Soto Kondang di Boyolali, Kuliner Kuah dengan Cita Rasa yang Bikin Ngiler

Kuliner di Boyolali sangat beragam. Tidak susah menemukan makanan enak, termasuk soto. Saking banyaknya, Boyolali bisa disebut sebagai Kota Soto. Ada beberapa lokasi yang kondang atau populer. Ini bisa karena citarasanya yang nikmat ataupun pengalamannya yang telah puluhan tahun lamanya. Ini dia daftar soto kondang di Boyolali. Catat sebelum berburu, ya.

Soto Seger Mbok Giyem/Bu Fatimah

Soto Seger Mbok Giyem, via Instagram/solo.ngangeni
Soto Seger Mbok Giyem, via Instagram/solo.ngangeni

Soto Seger Mbok Giyem atau yang sekarang disebut sebagai Soto Seger Bu Fatimah merupakan salah satu yang paling populer. Keberadaan soto ini sudah sejak 1950. Karena kenikmatan yang ditawarkan, tempat makan di Boyolali ini tetap bertahan meskipun diterpa krisis moneter dan berbagai kuliner kekinian.

Awalnya, tempat makan ini menjual menu seperti kambing bakar. Sampai pada akhirnya hanya menjual soto saja. Siapa sangka, keputusan untuk menjual sajian berkuah ini merupakan pilihan yang tepat. Datang saja ke Jl. Pandanaran No. 293, Sidoharjo, Banaran, Kecamtan Boyolali, Kabupaten Boyolali untuk mencobanya.

Nama berubah namun citarasa tetap mewah, via instagram/sugih.rasa
Nama berubah namun citarasa tetap mewah, via instagram/sugih.rasa

Soto ini sudah memiliki beberapa cabang. Ada yang di Semarang, Solo, Pekalongan, juga Jakarta. Tempat ini juga menjadi salah satu lokasi yang sering dikunjungi Presiden Jokowi jika ingin menyantap soto saat berada di Boyolali.

Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo

Soto Sedaap Boyolali, via Instagram/fransi_96
Soto Sedaap Boyolali, via Instagram/fransi_96

Soto Sedaap Boyolali milik dari Hj. Widodo ini sudah ada sejak tahun 2002. Ciri khas di sini sotonya memiliki kuah yang agak bening dengan beberapa pelengkapnya. Sebut saja, tauge, taburan bawang goreng, bihun, dan irisan seledri. Daging yang digunakan adalah ayam kampung. Pilihan lauknya banyak, ada tahu goreng, sate otak, paru dan tempe mendoan.

Lokasi Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo ini di Jl. Pandanaran No. 279, Banaran, Boyolali. Sudah memiliki banyak cabang di kota lain, termasuk Jakarta. Kira-kira jumlahnya sekarang ini sudah ada 8 tempat. Harganya murah, satu porsi di bawah Rp10.000.

Soto Ndelik

Soto Ndelik, via Instagram/velixluckygirl
Soto Ndelik, via Instagram/velixluckygirl

Kemudian ada Soto Ndelik yang namanya berasal dari kata ‘ndelik’ alias tersembunyi. Berada di Jl. Pandanaran, Pomah, Mojosongo, Kabupten Boyolali, Jawa Tengah. Lokasinya memang tersembunyi, jadi jika tidak ingin tersasar beberapa kali, ada baiknya untuk bertanya ke penduduk setempat.

Tempat makan ini telah ada sejak tahun 1999. Ada beberapa cabang yang bisa dikunjungi, termasuk di Solo. Menu utama di tempat ini adalah soto daging sapi. Pilihan lauk pelengkapnya juga beragam.

Soto Rumput Boyolali

Soto Rumput, via Instagram/anyreputrawati
Soto Rumput, via Instagram/anyreputrawati

Lokasi lain yang kondang di Boyolali adalah RM Soto Rumput Khas Boyolali. Lokasinya berada di Jl. Profesor Soeharso No. 14, Dusun 2, Kriingan, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali. Dinamakan dengan Soto Rumput karena ternyata warungnya berdekatan dengan tempat yang menjual rumput untuk pakan sapi ataukuda.

Ada beberapa soto pilihan, yaitu daging sapi, ayam, dan yang campur jeroan. Soto Rumput ini merupakan jenis kuah encer tanpa santan. Sangat menyegarkan.

Itulah empat soto kondang di Boyolali yang kenikmatannya bisa diuji. Lebih nikmat lagi dinikmati kala cuaca sedang dingin. Yuk jangan lupa coba saat berada di Boyolali ya Teman Traveler.

Tags
Boyolali Indonesia Jawa Tengah kuliner Soto Kondang di Boyolali
Share