Soto Sawah Bu Haji Hadi, Memanjakan Lidah Sejak 60-an

Soto sudah jadi salah satu hidangan populer di penjuru Nusantara. Jenis dan cara penyajiannya beragam, tergantung daerah asalnya. Namun jika Teman Traveler sedang keliling wisata Jogja, jangan lewatkan kesempatan mencicipi Soto Sawah Bu Haji Hadi.

Sajian satu ini sudah melegenda di seantero Kota Gudeg. Kelezatan rasanya telah memanjakan lidah pecinta kuliner lokal sejak era 60-an. Lantas seperti apa istimewanya? Mari kita simak bersama ulasannya Teman Traveler.

Mudah Ditemukan

img20190819130423_OPK.jpg
Warung Soto Sawah (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Kedai Soto Sawah milik Bu Haji Hadi sangat mudah ditemukan. Teman Traveler bisa langsung meluncur ke Jalan Soragan, Ngestiharjo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Jogja. Kalian tinggal arahkan kendaraan ke Mirota Kampus Godean, terus ke arah selatan kurang lebih 800 meter. Bangunan warung soto legendaris ini akan terlihat mencolok dari kejauhan, tepat di seberang Alfamart Soragan.

Legendaris Sejak 1960

img20190819130901_Ys1.jpg
Tampilan soto sapi, soto ayam, dan dawet yang menggoda (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Saat berkunjung ke sini, saya memutuskan memesan soto sapi, soto ayam dan es dawet sekaligus. Secara tampilan, kedua soto yang saya pesan tidak jauh beda dibanding hidangan sejenis pada umumnya. Hanya saja suwiran ayam dan potongan daging sapinya lumayan banyak. Selain itu ada topping lenthok, perkedel dari singkong yang rasanya gurih. Komponen ini memang biasa ditambahkan pada racikan soto khas Bantul.

Baru melihat tampilan luarnya saja, soto sapi maupun ayam ala Bu Haji Hadi sudah sanggup membuat saya ngiler. Saya pun jadi makin penasaran untuk mencoba. Rasanya otak sudah tidak bisa berhenti membayangkan nikmatnya memanjakan lidah dengan sajian legendaris yang sudah eksis sejak 60-an ini.

img20190819131155_9Xc.jpg
Tampilannya begitu menggoda (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Begitu diseruput, rasa kuah soto sapinya memang benar-benar lezat dan nikmat. Sensasi kaldunya benar-benar terasa. Bumbunya sangat pas di lidah. Soal porsi, masuk dalam kategori sedang. Tidak terlalu banyak, namun cukup mengenyangkan perut.

img20190819131555_BOV.jpg
Enak dinikmati bersama perasan jeruk nipis dan sedikit kecap (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Soto ayam kampung yang saya pesan juga tak kalah enak. Kuah kaldunya terasa sangat sedap. Bumbunya pas di lidah, dengan porsi cukup mengenyangkan. Dinikmati bersama lenthok, sensasi rasanya jadi makin istimewa.

Teman Traveler benar-benar wajib mampir ke sini jika sedang berlibur atau melintasi Jogja. Rasanya dijamin bikin nagih dan pengen nambah lagi. Buktikan sendiri deh.

Harganya Terjangkau

img20190819130537_4YP.jpg
Daftar menu (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Teman Traveler bisa pesan soto ayam, soto sapi, soto pisah, soto pisah ayam, dan ayam kampung goreng di sini. Selain itu, kedai Soto Sawah Bu Haji Hadi juga sediakan menu tambahan macam sate ayam, sate telur puyuh, tempe bacem, tahu bacem, dan lenthok.

img20190819132444_PPE.jpg
Aneka menu tambahan (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau Teman Traveler. Bayangkan saja, seporsi soto dibanderol antara Rp12.000 hingga Rp16.000 saja. Sementara untuk lauk tambahan seperti sate ayam dan telur puyuh ditawarkan seharga Rp3.000 per tusuk. Buat yang ngidam tempe tahu bacem serta lenthok, cukup membayar Rp1.000 saja per biji.

Sementara itu, aneka menu minuman di sini dibanderol mulai Rp3.000 hingga Rp6.000 saja. Bagaimana Teman Traveler, murah banget bukan? Sangat worth it untuk dicoba. Di sini kalian tak hanya bisa makan dengan harga terjangkau, namun dengan cita rasa kelezatan nan istimewa.

Selalu Ramai Pengunjung

img20190819130615_t8S.jpg
Suasana di dalam warung (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Buka mulai pukul 07.00 hingga 15.30, kedai soto ini hampir selalu dipadati pelanggan setiap harinya. Apalagi di sekitaran jam makan siang, kursi-kursi di warung ini bakal penuh diisi para pelanggan setia Soto Sawah. Teman Traveler wajib menunggu dengan sabar jika ingin menikmati lezatnya soto racikan Bu Haji Hadi.

Itulah sedikit ulasan mengenai istimewanya Soto Sawah Bu Haji Hadi. Bagaimana Teman Traveler, penasaran untuk cicipi sajian legendaris ini? Yuk, segera agendakan liburan ke Jogja dalam waktu dekat.

Tags
Jogja Jogjakarta kontributor kuliner Jogja kuliner jogjakarta soto sawah bu haji hadi Travelingyuk
Share