Soto Sampah di Jogja, Legendaris dengan Nama Tak Biasa

Sebagaimana rawon, soto juga merupakan kuliner asli Indonesia. Setiap daerah memiliki kekhasan masing-masing. Meskipun namanya sama, soto memiliki cita rasa yang khas hampir di setiap daerah, tak terkecuali dengan Jogja. Ada tempat berburu soto yang begitu tak biasa. Namanya adalah Soto Sampah Jogja. Bagaimana cerita di balik penamaannya? Yuk kita ulas!

Soto yang Sudah Legendaris Sejak 1970

Tampilan Soto Sampah, via Instagram/makanuenaq
Tampilan Soto Sampah, via Instagram/makanuenaq

Soto Sampah Jogja ini merupakan salah satu tempat makan yang cukup populer. Tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1970, bahkan ada yang menyebutkan sudah ada sejak 1967.

Awalnya, tempat ini bukan dijuluki sebagai Soto Sampah melainkan dengan Soto Simak ataupun Soto Becak. Disebut demikian lantaran dalam era pertamanya, kebanyakan pelanggannya adalah tukang becak.

Asal Usul Nama Soto Sampah yang Melegenda

Rasa juara, via Instagram/epsyllon
Rasa juara, via Instagram/epsyllon

Pada tahun 2009, tempat makan ini berubah nama dan menjadi semakin terkenal seperti sekarang. Ternyata, penamaan Soto Sampah sendiri didapatkan dari para pelanggan.

Satu porsi mana cukup? Via Instagram/mosyakur
Satu porsi mana cukup? Via Instagram/mosyakur

Disebut dengan Soto Sampah Jogja lantaran kuliner ini memanfaatkan gajih sapi dan pendamping lainnya yang bikin tampilan piring berantakan. Jadilah, para pelanggan menyebut soto di sini sebagai Soto Sampah. Jangan salah ya Teman Traveler, meskipun disebut dengan nama yang cukup jorok, namun citarasanya boleh diadu dengan yang lainnya.

Rasa Juara Harga Murah Meriah

Beragam lauk yang ditawarkan, via Instagram/Jogjafood
Beragam lauk yang ditawarkan, via Instagram/Jogjafood

Satu porsi soto akan ada isian berupa irisan kol, taoge, bihun, daging gajih dan juga siraman kuah soto yang mantap. Tampilannya memang acak-acakan, namun rasanya menggugah selera. Satu porsi Soto Sampah Jogja dipatok Rp6.000 saja, dan gorengannya Rp1.000. Pilihan kuliner yang hemat dan nikmat, perpaduan yang komplit

Soto Sampah Sudah Punya Cabang di Altar Keraton

Sederhana namun istimewa, via Instagram/jogjabikinlaper
Sederhana namun istimewa, via Instagram/jogjabikinlaper

Namanya memang unik, namun yang datang ke sini sudah banyak, dari berbagai kalangan bahkan para artis. Berada di Jl. Kranggan No. 1, Pertigaan Depan PO Bensin Tugu. Bukanya selama 24 jam, jangan khawatir tak bisa mencobanya. Cabang Soto ada di Alun-alun Jogjakarta, sebelah timur Kraton.

Kuliner yang worth it buat dicoba bukan? Banyak orang penasaran dengan Soto Sampah Jogja ini. Bikin penasaran dan menggugah selera. Perlu dicoba, bukan?

Tags
Indonesia Jogja kuliner soto sampah
Share