Soto Khas Sulawesi, Jangan Lupa Cicipi saat Berkunjung

Soto merupakan kuliner kuah yang banyak ditemukan di Jawa. Ada soto ayam lamongan, soto kuning, soto tangkar, soto betawi dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain di Jawa, daerah lain seperti Sulawesi juga punya kuliner berkuah ini, lengkap dengan rempah yang kuat. Nah, berikut ini akan diberikan jajaran soto khas Sulawesi yang bisa dicicipi.

Sop Saudara

Sop Saudara, via Instagram/yunni_riwu
Sop Saudara, via Instagram/yunni_riwu

Pertama yang cukup kondang dan banyak jadi jujukan untuk dicoba kelezatannya adalah sop saudara. Merupakan soto yang di dalamnya ada kombinasi antara daging sapi yang disajikan bersama dengan bihun, perkedel kentang dan juga telur rebus. Biasanya juga ada isi lainnya, ada paru goreng, usus, jantung, dan jeroan sapi lainnya. Sop saudara ini ada di Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan.

Coto Makassar

Coto Makassar, via Instagram/dapurtian
Coto Makassar, via Instagram/dapurtian

Tidak kalah kondang dari yang sebelumnya ada Coto Makassar yang juga biasa disebut dengan coto mangkasara. Coto ini sudah ada sejak masa Kerajaan Gowa di abad ke-16. Ciri utama soto ini adalah terbuat dari kombinasi daging, jerokan sampi yang dimasak dengan bumbu dan juga rempah yang berlimpah. Biasanya, coto Makassar dipadukan dengan buras atau burasa.

Soto Manado

Soto Manado, via Instagram/dentist.chef
Soto Manado, via Instagram/dentist.chef

Manado selama ini kondang dengan olahan rica-ricanya, namun sotonya juga perlu dicoba. Satu porsi soto manado biasanya berisi bihun yang kemudian disiram dengan kuah kaldu dan potongan daging sapi. Tambah nikmat dengan taburan bawang goreng di atasnya. Biasanya dikonsumsi dengan nasi. Paling enak disantap saat cuaca sedang dingi-dinginnya.

Nasi Berenang

Soto berenang, via Instagram/masitaidruss168
Soto berenang, via Instagram/masitaidruss168

Satu lagi ada soto dengan nama yang begitu unik. Namanya adalah nasi berenang. Dinamakan demikian lantaran memang nasi langsung diguyur dengan kuah kaldu. Biasanya disantap dengan irisan ayam, ikan, tempe, sampai degan tahu goreng. Di dalam hidangan ini hidangan dicampur dengan irisan kol, daun bawang, dan juga kacang goreng. Rasanya benar-benar bikin ketagihan.

Itulah jajaran soto khas yang perlu dicicipi jika sedang jalan-jalan ke sana. Jadi, kapan nih kamu jalan-jalan ke Sulawesi?

Tags
Indonesia kuliner sulawesi soto khas Sulawesi sulawesi
Share