9 Tempat dengan Pemandangan Alam Eksotis yang Kerap Dijadikan Spot Bunuh Diri

Memang bahasan tentang kematian dan bunuh diri akan terdengar mengerikan dan membangkitkan bulu roma jika membayangkannya, namun menjadi satu hal yang menarik jika hal tersebut dikaitkan dengan tempat-tempat dengan pemandangan alam yang sungguh luar biasa bagusnya.

Jika Anda mau menjelajahi setiap daerah di seluruh dunia ini, pastinya akan menemukan banyak sekali tempat-tempat menarik dengan pemandangan alam nan eksotis. Akan tetapi, selain berfungsi sebagai penyegar mata, rupanya ada beberapa tempat dengan pemandangan indah di berbagai negara di dunia yang justru kerap kali digunakan sebagai tempat bunuh diri.

Berikut ini adalah tempat-tempat menakjubkan yang menjadi ‘favorit’ sebagai spot bunuh diri di dunia.

1. Humber, Inggris

Di samping popularitasnya sebagai jembatan terbesar ke-5 di dunia, Humber di Inggris juga diselimuti dengan kesuraman karena tempat satu ini menjadi lahan favorit untuk bunuh diri.

Humber, Inggris [image source]
Humber, Inggris [image source]
Lebih dari 200 orang pernah melompat dari jembatan ini dan meninggal sejak pertama kali Humber diresmikan pada tahun 1981.

2. The Gap, Australia

Ada sekitar 50 orang yang meninggal dunia setelah terhempas dari puncak The Gap yang ada di Australia ini setiap tahunnya. Uniknya, walaupun The Gap disebut sebagai spot favorit untuk bunuh diri, ada seorang ‘malaikat’ berusia 85 tahun bernama Don Ritchie yang berhasil menyelamatkan lebih dari 160 orang yang siap bunuh diri.

The Gap, Australia [image source]
The Gap, Australia [image source]
Dia membujuk orang-orang putus asa ini untuk kembali ke rumah masing-masing. Oleh karenanya, Ritchie dikaruniai gelar “The Guardian of the Gap” serta mendapatkan Medal of Order of Australia karena aksinya mencegah orang bunuh diri itu.

3. Beachy Head, Inggris

Jika melihat pemandangan laut dari atas Beachy Head, tentunya Anda seperti terbius akan keindahannya. Namun di balik keindahannya itu, Beachy Head juga merupakan spot favorit bagi orang-orang yang ingin menanggalkan nyawanya.

Beachy Head, Inggris [image source]
Beachy Head, Inggris [image source]
Ada sekitar 20 orang yang melompat dari tebing Beachy Head setiap tahunnya. Oleh karenanya, dibentuklah sebuah tim khusus bernama Beachy Head Chaplaincy yang melakukan patroli setiap jamnya untuk mencegah aksi bunuh diri itu.

4. Aokigahara, Jepang

Keindahan dari hutan Aokigahara di Jepang ini adalah rimbunnya pepohonan yang berselimutkan kabut tipis yang turun dari puncak Gunung Fuji. Walaupun eksotis, namun hutan satu ini juga merupakan tempat favorit para penduduk Jepang untuk mengakhiri hidup mereka.

Hutan Aokigahara, Jepang [image source]
Hutan Aokigahara, Jepang [image source]
Sejak tahun 1950-an, sudah banyak orang yang akhirnya ditemukan menjadi mayat di tempat ini. Uniknya, tempat ini dijadikan cagar budaya oleh pemerintah Jepang.

5. Golden Gate, Amerika Serikat

Golden Gate sering kali dijadikan icon Negara Paman Sam selain patung Liberty dan Grand Canyon. Walaupun bagus dan mempesona, namun sudah ada lebih dari 1000 nyawa melayang karena melompat dari jembatan yang menghubungkan 2 pulau di Amerika Serikat ini.

Golden Gate, Amerika Serikat [image source]
Golden Gate, Amerika Serikat [image source]
Untuk mencegah aksi bunuh diri lebih banyak lagi. Di tahun 2008 silam, pemerintah Amerika Serikat berencana menempatkan pengamanan di bawah jembatan, walaupun sampai sekarang belum terealisasi.

6. Gustave Eiffel, Prancis

Gustave Eiffel atau Menara Eiffel di Prancis selain menjadi icon landmark Kota Paris, ternyata juga menjadi tempat yang sering digunakan seseorang untuk bunuh diri.

Gustave Eiffel, Prancis [image source]
Gustave Eiffel, Prancis [image source]
Walaupun sudah banyak sekali kasus bunuh diri dengan melompat dari atas tower ini, namun pemerintah setempat selalu menolak memberikan rincian data pasti berapa orang yang telah meninggal tersebut.

7. Nanjing Yangtze, Cina

Di Cina sendiri juga ada satu tempat favorit yang digunakan seseorang untuk bunuh diri, yaitu di jembatan yang di bawahnya mengalir sungai Yangtze di Nanjing.

Nanjing Yangtze, China [image source]
Nanjing Yangtze, China [image source]
Setelah selesai dibangun pada tahun 1969, ada lebih dari 2000 orang yang mengakhiri hidupnya dengan melompat dan terjun ke sungai yang berada di Provinsi Jiangsu tersebut.

8. Mihara, Jepang

Mihara adalah sebuah nama gunung di pulau Izu Oshima, Jepang. Di tempat ini sejak tahun 1933 sampai sekarang ini sudah ada ratusan orang meninggal karena terjun ke kawah yang mendidih.

Mihara, Jepang [image source]
Mihara, Jepang [image source]
Bahkan di era Perang Dunia II, banyak tentara atau penduduk biasa yang mengakhiri hidupnya dengan terjun ke dalam kawah.

9. Kanal Corinth, Yunani

Salah satu kanal yang terhebat yang pernah dibuat manusia adalah Corinth dengan desain yang menggabungkan modernisasi dan ide pendirian bangunan kuno. Dengan panjang sekitar 3,9 mil ini, ada banyak orang dari berbagai negara yang bunuh diri di tempat ini.

Kanal Corinth, Yunani [image source]
Kanal Corinth, Yunani [image source]
Dikarenakan menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal di dunia, pihak keamanan kanal Corinth sering susah membedakan mana turis asli atau orang yang bersiap bunuh diri di tempat tersebut.

Dikarenakan fenomena bunuh diri ini ada dan dilakukan oleh banyak orang di seluruh dunia, berbagai komunitas sampai dengan badan resmi atau tidak resmi pemerintah di setiap negara mengimbau partisipasi dari siapa saja untuk dapat mencegah apabila mendapati seseorang yang ingin melakukan tindakan tersebut karena setiap nyawa sangatlah berarti dan bunuh diri adalah langkah instan yang tidak menyelesaikan masalah, namun justru akan menambah penderitaan bagi yang ditinggalkan.

Tags
Amerika Serikat Australia hutan Inggris Jembatan jepang Luar negeri mistis prancis
Share