Sambut Hari Olahraga Nasional, ini Sport Tourism yang Bisa Dipilih

Hari Olahraga Nasional akan datang sebentar lagi. Beberapa daerah pun sibuk menggelar event besar-besaran yang berhubungan dengan olahraga. Salah satunya sport tourism yang sudah banyak digelar di sejumlah daerah. Bagi kalian yang ingin mengikuti sport tourism di bulan ini, ada beberapa acara yang Traveling Yuk rekomendasikan. Oke, jangan lupa dicatat, ya. 

International Bintan Marathon 

hari olahraga nasional
International Bintan Marathon 2018 via instagram/lagoibaybintan

Untuk Teman Traveler yang jago lari, bisa banget untuk memilih ajang International Bintan Marathon. Di tahun keduanya ini, International Bintan Marathon menghadirkan tiga kategori berbeda. Yakni Full Marathon dengan jarak 42,195 km dan Half Marathon dengan jarak 21 km.

Kemudian ada juga Family Run dengan jarak 3 km yang diperuntukkan bagi satu keluarga supaya bisa berolahraga sambil rekreasi. International Banten Marathon ini diselenggarakan di kawasan Lagoi Bintan pada tanggal 7 sampai 8 September 2019. 

Bandung Ultra 100  

hari olahraga nasional
Bandung Ultra 100 via instagram/hendricanthony

Di Jawa Barat, khususnya Kota Bandung juga ada ajang lari marathon yang dinamakan Bandung Ultra 100. Diselenggarakan pada tanggal 7 sampai 8 September 2019,  acara satu ini akan membawa pelari melewati jalur yang cukup ekstrem.

Seperti hutan, pedesaan, lembah dan pegunungan yang nantinya akan melalui  jalur setapak, jalur tanah, bebatuan dan aspal. Perlombaan ini akan dilaksanakan di daerah utara Bandung, yang meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang.

Baron 10K 

hari olahraga nasional
Baron 10k 2018 via instagram/jogjaproharianjogja

Beralih ke Jogjakarta, sport tourism yang akan digelar adalah Baron 10K. Untuk start dan finish-nya berada di Pantai Baron, Gunungkidul. Ajang lari marathon ini mempunyai dua kategori, yakni 5K untuk usia sekolah dasar dan 10K yang dimulai dari usia SMP hingga kalangan umum. Baron 10K akan dilaksanakan pada Hari Minggu, 8 September 2019. 

Tour de Linggarjati 

hari olahraga nasional
Tour de Linggarjati via instagram/tanrye15

Teman Traveler yang hobi bersepeda, bisa turut andil di Tour de Linggarjati. Ajang balap sepeda internasional ini diadakan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, pada tanggal 13 hingga 15 September 2019. Selain balap sepeda, perlombaan tersebut juga dimeriahkan oleh beberapa acara menarik. Seperti penampilan seni tradisional khas Kuningan, produk unggulan daerah dari UMKM sampai dengan lomba foto. 

Tour de Siak 

Tour de Siak 2018 via instagram/indrasyah.picture

Event lomba balap sepeda internasional juga diadakan di Kabupaten Siak, Riau. Ajang perlombaan yang sudah memasuki tahun ke tujuh ini sudah masuk ke kalender event penting di Indonesia. Selain itu, acara yang dikenal dengan sebutan Tour de Siak ini juga sudah masuk ke dalam kalender United Cycling International (UCI). Bagi kalian yang ingin ikutan, acara ini dilangsungkan pada tanggal 18 hingga 22 September. 

Tour de Banyuwangi Ijen 

Tour de Banyuwangi Ijen via instagram/zaynulak

Banyuwangi juga tak mau ketinggalan nih. Daerah tersebut menyelenggarakan acara bernama Tour de Banyuwangi Ijen yang merupakan ajang balap sepeda internasional. Nah, kalau kalian warga Banyuwangi dan sekitarnya, bisa banget untuk ikut Tour de Banyuwangi yang diselenggarakan pada tanggal 23 – 26 September 2019. Lokasinya berada di kawasan Gunung Ijen, Kabupaten Banyuwangi. 

Rhino Cross Triathlon 

Rhino Cross Triathlon 2018 via instagram/tanjunglesungid

Sebagai penutup di Bulan September, ada sport tourism bernama Rhino Cross Triathlon. Lomba terdiri dari renang, balap sepeda, dan lari melintasi keindahan serta tantangan alam Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten. Di tahun ini, semua jenis perlombaan mengalami banyak perubahan. Salah satunya adalah semua treknya dibuat lebih menantang. Ajang ini dilaksanakan pada tanggal 28 sampai 29 September 2019. 

Itulah deretan sport tourism untuk menyambut hari olahraga nasional. Semuanya tersebar di sejumlah daerah, sehingga bisa Teman Traveler sesuaikan lokasinya berdasarkan tempat tinggal. Jadi, mau mengikuti perlombaan yang mana nih? 

Tags
Bandung Banten Banyuwangi Bintan Gunungkidul hari olahraga nasional Indonesia info terbaru Jawa Barat Jawa Timur Jogjakarta Kuningan Pandeglang Riau Siak
Share