Tempat Nongkrong Vintage di Tengah Kota Tua Semarang

Advertisement

Semarang terkenal dengan kuliner dan juga wisata sejarahnya. Kota tua di kawasan ini sangat memanjakan mata. Banyak bangunan antik yang cantik, kental dengan nuansa jaman dulu. Lawang Sewu hanya sebagian kecil dari peninggalan Belanda yang akhirnya menjadi destinasi wisata di kota ini. Ada juga lho tempat nongkrong yang sayang banget untuk dilewatkan. Di mana, ya?

Berada di Gedung Ratusan Tahun

Spiegel Bar and Bistro
Spiegel Bar and Bistro [image source]
Spiegel Bar dan Bistro memanfaatkan salah satu bangunan tua sebagai lokasinya. Gedung antik ini sudah berumur lebih dari 1 abad, tepatnya bangunun ini didirikan pada tahun 1895. Gedung ini dulunya bernama Winkel Maatschappij “H-Spiegel” dan digunakan untuk sebuah perusahaan hingga tahun 1900an. Sebelum berganti kepimilikan dan menjadi Spiegel Bar and Bistro, ini merupakan gedung tua yang tidak terawat. Beruntung pemilik tempat nongkrong baru ini merenovasi tanpa mengubah bentuk aslinya. Di dindingnya pun tertulis sejarah dari bangunan ini, lho.

Eksterior Spiegel Bar and Bistro
Eksterior Spiegel Bar and Bistro [image source]

Tempat Asyik, Hidangan Menarik

Interior Spiegel Bar and Bistro
Interior Spiegel Bar and Bistro [image source]
Dari luar saja Spiegel Bar and Bistro ini sudah sangat menarik. Begitu masuk ke dalam, kamu akan dibuat kembali ke jaman dulu karena interiornya pun dibuat sederhana dan tetap bergaya Belanda. Tak hanya cantik dipandang dan bisa menjadi lokasi berkumpulmu dengan teman-teman kesayangan, makanan dan minuman di sini enaknya juga tak main-main. Bagi pecinta kopi, Spiegel juga menciptakan sendiri racikannya yang bisa kamu beli mentahnya, lho.

Makanan di Spiegel Bar
Makanan di Spiegel Bar [image source]

Spot Sempurna untuk Selfie dan OOTD

OOTD at Spiegel Bar and Bistro
OOTD at Spiegel Bar and Bistro [image source]
Salah satu lokasi yang wajib dikunjungi saat kamu berada di Semarang adalah Kota Tua. Setelah lelah menulusuri bangunan demi bangunan yang antik, kamu bisa menghabiskan ujung hari di Spiegel Bar and Bistro. Sunset dari rooftop di sini sangat indah, lho. Karena baik eksterior, maupun interior bar ini sangat cantik, rasanya sayang banget kalau tidak menyempatkan diri untuk foto-foto. Pastikan kamu tidak kehabisan baterai smartphone dan kameramu saat berkunjung ke Spiegel Bar and Bistro ini, ya.

Berpose di Spiegel Bar
Berpose di Spiegel Bar [image source]

Berjalan Kaki ke Kota Lama dan Bangunan Keren Lainnya

Kota Tua Semarang
Kota Tua Semarang [image source]
Lokasi tempat nongkrong di atas memang sangat strategis, yaitu tepat di jantung Kota Lama Semarang. Karenanya Spiegel cocok dijadikan tempat tujuan akhirmu saat menjelajah Kota Lama. Kamu hanya perlu berjalan selama 2 menit untuk bisa sampai di Gereja Blenduk, salah satu bangunan tua yang menjadi land mark Semarang. Selain itu, kamu juga harus menyempatkan diri untuk mampir ke Semarang Contemporary Art Gallery yang juga bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki tak sampai 2 menit. Wah, sepertinya sehari saja tak cukup, nih.

Gereja Blenduk
Gereja Blenduk [image source]

Mencoba Menginap di Hotel Bergaya Belanda dan Klasik

Hotel Candi Baru
Hotel Candi Baru [image source]
Saat jalan-jalan ke Semarang yang kental dengan wisata sejarahnya, rasanya seru juga kalau memilih bermalam di hotel yang juga antik. Hotel Candi Baru di Jalan Rinjani merupakan salah satu gedung lawas, dibangun pada tahun 1919, hampir 1 abad yang lalu. Dulunya tempat ini bernama Hotel Bellevue, namun pada tahun 1961 berganti nama menjadi Candi Baru karena adanya larangan menggunakan bahasa asing. Bisa dibilang ini adalah satu-satunya hotel tertua di Semarang yang masih berfungsi hingga kini. Selain itu ada juga Semesta Hotel yang merupakan tempat menginap Syariah dengan model bangunan kuno yang ada di Jl. KH. Wahid Hasyim.

Hotel Semesta Semarang
Hotel Semesta Semarang [image source]
Spiegel Bar and Bistro

Lokasi: Jalan Letnan Jenderal Suprapto No. 34, Kota Lama, Semarang Utara, Tanjung Mas, Tanjung Mas, Semarang Utara, Semarang, Jawa Tengah

Nah, masih ragu untuk berkunjung ke Semarang? Cepat rencanakan perjalananmu ke Kota Lumpia ini bersama dengan mama tersayang, seru lho untuk bernostalgia. Bagaimana, setuju kan?

Advertisement
Tags
Indonesia Kota Tua kuliner semarang spiegel bar and bistro
Share