Soto Korpri, Si Kuah Mantap Legendaris dari Sukoharjo

Soto Korpri bisa jadi kuliner pilihan Teman Traveler ketika berada di sekitar Terminal Bus Sukoharjo. Letaknya tidak terlalu jauh kok. Kalian tinggal jalan ke sebelah timur, sebrangi jalan dan rel kereta api jurusan Wonogiri dan Solo.

Soto Korpri jadi jujugan pegawai (c) Layangseta/Travelingyuk

Kuliner soto nikmat ini termasuk salah satu yang legendaris di Sukoharjo. Saking banyak penggemar, mereka bahkan sempat membuka cabang di selatan kota. Penasaran? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Uniknya Sebutan Soto Korpri

Nama Korpri Masih dipertahankan hingga kini (c) Layangseta/Travelingyuk

Nama Soto Korpri sekilas memang unik, mengesankan bahwa kedai ini khusus untuk pegawai negeri. Memang pelanggannya banyak datang dari kalangan Aparatur Sipil Negara, namun bukan itu alasan utamanya.

Sebutan Korpri diberikan karena tempat jualannya berada di lingkungan perumahan khusus pegawai negeri. Nama aslinya adalah Soto Mekarsari, namun masyarakat lebih mengenalnya sebagai Kopri. Selain itu, tempat jualannya masih menggunakan angkringan, seperti zaman dulu.

Cita Rasa Kuah Mantap

Soto dengan kuah kental penuh rempah (c) Layangseta/Travelingyuk

Soto merupakan sajian merakyat yang mudah ditemukan di mana saja, mulai kota hingga pelosok kampung. Harganya murah dan porsinya pas. Sangat cocok untuk sekedar menghilangkan lapar.

Dari segi cita rasa, Soto Korpri mirip dengan Soto Semarangan. Kuahnya nampak keruh, penuh dengan bumbu. Porsinya pas, tidak banyak dan namun juga tidak terlalu sedikit. Isiannya standar seperti soto lain, terdiri dari suwiran ayam dan bawang goreng. Rempahnya terasa hingga sendokan terakhir.

Tersedia pula menu selain soto (c) Layangseta/Travelingyuk

Tiap porsinya disajikan dengan irisan jeruk segar. Bisa Teman Traveler tambahkan sesuai selera. Sangat pas untuk sarapan maupun perjalanan jauh.

Bagi Teman Traveler yang memesan teh hangat, sebaiknya tambahkan gula batu. Rasanya akan makin nikmat dan menyegarkan. Pas sekali disandingkan dengan semangkuk soto.

 Tempe Goreng Renyah

Tempe goreng yang renyahnya bikin kangen (c) Layangseta/Travelingyuk

Soto Korpri juga menyediakan cemilan lengkap sebagai teman makan. Teman Traveler bisa memilih tempe, tahu, kerupuk, telur puyuh, sate, dan masih banyak lagi. Namun yang paling jadi primadona tentu saja adalah tempe goreng.

Cemilan menggoda (c) Layangseta/Travelingyuk

Dimasak tanpa tepung, hingga benar-benar kering luar dalam. Begitu digigit, terasa renyah. Beda dengan tempe lain yang terasa lembek dan berminyak.

Tempatnya Asyik

Suasana di ruang selatan (c) Layangseta/Travelingyuk

Soto Korpri menyediakan dua area duduk terpisah. Utara untuk yang ingin lesehan, sementara selatan untuk pelanggan yang lebih suka duduk. Tempatnya cukup luas untuk rombongan besar. Parkirannya bahkan sanggup menampung bus. Secara keseluruhan, kondisi kedai juga cukup bersih.

Semua meja dan kursi yang digunakan di sini berbahan kayu. Selain itu desainnya unik, tinggi besar. Di tengah-tengah warung, Teman Traveler bisa menemukan sebuah bingkai kaca dengan desain unik. Entah untuk apa.

Soto disajikan secara cepat (c) Layangseta/Travelingyuk

Pelayanan di sini juga tergolong cepat. Pembeli tak perlu menunggu lama untuk menikmati segarnya semangkok soto panas, bahkan kadang sotonya lebih dulu tersaji di menja daripada minumannya.

Soto Korpri buka mulai pukul 06.00 sampai 17.00 atau ketika sudah habis. Pembeli yang datang rata-rata dari golongan pegawai dinas, bahkan ada yang datang dari luar kota. Namun Teman Traveler tak perlu sungkan makan di sini, rata-rata pelanggan soto ini ramah-ramah kok.

Itulah sedikit ulasan mengenai Soto Korpri, kuliner nikmat di sekitar Terminal Sukoharjo. Dengan harga bersahabat, bisa jadi pilihan Teman Traveler ketika sedang berkunjung ke daerah sekitar sini.

Tags
Indonesia kontributor Kuliner Sukoharjo Sukoharjo Travelingyuk
Share