam. Tak hanya traveler biasa, beberapa artis terkenal Tanah Air pun diketahui punya beberapa spot menyelam favorit. Di mana saja?

1. Labuan Bajo

Jernihnya perairan di sekitar Pulau Komodo via Instagram travel_fred

Labuan Bajo yang berada di Flores tak hanya terkenal dengan Taman Nasional Komodo, namun juga menjadi salah satu spot favorit untuk menyelam maupun snorkeling. Menyelam di sini memang serasa mengunjungi negeri dongeng. Terdapat banyak variasi ikan dan barisan koral indah yang belum terjamah.

Nadine Chandrawinata hobi menyelam via Instagram nadinelist

Jika beruntung, para penyelam di Labuan Bajo akan bisa melihat langsung sejumlah hiu langka. Kabarnya ada hiu kepala martil yang berenang bebas di sekitar perairan ini. Keindahan pemandangan bawah laut Labuan Bajo sudah berhasil memikat artis Nadine Chandrawinata. Putri Indonesia 2007 tersebut telah beberapa kali datang langsung dan menyelam di sini.

2. Teluk Cenderawasih

Hiu Paus di Teluk Cenderawasih via Instagram Amazing Papua

Teluk Cenderawasih merupakan salah satu titik menyelam yang sangat direkomendasikan di Nabaire, Papua. Kawasan ini memiliki keragaman makhluk bawah laut yang begitu luar biasa. Sebagai bagian dari Taman Nasional Teluk Cenderawasih, yang memiliki luas mencapai 14.535 kilometer persegi, teluk ini tercatat dihuni oleh lebih dari 200 spesies ikan. Para penyelam akan bisa melihat langsung dugong, lumba-lumba, dan bahkan ikan hiu paus.

Prisia Nasution santai usai menyelam via Instagram prisia

Sensasi memacu adrenalin berenang bersama hiu langka sudah membuat artis cantik Prisia Nasution tertarik untuk datang langsung ke Nabire pada 2013 silam. Bahkan ia mengatakan Teluk Cenderawasih menjadi salah satu titik menyelam favoritnya hingga kini.

3. Maluku Utara

Halmahera memiliki perairan jernih via Instagram kamiindonesia_jogja

Maluku Utara bisa jadi bukan destinasi wisata yang populer di mata sebagian besar orang. Namun lain halnya jika berbicara soal spot menyelam. Wilayah yang terletak di sebelah timur Indonesia ini memiliki keindahan bawah laut yang jarang ditawarkan oleh kawasan lain di Nusantara. Beberapa titik yang sering dijadikan tempat snorkeling maupun diving oleh para wisatawan antara lain Ternate, Morotai, dan Halmahera.

Dinda Kanya Dewi berpose di atas kapal via Instagram dindakanyaa

Beberapa pemandangan unik yang bisa Anda dapatkan ketika menyelam di perairan Maluku Utara antara lain reruntuhan kapal dan juga reef atau tebing yang mirip dengan di perairan Bunaken. Anda juga berkesempatan melihat langsung penyu berenang di habitat aslinya. Seleb cantik yang terkenal dengan peran antagonisnya, Dinda Kanya Dewi, pernah merasakan langsung sensasi berenang di Maluku Utara.

4. Lombok

Perairan jernih di Gili Trawangan via Instagram tourlombokgilitrawangan

Lombok sudah lama terkenal dengan gugusan pulau-pulau kecil yang hampir semuanya menawarkan pemandangan indah. Tak sulit mencari pantai dengan pasir putih bersih plus perairan jernih di kawasan yang tidak jauh dari Bali ini. Lombok juga menjadi surga tersendiri bagi para penggemar snorkeling dan diving. Bahkan dalam beberapa bulan terakhir sudah ditemukan beberapa spot menyelam baru yang masih relatif sepi, seperti Gili Kondo, Gili Petelu, dan Gili Bidara.

Chelsea Islan berselfie bersama seorang teman di bawah laut via Instagram chelseaislan

Selain menikmati indahnya barisan terumbu karang, clown fish, dan penyu di habitat aslinya, pemandangan di sekitar perairan Lombok juga tidak kalah menawan. Salah satunya adalah kegagahan Gunung Rinjani yang bisa dilihat dari hampir seluruh wilayah. Seleb cantik bersuamikan Glenn Alinskie, Chelsea Olivia, sempat mampir ke Lombok dan menjajal kemampuan snorkeling serta menyelam. Pemeran sinetron Buku Harian Nayla itu tampak sangat menikmati aktivitas bawah airnya di Lombok.

5. Raja Ampat

Raja Ampat tawarkan pemandangan bawah laut menawan via Instagram Dorangbilang

Dengan perairan yang begitu jernih dan lingkungan bawah laut yang masih sangat alami, Raja Ampat kerap menjadi tujuan utama para penggemar diving dan snorkeling. Kawasan yang terletak di Papua Barat ini memiliki tak lebih dari 76 titik menyelam yang menawarkan keindahan luar biasa.

Velove Vexia berpose sembari kenakan baju selam via Instagram vaelovexia

Namun tidak semua titik tersebut aman untuk para penyelam, terutama bagi mereka yang masih pemula. Jika Anda belum punya jam terbang yang cukup tinggi, maka disarankan untuk menjajal beberapa lokasi seperti Arborek dan Yenbuba. Meski demikian, lokasi ini menjadi favorit Velove Vexia. Putri pengacara terkenal O.C. Kaligis itu sempat membagikan beberapa momen liburannya di Instagram.

Itulah beberapa lokasi menyelam yang sempat menjadi favorit para artis top Indonesia. Siapa tahu bisa kamu jadikan inspirasi untuk merencanakan liburan dalam beberapa bulan mendatang. Setuju?

Tags
Indonesia Labuan Bajo Lombok Maluku Utara raja ampat spot diving favorit artis teluk cenderawasih Wisata
Share